icon
Rumah 123
Tersedia di App Store & Google Play
logo rumah123

7 Art Space Bandung, Wisata Seni dengan Spot Foto Bagus!

Istilah art space sudah tidak asing lagi, terutama di kalangan anak muda. Tempat ini pun bukan hal yang susah ditemukan.

Bagi yang belum tahu, art space adalah ruang bagi seniman untuk menampilkan karya-karyanya. Namun berbeda dengan pameran biasa ya.

Mengunjungi art space di Kota Bandung pada akhir pekan bersama teman, sahabat atau keluarga merupakan ide liburan yang bagus!

Apabila tertarik, berikut rekomendasi art space Bandung terbaik, mulai dari Galeri Soemardja, Salian Art, hingga NuArt Sculpture Park.

Galeri Soemardja

Galeri Soemardja.jpg
Foto Art Space Bandung Galeri Soemardja: Google Photos

 

Galeri Soemardja ialah art space milik Institut Teknologi Bandung (ITB). Ini merupakan arena untuk menggelar pameran seni bagi mahasiswa.

Lokasi Galeri Soemardja menyatu dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Saat ini aktif menggelar berbagai acara untuk umum.

Misalnya cara diskusi, seminar, dan workshop. Galeri Soemardja juga memiliki buletin tiga bulanan serta mengadakan award bagi mahasiswa.

Art space Bandung ini bukan dari Senin sampai Jumat pukul 10.00 sampai 16.00. Menikmati karya seni di sini gratis, tidak dipungut biaya apa pun.

Alamat Galeri Soemardja di Jalan Ganesha Nomor 10, Kelurahan Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Salian Art & Wedding House

Salian Art & Wedding House.jpg
Foto Art Space Bandung Salian Art & Wedding House: Google Photos

 

Salian Art & Wedding House menghadirkan art space sekaligus tempat wisata kuliner. Destinasi wisata menarik ini hadir sejak 8 Mei 2015 lalu.

Pengunjung yang memasuki areanya akan langsung melihat berbagai karya seni menakjubkan! Ciptaan seniman asli Bandung, seniman nasional bahkan mancanegara.

Selain itu, terdapat rumah joglo besar dengan ornamen kayu alami. Suasana tempat ini sangat menyatu dengan alam dan bernuansa tradisional.

Setelah berkeliling galeri, pengunjung bisa menikmati berbagai hidangan. Salian Art & Wedding House menjual kuliner khas western, Spanyol dan Nusantara.

Alamat Salian Art & Wedding House di Jalan Terusan Sersan Bajuri Nomor 86, Kelurahan Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Lawangwangi Creative Space

Lawangwangi Creative Space.jpg
Foto Art Space Bandung Lawangwangi Creative Space: Google Photos

 

Lawangwangi Creative Space menghadirkan beberapa karya seni yang sangat ikonik. Contohnya seperti deretan sembilan patung yang bisa bertransformasi.

Patung tersebut diletakan pada area outdoor, sedangkan pada area indoor terdapat ruang pameran. Isinya berbagai karya seni rupa seperti bentuk, lukisan dan mural.

Kemudian terdapat kafe dengan pemandangan menakjubkan, menyajikan aneka kuliner lezat yang digemari oleh pengunjung seperti pizza, pasta hingga steak.

Destinasi wisata ini buka pada Selasa hingga Kamis pukul 11.00 sampai 22.00, Jumat dan Sabtu pukul 10.00 sampai 23.00, serta Minggu pukul 11.00 sampai 22.00.

Alamat Lawangwangi Creative Space di Jalan Dago Giri Nomor 99, Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space.jpg
Foto Art Space Bandung Selasar Sunaryo Art Space: Google Photos

 

Selasar Sunaryo Art Space merupakan galeri seni yang berdiri sejak 1998. Tempat ini dibangun dengan tujuan mendukung perkembangan seni rupa Indonesia.

Seperti namanya, art space Bandung ini dibangun oleh Sunaryo. Dia adalah seniman kontemporer, mantan dosen seni rupa kampus ITB.

Karya yang bisa dinikmati dalam galeri seni ini antara lain Between Heaven and Earth (Yin dan Yang), Karamba & Aqua dan Baliku II.

Art space Bandung ini secara berkala menggelar pameran karya seni. Luas galeri seni ini sangat besar, mencapai 2.000 meter persegi dilengkapi wot batu.

