5 Desain Ruang Musik di Rumah yang Bisa Ditiru

ruang musik di rumah

?Foto : housessive.com

 

Hobi menjadi salah satu hal penting yang dapat membuat siapapun jadi lebih bahagia, serta bisa juga menjadi melepas penat dan stres setelah sibuk bekerja atau berkegiatan seharian.

 

Menekuni hobi tentu menyenangkan, apalagi jika suasana sekitar mendukung Anda dalam hal tersebut.

 

Benar sekali, beberapa hobi membutuhkan berbagai peralatan hingga ruangan khusus, agar orang yang menekuninya jadi lebih fokus dan tidak terganggu oleh distraksi dari dunia luar.

 

Salah satu hobi yang membutuhkan space khusus adalah musik. Jika menekuni hobi satu ini, tentu Anda setuju bahwa musik membutuhkan konsentrasi lebih dan peralatan yang tak sedikit.

 

Karena itu agar hobi Anda tidak terganggu dan mengganggu orang lain, maka kehadiran ruang musik bisa menjadi solusi.

 

Lantas, bagaimana caranya membuat ruang musik di rumah? Gampang, berikut berbagai tips dan inspirasi yang bisa Anda sontek.

Ruang Musik di Loteng

Ruang Musik di Loteng

Foto : housessive.com

 

Punya loteng di rumah? Daripada terbengkalai dan jadi sarang penyakit, lebih baik sulap loteng tersebut menjadi ruang musik, seperti pada inspirasi di atas.

 

Letak loteng yang bisa dikatakan cukup terpencil dan jarang dikunjungi oleh penghuni, membuatnya cocok dijadikan sebagai ruang musik.

 

Anda bisa dengan bebas menaruh berbagai alat musik seperti gitar, bass, hingga grand piano di loteng lalu memainkannya tanpa terganggu oleh orang lain.

 

Loteng juga dapat menjadi ruang musik yang tenang dan membantu Anda mendapatkan inspirasi karena jauh dari keramaian.

Panggung Musik di Rumah

Panggung Musik di Rumah

Foto : housessive.com

 

Jika keluarga Anda memiliki kecintaan terhadap musik atau memiliki hobi yang sama, maka ruang musik tertutup bukan pilihan yang tepat.

 

Alih-alih mengurung diri di dalam ruangan penuh instrumen musik, Anda seharusnya bisa nge-jam bareng keluarga pada “panggung” buatan yang ada di rumah, seperti inspirasi di atas.

 

Jika hunian terbilang luas, maka membuat panggung mini di dalam rumah bisa menjadi ide unik dan menarik. Panggung mini ini bisa menjadi spot menyalurkan bakat terpendam Anda dan keluarga. 

 

Ada acara di rumah? Panggung mini bisa menjadi tempat yang tepat untuk unjuk keahlian bermusik sambil menikmati waktu kebersamaan di rumah.

 

Baca juga:

Panduan Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Bekerja Lebih Nyaman

Ruang Musik Sederhana di Rumah

 Ruang Musik Sederhana di Rumah

Foto : trendey.com

 

Siapa bilang ruang musik di rumah harus selalu luas dan penuh dengan instrumen?

 

Meletakkan alat musik favorit seperti piano di ruang tengah atau sudut tertentu, membuat tampilannya secara keseluruhan begitu nyaman dan homey.

 

Anda bisa mengombinasikan warna-warna hangat seperti coklat dan abu untuk membuat ruangan tampak nyaman namun tidak terkesan berlebihan.

 

Warna putih yang dominan juga bisa menjadi tone yang tepat untuk membuat ruangan lebih cerah.

Ruang Musik di Rumah Bergaya ‘Gallery

Ruang Musik di Rumah Bergaya Gallery

?Foto : trendey.com

 

Tidak punya space khusus untuk menaruh berbagai koleksi gitar yang Anda punya? Gantungkan saja. Namun tunggu dulu, Anda tidak boleh asal menggantung gitar di sembarang tempat.

 

Inspirasi ruang musik di rumah satu ini bisa jadi ide cemerlang, pasalnya Anda bisa menciptakan galeri musik kecil di ruang tengah dengan menggunakan lemari kayu layaknya display.

 

Selain membuat tampilan ruangan jadi lebih rapi dan teratur, Anda juga bisa menjadikan gitar-gitar sebagai dekorasi menarik bak galeri seni.

 

Bagaimana, terlihat begitu cantik bukan?

Studio Sekaligus Ruang Musik

Studio Sekaligus Ruang Musik

Foto : trendey.com

 

Hobi bermusik tidak selalu tentang bermain instrumen, ada pula orang yang hobi membuat musik dan juga bermain dengan perangkat-perangkat lebih modern.

 

Jika Anda salah satunya, maka studio musik adalah salah satu ruangan yang tepat. Karena selain bisa bermain musik secara leluasa, Anda juga bisa membuat komposisi musik dan lagu sendiri.

 

Studio musik tak perlu terlalu luas, Anda hanya membutuhkan berbagai perangkat dan alat musik yang sering digunakan, lalu meletakkannya dengan rapi bersama meja dan kursi yang nyaman.

 

Ingin studio terasa lebih berwarna? Anda bisa menambahkan lampu neon yang menjadi sumber penerangan studio musik.

 

Jangan lupakan juga peredam suara, agar kegiatan bising dalam ruangan tidak mengganggu yang lain.

 

Salah satu residensial yang ideal untuk membangun ruang musik atau studio adalah Caelus BSD City.

 

Dengan luas bangunan 248 m² dan lima kamar tidur, Anda bisa melakukan sedikit renovasi pada salah satu ruang untuk dijadikan ruang musik.

 

Demikian beberapa desain ruang musik di rumah yang bisa dijadikan referensi. Jika tertarik memiliki hunian nyaman dengan segala fasilitas lengkap, coba tengok menu Perumahan Baru di Rumah123.

 

Di dalamnya tersedia beragam pemukiman nyaman dengan berbagai fasilitas dan pilihan harga, seperti Grand Riscon Rancaekek, The Grand Stand Apartment, hingga Dago Village.

 

Baca juga:

Inspirasi Ruang Santai Belakang Rumah. Bisa jadi Tempat Meditasi

 

 

Author:

Citra Purnamasari