Ingin Membangun Rumah Sendiri? Berikut Langkah yang Harus Diperhatikan!


membangun rumah foto : freepik.com


Membangun rumah sendiri bisa jadi rencana banyak orang. Karena pada dasarnya, memiliki rumah adalah impian bagi setiap orang. 


Membeli hunian yang telah jadi memang lebih efisien ketimbang membangun hunian impian dari awal. 


Tapi, terkadang banyak juga yang ingin memiliki rumah yang sesuai dengan desain yang mereka sukai dan berbagai spesifikasi lainnya yang belum tentu bisa ditemukan di hunian jadi.


Oleh sebab itu membangun rumah adalah pilihan yang tepat jika ingin lebih bebas dalam menentukan desain dan hal-hal lainnya yang bersifat personal dan preferensi khusus dari sang pemilik rumah.


Tapi banyak orang  merasa sangat kesulitan untuk memulai membangun hunian idaman. 


Sebenarnya, cara membangun rumah tidak sesulit yang dibayangkan orang kebanyakan, asalkan kita tahu hal-hal yang perlu dipertimbangkan.


Pikirkan Faktor Lokasi


tips membangun rumah foto : pixabay


Pertama adalah lokasi. Faktor lokasi ini juga akan berpengaruh terhadap faktor biaya yang  perlu dipersiapkan untuk membuat rumah idaman. 


Semakin strategis lokasinya, semakin tinggi pula biaya yang harus dipersiapkan. 


Untuk itu,  faktor lokasi perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah nanti kita bisa membuat bangunan yang  sesuai dengan kemampuan kita atau tidak. 


Sebagai gambaran, di kawasan Jabodetabek, pada tahun 2008, rumah murah bisa dibeli dengan harga sekitar 60-90 juta rupiah, di tahun 2013, rumah seharga 120 juta rupiah masih dianggap murah, di tahun 2020 ini bisa dibilang sangat sulit menjumpai hunian non-subsidi dengan harga Rp100 juta-an. 


Buatlah Gambar Hunian Secara Detail


membangun rumah foto : unsplash.com


Setelah menentukan lokasinya, tahapan lain yang perlu diperhatikan adalah saat mendesain rumah itu sendiri. 


Dalam mendesain rumah, Anda bisa saja menggunakan jasa konsultan arsitektur, maupun mendesain rumah sendiri dengan menggunakan bantuan berbagai informasi baik dari buku, internet, maupun dari hasil diskusi dengan pakar yang ahli di bidang desain rumah tinggal.


Dalam mempersiapkan hunian pribadi, gambar kerja yang detail juga diperlukan agar rumah Anda dapat terbangun dengan sempurna. 


Jika memang Anda merasa langkah-langkah dalam proses membangun rumah agak rumit, pastikan Anda atau tukang memahami rencana bangunan rumah.


Tahapan selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan bangunan untuk rumah sendiri adalah menentukan material yang akan digunakan. 


Material yang nantinya digunakan tersebut merupakan investasi jangka panjang yang perlu Anda pertimbangkan.


Anda perlu menghitung harga material seperti harga semen pada saat akan membuat hunian pribadi. Juga jangan lupa untuk perhatikan kualitas material dan bahan bangunan yang akan digunakan.


Hal ini dikarenakan kualitas bahan bangunan yang akan Anda gunakan juga berpengaruh terhadap perawatan rumah nantinya.


Hal yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan hunian adalah tukang yang akan dipekerjakan. 


Jika Anda mengerti bangunan, Anda bisa menggunakan tukang yang biayanya lebih ringan.


Tapi jika Anda tidak mengerti sama sekali tentang bangunan, sebaiknya menggunakan tukang yang handal atau jasa konsultan.


Langkah pembangunan rumah memang tidak semudah teori yang dijelaskan dalam berbagai sumber, tapi setidaknya, dengan tips seperti ini kita dapat banyak ide untuk membangun rumah idaman.


Selain itu, dengan banyaknya tips yang diberikan, kita juga bisa semakin mematangkan rencana membangun sebuah rumah yang diimpikan selama bertahun-tahun.


Baca juga: 
Panduan Membangun Pondasi Rumah, Mulai dari Jenis hingga Tipsnya


Lakukan
Follow Up selama Proses Pembangunan


Setelah menemukan konsultan serta jasa tukang yang tepat, dan Anda telah memberikan gambaran hunian yang ingin dibangun, bukan berarti tugas Anda selesai sampai sini saja.


Pastikan Anda selalu melakukan follow up pada konsultan, dan memastikan proses pembangunan berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang rencana.


Hal ini tentu penting, agar Anda tahu perkembangan yang terjadi selama proses pembangunan. 


Serta Anda juga bisa berdiskusi dan mencari solusi jika ada kendala dalam setiap proses yang sedang dilakukan.


Anda tentu harus mengetahui perkembangan dari rumah impian Anda. 


Jika Anda tak memiliki waktu luang yang banyak untuk mengawasi secara
langsung, pastikan Anda meluangkan waktu untuk sesekali menengok calon hunian impian Anda ya!


Bagaimana? Semoga tips di atas bisa membantu Anda dalam membangun sendiri rumah impian.


Selamat mencoba!

Tambahkan Komentar