Panduan Tipe Rumah Dilihat dari Luas Bangunan dan Harganya

panduan tipe rumah


Mengenali tipe rumah berdasarkan luas bangunannya menjadi faktor penting ketika membeli atau membangun rumah


Tentunya Anda ingin hunian yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan.


Sebagai panduan, kami telah merangkum tipe-tipe rumah yang sering dijumpai pada iklan perumahan modern. 


Apa saja sih? Yuk, intip di bawah ini!


Tipe rumah 21/24


tipe rumah 24 foto: blog.marwahshop.com


Rumah tipe 21/24 memiliki luas bangunan 21 sampai 24 meter persegi. 


Dengan luas yang terbilang mungil ini, tipe rumah 21/24 menjadi pilihan tipe terkecil yang ditawarkan developer perumahan. Untuk luas tanahnya sendiri biasanya memiliki ukuran 4x6 dan 3x7 meter. 


Tipe rumah 21/24 ideal bagi lajang atau pasangan yang belum memiliki anak. Rumah mungil ini biasanya hanya memiliki 1 kamar tidur. 


Bagi Anda yang sedang mencari rumah untuk disewakan, rumah tipe 21/24 dapat menjadi pilihan investasi terjangkau. 


Penyewa rumah juga banyak yang mencari tipe rumah ini karena harga sewanya yang terjangkau.


Tipe rumah 36


tipe rumah 36 foto: deagamdesign.com


Rumah tipe 36 menjadi salah satu tipe rumah yang banyak dibangun pengembang karena banyaknya permintaan dari masyarakat akan rumah tipe ini. 


Apa itu rumah tipe 36? 


Tipe rumah 36 adalah rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi. Bagi banyak orang, luas rumah ini terasa pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu mahal. 


Tipe rumah 36 menjadi pilihan yang cocok bagi pasangan muda yang baru berumah tangga atau keluarga dengan 1 anak. Biasanya rumah tipe 36 memiliki 2 kamar tidur. 


Untuk ukuran luas tanahnya, kebanyakan dibangun di atas lahan 6x6. Selain type rumah 24, type rumah 36 juga cocok dijadikan investasi properti. 


Permintaan sewa rumah dengan luas ini terbilang banyak.


Type rumah 45


tipe rumah 45 foto: Pinterest


Anda memiliki keluarga kecil dan menginginkan rumah yang terasa nyaman? 


Tipe rumah 45 bisa menjadi pilihan yang cocok. Dengan luas bangunan mencakup 45 meter persegi, rumah tipe 45 memberikan rasa leluasa yang lebih baik dari rumah tipe 36. 


Kendati memiliki kamar tidur 2 buah, sama dengan tipe 36, tipe 45 menawarkan ruang yang lebih lega, nyaman sebagai hunian keluarga dengan 1 anak. Luas tanah rumah tipe 45 umumnya dibangun di atas lahan 6x7.5.


Harga rumah type 45 berbeda-beda. Bagi Anda yang mencari rumah di Jakarta, tipe ini berkisar antara Rp455 juta sampai Rp884 juta-an.


Type rumah 54


tipe rumah 54 foto: Pinterest


Anda mendambakan rumah dengan 3 kamar? Tipe rumah 54 bisa menjadi jawabannya. 


Dengan luas bangunan 54 meter persegi, rumah model ini memiliki luas yang cukup untuk membangun 3 kamar. Rumah tipe 54 pas bagi Anda yang telah berkeluarga dengan 2 anak.


Rumah dengan luas ini biasanya dibangun di atas tanah dengan ukuran 9x6 meter persegi. Dengan luas lahan demikian, rumah dapat memiliki carport yang lumayan leluasa.


Tak hanya memiliki jumlah kamar yang banyak, type rumah 54 juga memiliki ruang rumah yang lebih lega. Rumah tipe 54 menjadi pilihan favorit keluarga kelas menengah.


Cari rumah di Depok atau di Bandung? 


Harga rumah tipe 54 di Depok dapat Anda temukan mulai dari Rp275 juta sampai Rp943 juta-an. Sedangkan di Bandung, harganya di rentang Rp250 juta hingga Rp982 juta.


Tipe rumah 60

tipe rumah 60 foto: Pinterest


Tipe rumah 60 memiliki luas bangunan 60 meter persegi dengan 3 kamar tidur. Bahkan ada yang dilengkapi dengan tambahan 1 kamar tidur untuk asisten rumah tangga. 


Dengan luasnya yang lega, rumah model ini pas bagi keluarga dengan 2 anak.


Rumah tipe 60 juga biasanya memiliki pekarangan yang cukup luas. Anda yang senang berkebun dapat membuat taman di depan rumah. 


Sementara itu, untuk type rumah 60 yang dibangun di atas tanah terbatas biasanya dibangun ke atas menjadi rumah 2 lantai.


Dimensi yang cukup populer untuk pilihan rumah tipe 60 di pasaran adalah 6x10. 


Pangsa pasarnya banyak diperuntukkan bagi masyarakat menengah atas. Harga rumah type 60 dapat Anda temukan dengan harga Rp120 jutaan, tergantung lokasi dan desain tentunya.


Tipe rumah 70


tipe rumah 70


Rumah tipe 70 merupakan hunian yang ideal untuk keluarga besar. Rumah tipe ini memiliki 3 sampai 4 kamar tidur. 


Dimensi type rumah 70 bervariasi, mulai dari 7x10 sampai 5x14 meter persegi. Untuk mengakali luas lahan, umumnya rumah tipe 70 dibangun menjadi rumah 2 lantai. 


Rumah tipe ini yang dijual di pasaran memiliki luas tanah beragam, ada tipe rumah 70/120 atau 70/150. Itu artinya luas tanahnya 120 meter persegi dan 150 meter persegi.


Harga rumah type 70 dipatok dengan harga awal beragam. 


Contohnya saja di Malang, harga rumah type 70 berkisar di harga Rp400 juta-an. Sementara di kawasan Bekasi dapat menyentuh angka Rp600 juta-an.


Tipe rumah 120


tipe rumah 120 foto: hargadepo.com


Rumah tipe 120 merupakan ukuran rumah paling lega yang dipasarkan banyak pengembang perumahan. 


Dengan luas bangunan mencapai 120 meter persegi, rumah tipe ini terasa lapang dengan 3 sampai 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi. 


Type rumah 120 dipasarkan untuk kalangan menengah atas. Harga rumah tipe 120 bervariasi, mulai dari Rp200 juta-an sampai milyaran, tergantung lokasi dan desainnya.


Nah
, itulah panduan lengkap tipe-tipe rumah dilihat dari luas bangunannya. Semoga bisa membantu Anda menentukan pilihan rumah yang cocok bagi Anda dan keluarga.


Cari rumah jadi lebih mudah di Rumah123.com, situs jual beli rumah terbaik di Indonesia. Tersedia banyak pilihan tipe rumah di berbagai kota!


Author:
Imam

Tambahkan Komentar