icon
Rumah 123
Tersedia di App Store & Google Play

Pantai Mangunharjo, Alternatif Wisata Murah Meriah untuk Keluarga

Kota Semarang mempunyai sebuah pantai yang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal, tempat wisata ini menarik dan murah meriah lho.

Pantai itu bernama Pantai Mangunharjo yang baru dibenahi pada awal 2022. Setelah pemugaran, di sini jadi banyak pohon mangrove dan spot foto bagus.

Pihak yang melakukan pemugaran adalah masyarakat sekitar Pantai Mangunharjo. Mereka melakukan berbagai usaha pelestarian.

Salah satunya menanam pohon mangrove untuk mencegah abrasi. Pasalnya, di pantai ini memang rentan terjadi pengikisan tanah oleh ombak.

Pantai Mangunharjo sebaiknya jangan dilewatkan apabila kamu mencari tempat wisata pantai di Kota Semarang. Nah, berikut ulasan tentang daya tariknya.

Harga Tiket, Jam Operasional dan Fasilitas Pantai Mangunharjo

Harga Tiket, Jam Operasional dan Fasilitas.jpg

 

Wisatawan tak akan dipungut biaya tiket masuk apabila jalan-jalan ke pantai ini. Siapkan saja dana untuk membayar parkir kalau membawa kendaraan.

Tarif parkirnya pun ekonomis, tak lebih dari Rp5.000 saja. Jadi, berwisata ke Pantai Mangunharjo Semarang sangat hemat biaya, tak perlu budget tinggi.

Menariknya lagi, pengunjung bisa datang ke sini kapan saja. Pasalnya, pantai Mangunharjo buka setiap hari selama 24 jam.

Ada pun fasilitas yang disediakan oleh pengelola, di antaranya area parkir kendaraan, toilet umum, warung makanan dan minuman serta tempat sewa ban.

Daya Tarik Pantai Mangunharjo

Hutan Mangrove yang Mulai Rimbun

Hutan Mangrove yang Mulai Rimbun.jpg

 

Daya tarik pertama pantai Mangunharjo adalah hutan mangrovenya. Kawasan ini melengkapi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Semarang dan sekitarnya.

Tokoh masyarakat yang mempelopori penanaman pohon bakau di sini ialah Sururi, yang sudah berkecimpung dalam kegiatan pelestarian alam sejak 1990.

Kini lahan seluas 1,2 hektare sekitar Pantai Mangunharjo telah hijau kembali. Semuanya berkat usaha Sururi dan masyarakat sekitar tempat wisata ini.

Keberadaan hutan mangrove bukan hanya menambah elok panorama pantai Mangunharjo. Green area ini juga menjadi habitat yang baik untuk hewan laut.

Binatang yang biasanya hidup dalam rimbunnya hutan mangrove, antara lain kepiting, udang, ubur-ubur, kelomang, monyet, udang, dan kura-kura.

Spot untuk Memancing

Spot untuk Memancing (1).jpg

 

Magnet berikutnya, yaitu spot untuk memancing ikan laut dan sejenisnya. Para “mancing mania” biasanya melakukan aktivitas ini di pinggir pantai.

Spot kesukaan mereka adalah jalan beton yang mengarah ke ujung pantai. Ya kondisi jalannya memang sedikit rusak, akibat hantaman ombak.

Pemancing bisa menunggu kail dimakan ikan sambil melihat pemandangan yang menakjubkan. Pasalnya di seberang jalan terdapat sungai dengan warna unik.

Sungai tersebut memantulkan cahaya cokelat dari air sungainya itu sendiri, biru dari air laut, serta hijau dari hutan mangrove. Terdengar sangat indah, bukan?

Apabila ingin memancing di Pantai Mangunharjo, sebaiknya datang pagi hari. Jika sore hari, maka dikhawatirkan air laut akan meluap ke jalan beton.

Spot untuk Melihat Sunset

Spot untuk Melihat Sunset.jpg

 

Healing tak perlu mengeluarkan biaya fantastis. Melihat sunset di Pantai Mangunharjo pun bisa melenyapkan semua stres akibat tekanan pekerjaan.

Bagaimana tidak? Mangunharjo mempunyai spot nyaman untuk melihat matahari terbenam, salah satunya adalah area tepi pantainya.

Kamu bisa mengajak keluarga untuk menikmati keindahan yang hadir di pantai Semarang ini. Duduk manis lah di atas pasir sambil melihat ke arah sunset.

Lalu biarkan anak-anak bersuka cita sambil bermain air dan pasir hitam. Menciptakan momen seperti ini tentu akan menambah kehangatan keluarga.

Biasanya ketika matahari terbenam banyak nelayan yang sedang berbenah. Ini membuat pengalaman wisata bahari kamu makin lengkap, bukan?

Lokasi dan Akses ke Pantai Mangunharjo

Lokasi dan Akses ke Pantai Mangunharjo.jpg

 

Alamat Pantai Mangunharjo yaitu di Dusun Merbuh, Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lokasi pantai tak jauh dari kebun binatang Semarang. Jarak yang memisahkan kedua tempat ini hanya 5,7 kilometer saja, jadi bisa ditempuh dalam 14 menit.

Apabila datang dari arah Jembatan Kaliwungu Mangkang, harus belok kiri lalu lurus hingga pertigaan Jalan Kiai Gilang. Ikuti jalur sampai tiba di pantai.

Sekarang kondisi jalan menuju Pantai Mangunharjo sudah dilapis beton. Jadi wisatawan bisa melakukan perjalanan wisata dengan aman dan nyaman.

Sekian informasi tentang pantai di Kota Semarang ini, semoga menambah referensi tempat wisata murah meriah untuk akhir pekan atau hari libur nasional.

 

 

Miyanti Rahman
Miyanti Rahman
Perajin konten dan mikrokopi komersial yang suka belajar hal baru, terutama tentang dunia pemasaran digital. Pernah menulis berbagai topik mulai dari traveling, kuliner, keuangan, otomotif hingga properti.
Gambar Tips dan trik
Solusi Miliki Hunian dengan KPR
Cicilan per bulan ringan, proses cepat, banyak pilihan bank, dan masih banyak lagi!
Ajukan KPR
Gambar Tips dan trik
Pindah / Take Over KPR
Saatnya pindah KPR (take over) ke bank lain dengan bunga tetap.
Ajukan Take Over
Gambar Tips dan trik
Simulasi KPR
Cek estimasi pembiayaan kredit rumah dengan kalkulator KPR Rumah123.
Hitung Sekarang

Hunian Dijual di Semarang

Sewa Hunian di Semarang

Bagikan
Gagal menyimpan properti
Silahkan login/register untuk menyimpan properti lebih banyak