Alamat Selasar Sunaryo Art Space di Jalan Bukit Pakar Timur Nomor 100, Kelurahan Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Roemah Seni Sarasvati

Roemah Seni Sarasvati.jpg
Foto Art Space Bandung Roemah Seni Sarasvati: Google Photos

 

Roemah Seni Sarasvati masuk daftar art space Bandung yang wajib kamu kunjungi. Tempat ini memperkenalkan berbagai produk seni dan budaya berkualitas.

Selain itu, Roemah Seni Sarasvati menyediakan ruang diskusi dan workshop bagi para pecinta seni. Karya seni di sini merupakan koleksi pribadi milik Lin Che Wei.

Art space Roemah Seni Sarasvati pun menyediakan kafe di mana pengunjung bisa menikmati sajian lokal. Contohnya nasi sangrai, nasi bambu sampai sup ikan gurami.

Galeri seni Roemah Seni Sarasvati buka Senin hingga Minggu mulai pukul 10.00 sampai 21.00. Pengunjung bisa menikmati karya seni di sini tanpa tiket masuk.

Alamat Roemah Seni Sarasvati di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 37, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Galeri Seni Popo Iskandar

Galeri Seni Popo Iskandar.jpg
Foto Art Space Bandung Galeri Seni Popo Iskandar: Google Photos

 

Perguruan tinggi negeri yang mempunyai galeri seni bukan hanya ITB. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) juga menyuguhkan Galeri Seni Popo Iskandar.

Sebagai informasi, Popo Iskandar merupakan seorang seniman lukis, tokoh pendidik seni, kritikus sastra Sunda dan seorang penulis esai (1927-2000).

Namun, galeri seni milik UPI tidak hanya menampilkan karya-karya Popo Iskandar. Ada pula hasil tangan dingin Affandi, Mochtar Lubis dan Rusli.

Art space Bandung ini dibuka untuk umum dan sering mengadakan acara terbatas. Jam operasionalnya Senin sampai Jumat pukul 12.00 sampai 17.00.

Alamat Galeri Seni Popo Iskandar di Jalan Doktor Setiabudi, Nomor 235B, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park.jpg
Foto Art Space Bandung NuArt Sculpture Park: Google Photos

 

NuArt Sculpture Park merupakan art space Bandung yang terletak di koridor utara. Tempat ini menampilkan berbagai karya patung karya Nyoman Nuarta.

Seniman tersebut adalah salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru. Dia sangat terkenal dengan karyanya patung Garuda Wisnu Kencana di Pulau Dewata.

NuArt Sculpture Park buka pada 2000 lalu. Galeri seni ini menampilkan karya Nyoman Nuarta dari awal dia berkarier hingga karya terbarunya.

Pengunjung bisa datang ke art space Bandung ini setiap hari kecuali hari Senin. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.30 sampai 17.00.

Alamat NuArt Sculpture Park, yaitu di Setra Duta Raya Nomor L6, Kelurahan Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Itulah tujuh art space Bandung yang bisa dikunjungi pada akhir pekan. Catat supaya tidak kehabisan referensi tempat hiburan, semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait Bandung

12 Pilihan Mall di Bandung untuk Hangout dan Belanja

12 Pilihan Mall di Bandung untuk Hangout dan Belanja

Baca Selengkapnya
5 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Punclut

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Punclut

Baca Selengkapnya
5 Rekomendasi Coworking Space Bandung Paling Nyaman dan Trendi

5 Rekomendasi Coworking Space Bandung Paling Nyaman dan Trendi

Baca Selengkapnya
7 Rekomendasi Kuliner Malam Bandung yang Legendaris

7 Rekomendasi Kuliner Malam Bandung yang Legendaris

Baca Selengkapnya

Rumah123 Tools

Sedang Mencari Properti?

Sedang Mencari Properti?

Temukan rumah impian Anda di Rumah123.com!
Cari Properti
Solusi Miliki Hunian dengan KPR

Solusi Miliki Hunian dengan KPR

Cicilan per bulan ringan, proses cepat, dan masih banyak lagi!
Ajukan KPR
Cek Harga Properti

Cek Harga Properti

Ketahui estimasi harga properti berdasarkan spesifikasi dan lokasi.
Cek Sekarang
Bagikan
Gagal menyimpan properti
Silahkan login/register untuk menyimpan properti lebih banyak