icon
Rumah 123
Tersedia di App Store & Google Play

Tamasya ke Puncak Sosok, Ini Aktivitas Serunya

Masih di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, ada sebuah tempat wisata bernama Puncak Sosok. Sekarang kita akan mengulas daya tariknya nih.

Usut punya usut, dahulu Puncak Sosok bukan lah tempat wisata. Melainkan hanya sebuah bukit yang berada sekitar rumah warga Bawuran, Pleret, Bantul.

Namun para pesepeda sering mengunjungi bukit tersebut, sehingga suasana menjadi ramai. Mereka sering mengabadikan momen ketika berada di puncak bukit.

Kemudian membagikannya di media sosial pribadi. Nah dari situlah banyak orang yang berdatangan ke puncak bukit, bukan dari kalangan pesepeda saja.

Sejak saat itu puncak bukit mulai terkenal, warga sekitar pun mengelolanya sebagai tempat wisata. Pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan di sini.

Aktivitas di Puncak Sosok

Menikmati Pemandangan Indah sambil Berfoto

Menikmati pemandangan indah sambil berfoto.jpg

 

Ketika berada di Puncak Sosok, kamu akan melihat panorama yang sangat cantik. Hamparan wilayah Bantul dan sekitarnya terlihat jelas di puncak bukit ini.

Sekitar Puncak Sosok banyak tanaman dan pepohonan hijau di perkebunan milik warga. Pemandangan begitu memanjakan mata dan menyegarkan pikiran.

Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah jembatan kayu yang letaknya sebelah barat. Latar belakang tempat ini adalah ruang hijau terbuka nan asri.

Hati-hati ketika berswafoto, sebab jembatan kayu tersebut dibuat tanpa pembatas di sisi-sisinya. Selain itu, banyak spot lain yang bisa dimanfaatkan untuk selfie.

Menikmati Makanan dan Minuman Hangat di Warung

Menikmati makanan dan minuman hangat di warung.jpg

 

Puncak Sosok Bantul merupakan tempat wisata pegunungan yang diselimuti oleh udara sejuk. Namun, kadang-kadang hawanya terasa sangat dingin.

Nah untuk menikmati kondisi seperti itu, kegiatan yang paling pas adalah menyantap makanan dan minuman hangat di warung. Kamu bisa mencicipi berbagai hidangan.

Tersedia tahu walik, bakso tusuk, sempol ayam, siomai sate, cilok dan jagung bakar. Sementara untuk minumannya ada teh, jeruk dan kopi.

Warung-warung di Puncak Sosok menyediakan tempat duduk. Pengunjung juga bisa memesan tikar kalau ingin menyantap makanan dan minuman sambil lesehan.

Mendengarkan Alunan Musik Akustik

Mendengarkan alunan musik akustik.jpg

 

Pengelola Puncak Sosok, yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari kalangan masyarakat. Mereka bukan hanya menyediakan spot foto, tetapi juga panggung.

Panggung terbuka itu sudah dilengkapi dengan sound set dan alat musik. Siapa pun bisa menampilkan pertunjukkan musik di sini.

Pengunjung yang datang ke Puncak Sosok biasanya melihat pemandangan, menikmati hidangan hangat, sambil mendengarkan alunan musik akustik.

Pertunjukkan musik akustik di Puncak Sosok rutin digelar setiap akhir pekan kalau cuaca cerah. Acara ini berlangsung dari sore hingga malam hari.

Menikmati Suasana Malam

Menikmati suasana malam.jpg

 

Tahukah kamu, bukan hanya pemandangan siang hari yang memukau. View malam hari di Puncak Sosok tak kalah mengagumkan lho.

Kamu bisa melihat bagusnya matahari terbenam di sini. Ketika hari menuju malam, lampu-lampu wilayah Bantul dan Kota Yogyakarta terlihat sangat cantik.

Apabila langit cerah, sinar bintang dan bulan akan menambah keindahan. Jangan lupa membawa perangkat kamera yang memadai untuk mengabadikan momen ini ya.

Nah biasanya pengunjung yang datang malam hari ke Puncak Sosok membawa kamera digital single lens reflex (DSLR) atau mirrorless.

Menonton Bersama Pertandingan Sepak Bola

Menonton bersama pertandingan sepak bola.jpg

 

Tak ketinggalan, penyuka sepak bola pun diberikan fasilitas oleh Pokdarwis untuk menonton pertandingan bersama-sama. Pengelola akan mendirikan layar besar.

Kegiatan nonton bareng di Puncak Sosok biasanya dilaksanakan ketika final Liga Champions, piala dunia, pesta olahraga Asia dan lain-lain.

Apabila sedang mencari tempat untuk nonton bareng, Puncak Sosok bisa menjadi alternatif yang tepat. Itulah beberapa kegiatan bagi pengunjung tempat wisata ini.

Jam Operasional, Harga Tiket Masuk & Lokasi Puncak Sosok

Jam Operasional, Harga Tiket Masuk dan Lokasi Puncak Sosok.jpg

 

Puncak Sosok tidak memberlakukan jam operasional. Namun waktu yang tepat untuk menikmati tempat wisata ini, yaitu pagi dan malam hari.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp3.000 saja. Bagi yang membawa kendaraan maka membayar biaya parkir dengan rincian sebagai berikut.

  • Motor Rp2.000
  • Mobil Rp5.000
  • Mini bus Rp10.000

 

Lokasi Puncak Sosok di Dukuh Jambon, Desa Bawuran, Kelurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Bagaimana tertarik datang ke sini?

 

Miyanti Rahman
Miyanti Rahman
Perajin konten dan mikrokopi komersial yang suka belajar hal baru, terutama tentang dunia pemasaran digital. Pernah menulis berbagai topik mulai dari traveling, kuliner, keuangan, otomotif hingga properti.

Rumah123 Tools

Sedang Mencari Properti?

Sedang Mencari Properti?

Temukan rumah impian Anda di Rumah123.com!
Cari Properti
Solusi Miliki Hunian dengan KPR

Solusi Miliki Hunian dengan KPR

Cicilan per bulan ringan, proses cepat, dan masih banyak lagi!
Ajukan KPR
Cek Harga Properti

Cek Harga Properti

Ketahui estimasi harga properti berdasarkan spesifikasi dan lokasi.
Cek Sekarang
Bagikan
Gagal menyimpan properti
Silahkan login/register untuk menyimpan properti lebih banyak