Desain Rumah Industrial Low Budget, Sederhana tapi Penuh Gaya

Desain Rumah Industrial Low Budget

Foto: decorilla

 

Desain arsitektur industrial dengan cepat menjadi salah satu gaya desain populer. 

 

Tampilannya, memungkinkan semua komponen, mulai dari perabotan dan pencahayaan hingga dinding dan lantai ditampilkan dengan kesan berani. 

 

Konsep apa adanya, berfokus pada kenyamanan dan fungsionalitas menjadi daya tarik utama dari desain rumah industrial.  

 

Meskipun dari luar gaya arsitektur ini nampak sederhana, ternyata ada banyak detail yang harus dipertimbangkan, mulai dari dekorasi, perabotan, dinding, langit-langit, hingga material asli berkualitas tinggi.

 

Semua elemen tersebut yang membuat rumah industrial memiliki biaya bangun rumah yang mahal.

 

Sudah jadi rahasia umum bahwa anggaran terbatas berujung pada hasil desain yang tak sesuai keinginan.

 

Meski begitu, Anda masih bisa miliki hunian ini dengan bujet ekonomis, cukup mainkan kreativitas dan sentuhan yang mendekati gaya rumah ini.

 

Agar tak salah, di bawah ini kami menyajikan beberapa ide desain rumah industrial low budget yang bisa Anda tiru.

Ide Desain Rumah Industrial Low Budget

Desain Rumah Industrial dengan Material Batako

1-Desain Rumah Industrial dengan Material Batako

Foto: archdaily

 

Dibandingkan gaya arsitektur lainya, rumah industrial mudah dikenali dari materialnya, seperti dinding yang dibiarkan terekspos.

 

Seperti contoh di atas, rumah industrial sederhana tersebut menampilkan kesan simpel lewat beton batako yang dibiarkan begitu saja tanpa diberi cat maupun plester.

 

Dan jika Anda perhatikan dengan seksama, tampilan yang kuat tapi tetap artsy begitu pas dengan furnitur yang ringkas.

 

Bukan hanya tampilan, tapi ada banyak keunggulan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan bahan ini, yaitu:

 

- Ukuran batako beton lebih besar dan rapi dibanding jenis batako lainnya. Tentu saja ini merupakan keuntungan karena ukuranya Anda bisa menghemat material dan waktu pemasangan

- Bahan-bahan dalam pembuatan beton batako lebih kedap air sehingga meminimalisir rembesan air hujan

 

2-Desain Rumah Industrial dengan Material Batako

Foto: archdaily

 

Desain rumah industrial low budget satu ini bisa jadi cara yang tepat untuk ciptakan hunian industrial tanpa mengeluarkan biaya berlebih.

 

Kisaran harga materialnya pun masih aman di kantong. Untuk harga satuan saja berkisar Rp1.100 sampai Rp4.500, dan khusus untuk batako hebel bisa mencapai Rp745.000 per kubik.

 

Dengan harga materialnya yang ekonomis, Anda tinggal menyesuaikan ukuran ruang yang akan dibuat atau dimodifikasi.

 

Selain batako, Anda juga bisa memilih dinding beton ekspos, seperti halnya di Cluster Green Lake di kawasan Jatiasih Central City.

 

Di cluster tersebut Anda dapat menemukan kombinasi apik beton unfinished dengan aluminium yang jadi material utama dari rumah dijual di Bekasi ini. 

Material Batu Bata Ekspos untuk Rumah Industrial 1 Lantai

Material Batu Bata Ekspos untuk Rumah Industrial 1 LantaiFoto: archdaily

 

Masih seputar dinding rumah, selain beton batako, alternatif material dinding lain yang bisa mengubah 180o tampilan rumah adalah batu bata ekspos.

 

Titik fokus dalam merancang jenis dinding ini adalah cara pemasangan bata yang disusun secara rapi tanpa plester. Dan yang terpenting, tetap mempertahankan warna aslinya. 

 

Apa bisa menggunakan batu bata jenis biasa?

 

Tidak! Karena ada beberapa jenis bata yang tidak memiliki ketahanan tinggi dan cepat lapuk jika terlalu lama terekspos atau tanpa lapisan plester.

 

Beberapa jenis bata ekspos yang disarankan oleh pakar bangunan dan arsitek yakni bata terakota, bata tanah liat belang, batu bata pasir kapur dan bata ekspos KWD.

 

Bukan hanya memberikan tampilan artistik yang beda, kelebihan lain dari bata tipe ekspos adalah mampu meredam suara dan tahan api.

 

Konsep hunian unfinished seperti ini memang dikenal sebagai salah satu rumah low budget yang banyak dipakai oleh arsitek di beberapa negara.

