Malang

Seluk-beluk Semarang yang wajib diketahui, sebelum mencari properti di kawasan ini.

Tentang Kota Malang

Jawa Timur mempunyai lebih dari satu wilayah metropolitan. Selain Gerbangkertosusila (yang meliputi Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan), ada juga Malang Raya.

Wilayah metropolitan tersebut terdiri dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang. Dulu disebut karesidenan (termasuk Kabupaten Probolinggo, tetapi sekarang hanya tiga wilayah dataran tinggi).

Jumlah penduduk Malang mendominasi Jawa Timur. Survei demografi 2020 menunjukkan Kabupaten Malang merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak, yaitu 2.654.448 jiwa.

Sementara jumlah penduduk se-Malang Raya lebih dari 3.000.000 jiwa. Secara tidak langsung menunjukkan bahwa wilayah metropolitan Jawa Timur ini diminati oleh masyarakat sebagai area domisili.

Berada di dataran tinggi, Malang memang mempunyai banyak daya tarik. Salah satunya adalah udara sejuk sehingga bisa tetap nyaman tanpa menggunakan air conditioner (AC).

Malang Kota.webp

Bahkan pada pertengahan tahun, sering ada salju tipis dan embun beku. Fenomena alam ini terjadi di wilayah pegunungan Malang dengan ketinggian 2.000 meter lebih di atas permukaan laut.

Kendati demikian, Malang juga mempunyai dataran rendah berupa pesisir Laut Selatan Jawa. Di sini terdapat Pantai Balekambang, Pantai Ngantep, Pantai Batu Bengkung, Pantai Bajulmati dan sebagainya.

Keindahan pantai-pantai di atas cukup mencengangkan dan menarik untuk dijelajahi. Bahkan, ada satu pantai yang disebut “Raja Ampatnya Jawa Timur”, yaitu Pantai Gatra yang penuh gugusan karang.

Jika dilihat dari sisi hidrografi, maka penduduknya pun tidak akan kesulitan air bersih. Pasalnya, Malang mempunyai banyak mata air, salah satunya di lereng Gunung Arjuno (gunung tertinggi kedua di Jawa Timur).

Ketersediaan air bersih tentunya sangat penting untuk diperhatikan, karena air sumber kehidupan. Biasanya, makin melimpah air bersih, makin baik pula kualitas kesehatan masyarakatnya.

Kemudian dari segi bahasa, dialek bahasa Jawa di Malang hampir sama dengan dialek Surabaya. Perbedaannya terletak pada penggunaan bahasa prokem terbalik atau disebut juga bahasa Walikan.

Sebagai informasi, Walikan merupakan subdialek yang sering dituturkan oleh orang-orang Malang. Ciri khasnya yaitu pembentukan kosakata baru dengan membalikkan fonem pada kosakata Jawa atau Indonesia (contoh boso menjadi osob).

Sementara dari segi budaya, Malang hanya sedikit dipengaruhi oleh budaya Mataraman, tidak seperti kota dan kabupaten lain. Pasalnya, wilayah ini merupakan kawasan arek (sebutan untuk keturunan Ken Arok).

Selain itu, Malang banyak mewarisi bangunan kuno. Beberapa sisa masa kolonialisme Hindia Belanda menjadi ikon wilayah, di antaranya Gereja Ijen, Gereja Kayutangan, Balai Kota Malang, RSU Lavalette dan banyak lagi.

Menariknya lagi, aneka tempat wisata modern di Jawa Timur juga lahir di Malang. Puluhan objek vakansi bisa dikunjungi bersama keluarga seperti Batu Flower Garden, Malang Night Paradise, Jatim Park dan lain sebagainya.

Kota Malang.webp

Malang pun mempunyai wisata candi eksotis yang penuh nilai sejarah. Ada Candi Singosari di Singosari, Kabupaten Malang, Candi Jago di Tumpang, Kabupaten Malang, Candi Kidal di lembah Gunung Bromo, Candi Badut di Kota Malang dan masih banyak lagi.

Keistimewaan lainnya, Malang merupakan kota pendidikan sejak zaman dahulu. Banyak pusat keagamaan terkenal seperti Pondok Pesantren Al Hikam pimpinan KH Hasyim Muzadi, Seminari Alkitab dan lain-lain.

Sederet perguruan tinggi negeri terbaik juga hadir di Malang, sebut saja Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Politeknik Negeri Malang. Sedangkan swasta antara lain Universitas Muhammadiyah Malang dan Institut Teknologi Nasional.

Di samping pusat pendidikan, tentu saja fasilitas publik lain turut melengkapi mulai dari transportasi, pusat kesehatan, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Semua menopang kehidupan masyarakat dengan baik.

Malang, Jawa Timur

Berdiri
Berdiri

(1-04-1914)

Populasi
Populasi

(844,933)

Kecamatan
Kecamatan

(5)

Kelurahan
Kelurahan

(57)

UMK
UMK

(2,994,143)

Akses & Fasilitas di Malang

Bandara
Bandara
Stasiun
Stasiun
Terminal
Terminal
Rumah Sakit
Rumah Sakit
Sekolah
Sekolah

Cuaca & Lingkungan di Malang

Suhu
Suhu

(19° - 31°C)

Angin
Angin

(13 km/jam)

Humiditas
Humiditas

(57%)

Index UV
Index UV

(5 dari 10)

Luas
Luas

(145,3 km²)

Jumlah Penduduk di Kota Malang

sumber: malangkota.bps.go.id

Data per Kecamatan
  • Kedungkandang
  • Sukun
  • Klojen
  • Blimbing
  • Lowokwaru
Gambar Tips dan trik
Tinggal di Malang
Keunggulan Tinggal di Malang, Kota Bunga dengan Nuansa Sejuk dan Asri
Cek Di sini

Pertanyaan Seputar Kota Malang

Kenapa Malang menarik sebagai tempat tinggal?

Alasan dari segi lingkungan, Malang diselimuti oleh udara sejuk. Selain itu, wilayah ini pernah terpilih menjadi satu dari lima kota terbersih di Asia. Dari segi fasilitas publik, aneka sarana dan prasarana umum mudah dijangkau. Mengingat luas wilayah tidak terlalu besar, sehingga jarak ke mana-mana dekat. Malang juga kaya tempat wisata serta kuliner enak.

Apa saja pilihan moda transportasi darat di Malang?

Moda transportasi antar kecamatan di Malang menggunakan bus mini, angkutan perdesaan atau MPU Bison. Sementara itu, bus antar kota kebanyakan terkonsentrasi di beberapa terminal Kota Malang seperti Arjosari, Landungsari dan Gadang. Kota Apel juga mempunyai Stasiun Malang yang melayani rute ke kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Bandung dan Jakarta.

Apakah biaya hidup di Malang tinggi?

Biaya hidup atau living cost cenderung rendah, meskipun UMR di atas tiga juta rupiah. Banyak makanan dan minuman, serta kebutuhan pokok lainnya dibanderol harga terjangkau.

Hunian Dijual di Malang

Hunian Disewakan di Malang

Properti Pilihan di Malang

The Sanata Village
The Sanata Village
Selengkapnya
D Jagad Land Batu
D Jagad Land Batu
Selengkapnya
Pisang Agung Regency
Pisang Agung Regency
Lihat Semua
D'Graha Artha
D'Graha Artha
Selengkapnya
Grand Permatajingga
Grand Permatajingga
Lihat Semua
Gagal menyimpan properti
Silahkan login/register untuk menyimpan properti lebih banyak