Beranda Berita PropertiPT PP Bangun Superblok di...

PT PP Bangun Superblok di Kalimalang
oleh: Tribunnews | Kamis, 14 Februari 2013 | dibaca sebanyak: 280 kali

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) menganggarkan dana sebesar Rp 20 triliun untuk pengembangan superblok di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur. Superblok ini akan terdiri dari apartemen dan perumahan.

Herry Nugroho, Direktur EPC & Pengembangan Bisnis PT PP, mengatakan lahan tersebut merupakan proyek pengembangan jangka panjang yang diperkirakan akan diselesaikan dalam waktu tujuh tahun.

"Tahap awal dana yang akan dikeluarkan untuk pengembangan proyek tersebut sebesar Rp 2 triliun. Luas lahan untuk pengembangan tersebut seluas 20 hektare (ha) sampai 25 ha," katanya di Jakarta, (13/02/2013).

Sayangnya, ia masih enggan mengatakan detail dari lokasi proyek tersebut. Namun ia hanya mengatakan proyek tersebut akan dilaksanakan pada akhir tahun.

Proyek properti memang menjadi bidikan PT PP. Untuk tahun ini saja ia menargetkan akan membangun hotel di Makasar, Bandung, Bali dan Balikpapan. Kesemua proses itu akan dimulai pada akhir tahun ini.

PT PP juga dipastikan siap melepas (spin off) anak usaha propertinya pada akhir tahun ini. Spin Off anak usaha properti ini merupakan bagian dari pengembangan bisnisnya yang berniat mendirikan tiga anak perusahaan.

Herry mengatakan spin off anak usahanya akan dilakukan pada akhir tahun seiring dengan pembangunan hotel di Bali, Makasar, Bandung dan Balikpapan pada akhir 2013. "Ya akhir tahun akan kita mulai spin off, beberapa proyek juga akan dimulai pada akhir tahun ini," katanya.

Herry menuturkan, tiga anak usaha yang akan didirikan perseroan yaitu akan fokus pada bisnis properti, engineering dan precast, yang masing bernilai investasi Rp 70 miliar, Rp 15 miliar dan Rp 15 miliar.

Bambang Triwibowo, Direktur Utama PT PP, pernah menjelaskan rencana perseroan menelurkan anak perusahaan dalam rangka untuk memfokuskan masing-masing lini bisnis yang sedang dijalankan PT PP saat ini.

Pendirian ketiga anak perusahaan akan masuk ke dalam belanja modal 2013 sebesar Rp 455 miliar. Bambang menjelaskan, realisasi capex 2012, kemungkinan hanya Rp 100 miliar atau lebih kecil dari rencana sebelumnya yang sebesar Rp 400 miliar. "Nah, kelebihan pembiayaan akan dilanjutkan untuk 2013," kata Bambang beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, porsi pendapatan dari sektor properti terhadap pendapatan perseroan masih terbilang kecil yakni mencapai 5 persen dari total pendapatan, segmen konstruksi mencapai 80 persen dan segmen engineering, procurement and construction (EPC) mencapai 15 persen.

Tambahkan komentar
Berita properti
Redaksi rumah123.com
Alamat Dea Tower II
Lantai 7, Unit no.1, 2 dan 4
Kawasan Mega Kuningan
Jl. Mega Kuningan Barat Kav.E-4 no.1
Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Indonesia
Tel: +62 21 576-1001 (Hunting)
Fax: +62 21 576-1002
Email

Kembali Ke Atas