 

Bahkan desain rumah industrial ini sudah banyak diterapkan di perumahan, salah satunya di Boston Village dan Grand Sunrise.

Lantai Semen untuk Bujet Minimalis

Lantai Semen untuk Bujet Minimalis

Foto: homeworldesign

 

Pengapliksian lantai industrial semen ekspos jadi salah satu elemen penting untuk menciptakan desain rumah industrial yang ekonomis.

 

Alih-alih memasang lantai bermotif, lantai unfinished bisa dibilang cukup menarik dengan hasil akhir yang praktis dan sederhana.

 

Apabila Anda tertarik untuk menerapkannya pada lantai rumah, sebaiknya pastikan finishing semen ekspos dilapisi cairan khusus atau coating

 

Lapisan ini berfungsi agar semen tahan terhadap gesekan dan mudah dibersihkan. Juga berfungsi untuk melindungi semen ekspos dari kondisi lembap dan cuaca ekstrim.

 

Aplikasi finishing semen dinilai lebih ekonomis, karena Anda bisa menghemat biaya pembelian keramik, tegel ataupun parket. 

Susunan Kabel dan Pipa Terbuka

Susunan Kabel dan Pipa Terbuka

Foto: decoist

 

Jika kebanyakan desain rumah lebih mengutamakan tampilan simpel dan rapi misalnya dengan menyembunyikan untaian kabel yang mengganggu, beda dengan konsep industrial.

 

Beberapa kabel dirangkai dengan penutup kabel pvc, lalu di cat dengan warna dinding yang sama.

 

Setidaknya ini bisa mengurangi biaya pembobokan dinding untuk menyembunyikan rangkaian kabel.

 

Hal ini juga berlaku untuk pipa-pipa saluran air dan udara, hanya saja jika Anda ingin membuat konsep ini, sebaiknya pipa tersebut menggunakan material berkualitas agar tidak ada kebocoran yang terjadi nantinya.

Tampilkan Konsep Industrialis Lewat Furnitur Besi dan Logam

Tampilkan Konsep Industrialis Lewat Furnitur Besi dan Logam

Foto: atap.co

 

Cara ini mewakili sejarah gaya industrial yang memang terinspirasi dari gudang-gudang lama dihiasi rangkaian besi, logam, serta perabotan vintage lainnya.

 

Membuat rak besi hollow ramping langsung ke penempa besi bisa sangat menghemat pengeluaran.

 

Pasalnya rak material besi set baja ringan tersebut bisa Anda beli dengan kisaran harga di bawah Rp1 juta. Atau bisa juga Anda manfaatkan rak pipa besi sebagai partisi ruangan.

 

Begitu juga dengan penggunaan logam atau material dasar metal yang akan membuat kesan rumah yang tegas namun tetap hangat.

 

Nah, semua material ini akan cocok Anda aplikasikan saat ingin mendekorasi rumah seperti di InfiniHauz Banjar Wijaya.

 

InfiniHauz sendiri merupakan hunian dari Sinar Mas Land yang dibangun secara khusus bagi kaum urban.

 

Untuk desainnya sendiri, rumah  dijual di Tangerang ini memang mengusung desain industrial modern yang modern dan cantik. 

Desain Interior Maskulin dengan Warna Hitam

Desain Interior Maskulin dengan Warna Hitam-1

Foto: interiorzine

 

Buat yang enggak mau repot harus modifikasi rumah secara besar-besaran, cara terakhir untuk mendapatkan rumah industrialis ramah kantong adalah lewat permainan warna. 

 

Warna-warna utama yang mewakili semua elemen bergaya industrial adalah hitam, putih, abu-abu dan cokelat (kayu).

 

Seperti contoh di atas, Anda bisa mengecat semua ruangan dengan warna putih, lalu tentukan bagian mana saja yang harus dicat dengan warna hitam.

 

Setelah semuanya selesai, langkah terakhir adalah menerapkan material kayu untuk menyeimbangkan ruangan yang Anda ubah tidak terlihat monoton.

 

Desain Interior Maskulin dengan Warna Hitam-2?

Foto: thesmithapartemenalamsutera

 

Kombinasi warna yang menciptakan hunian kesan maskulin tapi tetap nyaman seperti ini salah satunya bisa dilihat di Apartemen The Smith.

 

Untuk interior, warna hitam yang dominan tampak begitu kontras dengan sentuhan kayu untuk menetralkan ruangan. Pencahayaan yang dibuat tersembunyi pun makin mempercantik area dapur.

 

 

Itu dia informasi mengenai inspirasi desain rumah industrial low budget yang bisa Anda tiru. Selamat mencoba!

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya