icon
Rumah 123
Tersedia di App Store & Google Play
logo rumah123
1
 Filter
 Harga
 Kamar Tidur
 Periode Sewa
 Kondisi Perabotan
Kondisi Perabotan

Furnished
Semi Furnished
Unfurnished
Urutkan

Kamar Tidur

Periode Sewa

Loading...

Rumah Disewakan di Cilegon

Cari kontrakan di Cilegon? Di Rumah123 terdapat 90 rumah disewakan di Cilegon dengan beragam harga sewa terbaru. Anda dapat menggunakan alat pencari kami di atas untuk menemukan rumah impian Anda di lokasi strategis, aman dan menguntungkan di Cilegon.

Menampilkan 1-20 dari total 90 properti

Tanya Banyak Properti
Baru
bulk-inquiry-banner

Permintaan Berhasil

Kamu akan dihubungi oleh tim Rumah123 untuk konsultasi seputar KPR

Simulasi Cicilan KPR

Harga Properti

Uang Muka

0%50%
Angsuran/bulan
Berdasarkan suku bunga terendah di Rumah123
Data Berhasil Terkirim

Kamu akan terhubung dengan Tim Rumah123 untuk konfirmasi data

Gambaran Umum Cilegon

Memilih tinggal di rumah disewakan di Cilegon bisa menjadi keputusan yang tepat. Pasalnya, kota yang berada di Provinsi Banten ini menyuguhkan sejumlah kelebihan yang membuatnya nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Kelebihan itu di antaranya adalah fasilitas publiknya yang lengkap, banyak tempat wisata, dan memiliki area permukiman khusus. Adapun Cilegon dikenal sebagai Kota Baja.  Kota ini merupakan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara, di mana setiap tahunnya Kawasan Industri Krakatau Steel menghasilkan sekitar enam juta ton baja. Wilayah Cilegon memiliki luas sekitar 175,51 kilometer persegi. Sementara, menurut BPS pada 2020, jumlah penduduknya mencapai 442.803 jiwa.

 

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No.15 Tahun 2002, di Cilegon terdapat delapan kecamatan, yakni Kecamatan Cilegon, Ciwandan, Pulomerak, Cibeber, Grogol, Purwakarta, Citangkil, dan Jombang. Menurut topografinya, daerah Cilegon tengah, pesisir barat, dan pesisir timur relatif landai. Sedangkan, di wilayah selatan sedikit berbukit-bukit, dan di utara berlereng. Dilihat dari batas wilayahnya, Cilegon berbatasan dengan Kabupaten Serang di sebelah utara, selatan, dan timur. Sementara di barat, berbatasan dengan Selat Sunda. Lalu untuk iklimnya, Cilegon memiliki suhu rata-rata dari 22 hingga 33 derajat Celsius. Curah hujan maksimum terjadi dari Desember-Februari, sedangkan curah hujan minimum dari Juli-September.

 

Sejarah Cilegon

 

Cilegon adalah wilayah bekas kawedanan, yaitu wilayah kerja pembantu KDH Serang wilayah Cilegon. Saat itu, hanya ada tiga kecamatan yang masuk ke kawedanan tersebut, yakni Cilegon, Bojonegoro, dan Pulomerak. Lalu, pembentukan kota administratif Cilegon berkaitan erat dengan Surat Bupati KDH Serang No. 86/Sek/Bapp/VII/84 tentang usulan pembentukan administratif Cilegon dan atas pertimbangan objektif. Akhirnya, Cilegon terbentuk menjadi kota administratif dengan luas wilayah 17.550 hektare, melalui Peraturan Pemerintah No. 40 tahun 1986. Seiring berjalannya waktu, wilayah Cilegon mengalami penambahan kecamatan. Hal itu dilakukan karena pengubahan status menjadi kota administratif ternyata berdampak positif pada kemajuan Cilegon, mulai dari di bidang sosial, ekonomi, dan fisik. Singkat cerita, berdasarkan UU No. 15 tahun 1999 tanggal 27 April 1999, kota administratif Cilegon berubah menjadi kotamadya Cilegon. 

