Kota Medan

Berdiri
Berdiri(01-7-1590)
Populasi
Populasi(2,460,858)
Kecamatan
Kecamatan(21)
Kelurahan
Kelurahan(151)
UMK
UMK(3,370,645)

Tentang Kota Medan

Medan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara, sekaligus juga menjadi kota terbesar ketiga setelah DKI Jakarta dan Surabaya. Kelahiran Kota Medan diawali dari sebuah kampung di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura. Selanjutnya, Medan beralih menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Deli, Kerajaan Melayu.

Setelah perjalanan sejarah yang cukup panjang, Medan akhirnya berubah status menjadi kota, yang diberikan oleh Pemerintah Hindia Belanda di tahun 1909. Perubahan status ini jugalah, yang membuat Medan menjadi pusat pemerintahan Karesidenan Sumatera Timur.

Memasuki era kolonial, Medan menjadi kota yang begitu penting di luar Pulau Jawa. Ini dikarenakan Pemerintah Belanda membuka perusahaan perkebunan secara massif di kota ini. 

Kota Medan.webp

Pesatnya perkembangan Medan hingga hari ini, tak terlepas karena perannya sebagai kota perdagangan, industri, serta bisnis di Indonesia.

Sehingga tak heran pula kalau Kota Medan memiliki infrastruktur yang lengkap. Di antaranya terdapat Pelabuhan Belawan, Bandara Internasional Kuala Namu serta stasiun kereta api dan akses tol. Ini membuat Medan sekaligus menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat. 

Selain itu, Medan juga menjadi jalur utama perdagangan domestik dan internasional (ekspor – impor) karena posisinya yang strategis.

Secara geografis, Kota Medan memiliki luas 26.510 hektare, dan berbatasan dengan Selat Malaka serta Kabupaten Deli Serdang. Berbatasan dengan kawasan yang kaya akan sumber daya alam (SDA) terutama pada sektor perkebunan dan hutan, membuat Kota Medan mampu menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dari segi ekonomi.

Tak hanya menarik dari segi lokasi, Medan juga memiliki pertumbuhan penduduk yang pesat yakni mencapai 2.036.018 jiwa (data kependudukan tahun 2005) dan terdiri dari multietnis. Penduduk di sini berasal dari latar belakang budaya dan agama yang beragam. Misalnya saja  Batak, Melayu, Karo, Jawa, Minangkabau, Tionghoa bahkan India.

Medan Kota.webp

Melihat ke belakang, di tahun 1918 Kota Medan memiliki penduduk sebanyak 43.828 jiwa, yang terdiri dari 409 orang keturunan Eropa, 35.009 orang Indonesia, 8.269 keturunan Tionghoa, serta 139 berasal dari berbagai ras lainnya. 

Jadi, sejak dulu Medan sudah dihuni oleh penduduk dengan latar belakang budaya serta agama yang berbeda, dan hingga kini tetap bisa menjaga toleransi.

Hal menarik lainnya dari Kota Medan adalah destinasi wisata, khususnya yang bernilai sejarah. Terdapat banyak bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas Belanda, seperti Kantor Pos Medan, Gedung London Sumatra, Istana Maimun serta masih banyak lagi. 

Selain wisata sejarah, kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata kuliner yang terbilang ikonik. Misalnya Bika Ambon, Soto Medan, Lemang dan lainnya.  Medan juga terkenal sebagai surganya buah durian. Biasanya, buah durian Medan berasal dari Bahorok, Sidikalang, Simalungun, Pematang Siantar, dan Sibolga. Durian khas Medan terkenal akan ukurannya yang besar, serta kelezatannya.

Berkat warisan kuliner yang terkenal, Kota Medan juga digadang-gadang akan menjadi “The Kitchen of Asia”, yakni pusat wisata kuliner yang tidak hanya diperuntukan bagi wisatawan domestik, namun juga mancanegara.
Dengan segala keunggulan di atas, tak heran bila banyak orang semakin tertarik untuk tinggal atau bahkan berinvestasi di Kota Medan. Apalagi jika mengingat Kota Medan sebagai jalur perdagangan dan pusat industri yang tentunya memberi pengaruh positif pada nilai properti.

Bagi yang  tertarik beli rumah di kota ini, Rumah123.com memiliki sederet rekomendasi hunian berkualitas dengan spesifikasi, desain, hingga rentang harga kompetitif, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pendidikan di Medan

USU

Medan Baru

Politeknik Negeri Medan

Medan Baru

SMA 1 Sutomo Medan

Medan Kota

SMA Methodist 3 Medan

Medan Timur

Poltekkes Medan

Medan Tuntungan

Pusat Kesehatan di Medan

RS Advent Medan

Medan Petisah

RS Royal Prima Medan

Medan Petisah

RS Siloam Dhirga Surya

Medan Petisah

Akses & Transportasi di Medan

Stasiun
Stasiun
Terminal
Terminal
Toll
Toll
Pelabuhan
Pelabuhan

Transportasi di Medan

ALS Medan

Medan Amplas

Pelabuhan Belawan

Medan Belawan

Stasiun Pulo Brayan

Medan Deli

Terminal Pinang Baris

Medan Sunggal

Stasiun Medan

Medan Timur

Pusat Perbelanjaan di Medan

Cambridge City Square

Medan Baru

Lippo Plaza Medan

Medan Polonia

Focal Point

Medan Selayang

Manhattan Time Square

Medan Sunggal

Centre Point Mall

Medan Timur

Tempat Wisata di Medan

Tjong A Fie Mansion

Medan Barat

Museum Uang Sumatera

Medan Kota

Zoo Medan

Medan Maimun

Danau Siombak Marelan

Medan Marelan

Tempat Ibadah di Medan

Masjid Raya Al-Mashun

Medan Kota

Kuil Shri Mariamman

Medan Petisah

Graha Maria Annai Velangkanni

Medan Tuntungan

Cuaca & Lingkungan di Medan

Suhu
Suhu(22° - 32°C)
Angin
Angin(18 km/jam)
Humiditas
Humiditas(68%)
Index UV
Index UV(Ekstrem)
Luas
Luas(265,1 km²)

Jumlah Penduduk di Medan

sumber: pemkomedan.go.id

Data Per Kecamatan
  • Medan Tuntungan
  • Medan Johor
  • Medan Amplas
  • Medan Denai
  • Medan Area
  • Medan Kota
  • Medan Maimun
  • Medan Polonia
  • Medan Baru
  • Medan Selayang
  • Medan Sunggal
  • Medan Helvetia
  • Medan Petisah
  • Medan Barat
  • Medan Timur
  • Medan Perjuangan
  • Medan Tembung
  • Medan Deli
  • Medan Labuhan
  • Medan Marelan
  • Medan Belawan

Pertanyaan Seputar Kota Medan

Mengapa harus membeli rumah di Medan?

Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia dan terbesar di Sumatera. Perkembangan Kota Medan dari segi ekonomi dan industri juga terbilang pesat.

Bagaimana cara menemukan kawasan ideal sebagai tempat tinggal di Medan?

Salah satu cara menemukan kawasan yang tepat untuk hunian adalah dengan melakukan survey secara langsung. Selain itu itu juga bisa mengunjungi situs Rumah123.com untuk memperoleh info properti lebih cepat dan mudah.

Tipe hunian apa saja yang ada di Medan?

Selain rumah tapak, di Medan ada juga apartemen hingga villa.

Hunian Dijual di Medan

Hunian Disewakan di Medan

Hunian Pilihan di Medan

Java House
Java House
Selengkapnya
Gagal menyimpan properti
Silahkan login/register untuk menyimpan properti lebih banyak