Ibu Kota Nusantara

IKN-R123 Desktop Banner IKN-R123 Mobile Banner

Menuju Peresmian IKN

:

:

Keunggulan Tinggal di IKN

Lokasi

Strategis karena dekat Balikpapan & Samarinda dengan akses mudah

Fasilitas & Infrastruktur

Terdapat fasilitas lengkap, dari pendidikan, kesehatan, transportasi hingga infrastruktur teknologi dan komunikasi

Properti

Disediakan kawasan khusus untuk perumahan dan perkantoran dengan perencanaan kota yang modern dan ramah lingkungan

Video Seputar IKN

top properti

Kunjungan Ekslusif Rumah123 ke Ibu Kota Nusantara

top properti

Melihat Pembangunan Rumah Susun POLRI dan BIN di Ibu Kota Baru

top properti

Telusuri Rumah Tapak Jabatan Menteri Hingga Rumah Teknologi Nusantara di Ibu Kota Baru Indonesia

top properti

123Property Update Edisi Mei 2024

Sekilas IKN

Sejak diumumkan secara resmi pada Agustus 2019, pemindahan ibu kota ke Kalimantan, tepatnya ke Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara jadi topik yang hangat diperbincangkan.

Pembangunan dan pengembangan ibu kota baru yang juga dikenal dengan nama Nusantara, diproyeksi akan memakan waktu bertahun-tahun.

Yang jelas, pembangunan IKN berpotensi membawa dampak sosial dan ekonomi yang signifikan. Ini termasuk penciptaan lapangan kerja baru, peningkatan aksesibilitas dan pemerataan pembangunan.

Periode 2022-2024
Di fase awal, pembangunan infrastruktur IKN meliputi Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR RI hingga perumahan menjadi fokus utama.

Periode 2025-2035
Fokus di tahap berikutnya adalah pembangunan dan pengembangan kota dari segi inovasi dan ekonomi. Pemindahan pusat pemerintahan dari DKI Jakarta ke IKN pun akan dilakukan pada fase ini.

Periode 2035-2045
Tahap selanjutnya dari pembangunan infrastruktur dan transportasi, termasuk teknologi pendukung seperti sistem pengelolaan air limbah, juga perluasan beberapa kawasan seperti area perkantoran dan industri.

Kutai Kartanegara

  Pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai salah satu lokasi IKN tentunya karena pertimbangan yang matang.    Berikut beberapa kelebihan dari kawasan yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Kutai ini.   Minim Risiko Bencana   Kabupaten Kutai Kartanegara dinilai oleh para ahli sebagai salah satu kawasan yang minim risiko bencana. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil riset selama […]

Baca Selengkapnya

Penajam Paser Utara

  Ada sejumlah keunggulan yang membuat Penajam Paser Utara layak dipilih sebagai salah satu lokasi Ibu Kota Nusantara.   Lokasi Strategis   Berada di tengah Indonesia, Penajam Paser Utara berjarak relatif dekat ke Balikpapan yakni 77,3KM. Sementara jika ke Samarinda, jaraknya sekitar 168 kilometer.    Berluas 3.333,06 kilometer persegi, kawasan ini memiliki 4 kecamatan serta […]

Baca Selengkapnya

FAQ

Bappenas memperkirakan rencana pembangunan Nusantara akan selesai dalam 15 sampai 20 tahun.

Diperkirakan sekitar 2.350 ASN & TNI-Polri.

Kepala Otorita IKN dan dibantu oleh seorang wakil. Kepala dan wakilnya ini ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan langsung oleh Presiden.

Otorita IKN adalah lembaga pemerintah setingkat kementerian yang dibentuk khusus untuk melaksanakan persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara, serta penyelenggaraan Pemerintahan Khusus IKN di Kalimantan Timur.

Mereka memegang jabatan selama 5 tahun terhitung sejak masa pelantikan.