 

Kelebihan Cilegon Sebagai Tempat Tinggal

 

Punya Banyak Pilihan Tempat Wisata

 

Saat memutuskan sewa rumah di Cilegon, jangan lupa untuk mempertimbangkan tempat wisata di daerahnya. Dengan begitu, kamu tak perlu bingung jika ingin refreshing. Di Cilegon, terdapat beberapa tempat wisata yang hits, mulai dari Watu Lawang, Istana Taman Cadas, Bukit Teletubbies, Green Waterpark, dan Pulau Merak Besar serta Pulau Merak Kecil. Sementara itu, untuk pilihan wisata kuliner, di Cilegon terdapat Kampung Kecil Cilegon, Bebek & Ayam Goreng Pak Ndut, Saung Edi, Pondok Sate & Sop Asmawi, dan Saung Grogol.

 

Kota Industri

 

Cilegon tumbuh pesat dari tahun ke tahun karena merupakan kota industri. Berbagai jenis industri, mulai dari kimia hingga makanan ada di wilayah ini. Selain PT. Krakatau Steel, beberapa pabrik besar yang ada di Cilegon di antaranya PT. Cilegon Fabricators, PT. Chandra Asri Petrochemical, PT. Permata Dunia Sukses Utama (PDSU), PT. Dover Chemical, dan PT. Standard Toyo Polymer (STATOMER). Lantaran adanya berbagai pabrik tersebut, kamu yang sewa rumah di Cilegon Banten, jadi tak perlu khawatir soal peluang kerja.

 

Kawasan Permukiman Khusus

 

Wilayah Cilegon memiliki beberapa daerah permukiman khusus. Untuk kaum ekspatriat, terdapat kawasan Bonakarta dan Pondok Cilegon Indah. Kawasan Bonakarta dikhususkan untuk kaum ekspatriat barat, mulai dari Meksiko, Australia, Amerika Serikat, dan Perancis. Sedangkan, di Pondok Cilegon Indah, dikhususkan sebagai permukiman kaum ekspatriat timur, terutama Korea dan Jepang. Lalu, terdapat juga permukiman khusus warga Krakatau Steel, seperti Komplek Perumahan Krakatau Grogol, Palm Hills, Propelat, Perumahan Karyawan Krakatau Steel, dan Bukit Baja Sejahtera. Sementara itu, kecamatan populer di Cilegon sebagai tempat tinggal, di antaranya adalah Cilegon IndahCibeber, JombangGrogol, dan Purwakarta.  Wilayah ini bisa jadi pertimbangan saat kamu berencana memilih rumah murah disewakan di Cilegon.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Rumah di Cilegon

 

Sebelum memutuskan untuk sewa rumah di Cilegon Banten, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

 

Pertama, tentukan dulu daerah yang hendak dipilih sebagai tempat tinggal. Kamu harus memastikan daerahnya tidak banyak aksi kriminal, bebas dari bencana alam, dan dekat ke akses transportasi dan fasilitas umum lainnya.

 

Kedua, tentukan bujet minimal dan maksimal saat hendak sewa rumah Cilegon. Dengan menerapkan bujet yang jelas, kamu bisa memilah dan memilih rumah yang pas. Kamu pun harus mengetahui harga pasaran sewa rumah yang layak huni di Cilegon berapa.

 

Ketiga, kamu wajib memeriksa rumahnya secara teliti. Beberapa hal yang mesti dicek adalah kondisi fisik bangunan, struktur rumah, instalasi listrik, dan ketersediaan suplai airnya.

 

Keempat, jangan lupa untuk membaca terlebih dahulu mengenai perjanjian sewa-menyewa rumah. Kamu harus memastikan, pemilik rumah membuat surat perjanjian agar transaksinya bersifat legal. Selain itu, surat tersebut juga bisa dijadikan pedoman seandainya di kemudian hari terjadi permasalahan terkait sewa-menyewa rumah itu.

Gagal menyimpan properti
Silahkan login/register untuk menyimpan properti lebih banyak