Beranda Berita PropertiPilah Pilih Marmer Berkualitas Baik...

Pilah Pilih Marmer Berkualitas Baik
oleh: Dedy Mulyadi | Kamis, 28 Maret 2013 | dibaca sebanyak: 497 kali

Berfungsi sebagai pijakan lantai, penggunaan marmer juga mampu menciptakan kesan elegan nan mewah pada interior hunian.

 

Agar lantai terlihat menawan, hal yang harus diperhatikan dengan jeli adalah mengetahui kualitasnya. Selanjutnya, bagaimana menyusunnya. Jangan terkecoh pada motif marmernya saja.

 

Selain memiliki nilai seni yang tinggi, lewat kesempurnaan corak dan warnanya, material ini diyakini mampu memberikan kesan mewah. Penggunaannya sendiri mampu memberikan kesejukan pada hunian Tak hanya itu, material lantai satu ini juga tahan terhadap benturan.

 

Karena memiliki kekuatan yang maksimal, nilai jual marmer dipasaran terbilang cukup tinggi. Tak heran jika hunian-hunian mewah kerap menggunakan material ini pada lantainya.

 

Sebanding dengan harganya yang tinggi. Maka kualitas marmer tentu harus diperhatikan dengan jeli, jangan terkecoh dengan motif marmer tersebut. Berikut, beberapa hal yang perlu diketahui untuk mengenal lebih dalam seperti apa marmer yang berkualitas baik itu :

 

Langkah pertama, Pilihlah marmer yang benar-benar mengkilap. “Marmer yang berkualitas baik adalah marmer yang tidak berlubang atau setidaknya memiliki rongga-rongga yang cukup rapat. Ciri ini dapat dilihat kasat mata,” pungkas Mulazim, Direktur CV. Karya Mulia.

 

Selain itu, untuk meyakinkan kualitasnya dapat pula dilakukan dengan tes pengujian. Sederhana, tuangkan air ke permukaan marmer. Apabila air terserap dengan cepat maka, marmer memiliki rongga yang kurang rapat.

 

 

Ini membuktikan bahwa marmer itu berkualitas rendah. Batu alam bersifat berongga, sehingga kualitasnya dapat terlihat dari tingkat kerapatan rongga batu itu.

 

Langkah kedua, perhatikan teksturnya. Marmer memiliki tekstur yang berbeda-beda. Karena proses metamorfosis yang lama sehingga, kecil kemungkinan untuk membentuk tekstur yang sama. Pilihlah tekstur natural. Nah kesan Lux yang Anda inginkan akan terpancar dari tekstur ini.

 

Contoh marmer berkualitas baik dapat dilihat dari kilauannya. Menurut Mulazim, kilauan marmer mampu menambah seni artistik hunian. Hindari pemilihan marmer buatan tangan. Selain pola yang tidak rapi, kesan yang muncul justru jadi tidak estetis.

 

Setelah pemilihan marmer, waktunya mengaplikasikannya pada lantai atau dinding rumah Anda. Susunlah urutan pola marmer tersebut. Setiap potongan marmer memiliki pola yang berbeda, agar terlihat menawan, ada baiknya susunan pola diperhatikan dengan detail.

 

Mulazim mengatakan, jika salah display atau salah potong pada saat proses pembentukan, pastinya akan mengurangi nilai seni. Efeknya yang muncul justru terkesan berantakan. Untuk menghindari itu, kuncinya mengetahui pola penyusunan terlebih dahulu.

 

Selamat mencoba !

 

Tinu Sicara
Editor : Dedy Mulyadi

Tambahkan komentar
Berita properti
Redaksi rumah123.com
Alamat Dea Tower II
Lantai 7, Unit no.1, 2 dan 4
Kawasan Mega Kuningan
Jl. Mega Kuningan Barat Kav.E-4 no.1
Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Indonesia
Tel: +62 21 576-1001 (Hunting)
Fax: +62 21 576-1002
Email

Kembali Ke Atas