Cara Menata Pantry Minimalis agar Terlihat Rapi dan Cantik

Pantry MinimalisFoto : closetslasvegas.com

 

Istilah pantry mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia, padahal sebenarnya pantry merupakan ruang penyimpanan untuk alat masak dan bahan makanan sebelum diolah.

 

Mungkin sudah banyak yang memiliki ruangan satu ini, terutama di rumah-rumah berukuran besar. Biasanya pantry dilengkapi dengan kabinet atau lemari sebagai tempat penyimpanan.

 

Di rumah-rumah Eropa atau Amerika, kehadiran pantry juga berfungsi sebagai tempat untuk menghidangkan makanan lebih sederhana misalnya wine, charcuterie, cemilan dan lain-lain.

 

Bahkan, pantry juga kerap dilengkapi dengan mini bar sebagai area untuk minum-minum sambil menyantap makanan ringan.

 

Meski bukan menjadi tempat untuk memasak layaknya dapur basah, namun tampilan dan kebersihan pantry juga harus diperhatikan.

 

Desain untuk pantry juga beragam, salah satu yang cukup populer adalah gaya minimalis.

 

Pantry minimalis bisa jadi solusi desain yang tepat untuk rumah-rumah masa kini yang mengusung konsep serupa. 

 

Kendati demikian, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menata pantry. Apa saja? Mari simak ulasannya!

Sesuaikan Ukuran Lemari atau Kabinet dengan Luas Ruangan

Sesuaikan Ukuran Lemari atau Kabinet dengan Luas Ruangan

Foto : designcafe.com

 

Sebelum membuat pantry minimalis, sebaiknya Anda harus memiliki perhitungan yang tepat mengenai luas ruangan untuk menyesuaikan ukuran kabinet dan lemari yang akan digunakan.

 

Jika ingin membangun pantry dari nol, Anda harus menyiapkan area yang cukup dan dekat dengan dapur. Jangan sampai terlalu sempit sehingga pantry tidak bisa digunakan secara maksimal.

 

Setelah ruangannya siap, Anda tinggal menyediakan lemari dan kabinet dengan ukuran yang sesuai. 

 

Peletakkan lemari seperti pada gambar di atas juga cocok untuk ruangan yang sempit, selain itu tata letak seperti ini sangat pas untuk pantry minimalis.

Sesuaikan dengan Suasana Dapur

 

Warna cat dinding dan suasana dari pantry bisa juga disesuaikan dengan tampilan dapur utama. Nuansa yang senada akan menambah kesan rapi dan tertata baik pada pantry maupun dapur.

 

Apalagi jika rumah Anda memiliki gaya minimalis yang dominan, termasuk pada bagian dapur, maka membuat pantry minimalis tidak akan terlalu sulit.

 

Agar konsep minimalisnya terasa kuat, jangan lupa untuk menggunakan warna netral sebagai warna cat dinding seperti putih, hitam, coklat, beige dan lain-lain.

 

Menyelaraskan tampilan juga akan mempermudah Anda dalam hal perawatan, karena menggunakan material, perabotan, dan elemen dekoratifnya yang identik.

 

Baca juga:

Cara Pintar Mengakali Dapur Kecil di Rumah

Penggunaan Lemari atau Rak Terbuka

Penggunaan Lemari atau Rak TerbukaFoto : closetworksinc.com

 

Menggunakan rak atau lemari terbuka bisa jadi tips yang tepat untuk membuat pantry minimalis. 

 

Mengapa demikian? Karena selain mempermudah dalam menemukan barang atau perkakas yang dibutuhkan, Anda juga lebih nyaman dalam mengambilnya.

 

Jika pantry minimalis Anda didominasi oleh satu warna, maka barang-barang yang ditata di rak bisa sekaligus menjadi dekorasi yang menarik, lho.

Gunakan Floating Shelf 

Gunakan Floating ShelfFoto : thespruce.com

 

Apakah Anda tinggal di hunian yang berukuran lebih sempit atau di apartemen dan ingin memiliki pantry? Tak masalah, Anda hanya harus lebih kreatif dalam memilih perabotan yang tepat.

 

Misalnya dengan menggunakan floating shelf, alih-alih lemari yang besar dan memakan banyak ruang. Menggunakan floating shelf membuat pantry minimalis senantiasa nampak rapi dan bersih.

Bagi ke dalam Area Berbeda

 

Kelompokan berbagai barang di dapur sesuai dengan jenisnya, misalnya bumbu dapur pada satu rak, alat makan di kabinet berbeda, dan seterusnya.

 

Pengelompokan ini akan memudahkan Anda dalam menemukan barang yang diinginkan.

 

Untuk menciptakan kesan yang lebih minimalis, jangan lupa gunakan toples atau wadah pada bumbu dapur yang terbuat dari kaca dengan tampilan senada.

Tidak Perlu Menggunakan Pembatas Antara Dapur dengan Pantry

 

Gaya minimalis juga mengacu kepada konsep keterbukaan pada ruangan. Karena itu, penggunaan sekat tidak begitu banyak diterapkan pada rumah minimalis.

 

Begitu juga di pantry minimalis, tak perlu ada pembatas yang nyata antara area pantry dengan dapur, sehingga diperlukan nuansa yang sama antara kedua area in.i

 

 

Membuat pantry minimalis memang tidak mudah, dibutuhkan perencanaan dan eksekusi yang benar ketika menciptakan pantry, yang tidak hanya fungsional namun cantik. 

 

Jika Anda tidak ingin repot membangun pantry dari nol, maka ada rekomendasi hunian vertikal yang sudah dilengkapi pantry cantik, misalnya Signature Park Grande atau The Parc yang jadi pilihan apartemen di Tangerang Selatan.

 

Itulah beberapa tips menciptakan pantry minimalis, rapi, dan cantik yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga membantu dan selamat mencoba!

 

Baca juga:

6 Desain Kitchen Set yang akan Populer 2021. Siap Renovasi Dapur?

 

 

Author :

Citra Purnamasari