Rumah Art Deco, Representasi Seni dalam Hunian

rumah art deco

Foto : habitusliving.com

 

Ada banyak gaya arsitektur yang menarik, tapi jika Anda ingin hunian terlihat lebih artistik maka rumah art deco bisa jadi pilihan.

 

Mungkin istilah art deco sendiri terdengar cukup familiar terutama bagi Anda yang mengikuti perkembangan dalam desain bangunan. Gaya ini menekankan kecantikan pada bangunan namun tetap berpegang pada kesederhanaan tanpa membutuhkan banyak ornamen dekoratif.

 

Bangunan art deco banyak ditemukan pada bangunan bersejarah hingga rumah-rumah tempo dulu yang masih dipengaruhi gaya kolonial.

 

Berikut ini beberapa penjelasan lebih lengkap mengenai arsitektur art deco yang menarik untuk ketahui.

 

Lahir di Paris, Prancis

Arsitektur art deco mulai diperkenalkan pada tahun 1966 di Paris, sehingga kota ini hingga sekarang dikenal sebagai pusat seni desain art deco

 

Tak perlu menunggu lama untuk membuat desain satu ini populer. Pada tahun 1969 istilah art deco diterbitkan dalam sebuah buku karya Bevis Hillier di Amerika dengan judul yang sama.

 

Menyiratkan Kesan Modern dan Maskulin

Salah satu ciri dari arsitektur art deco ialah garis-garis tegas pada bangunan yang memberikan kesan modern dan maskulin.

 

Gaya ini juga dipengaruhi oleh revolusi industri di Inggris sehingga tak heran terdapat bentuk-bentuk geometris seperti garis lurus pada arsitektur art deco

 

Kesan kuno juga mulai hilang begitu gaya desain satu ini lahir, sehingga bisa dibilang art deco merupakan salah satu pencetus lahirnya gaya modern pada bangunan.

 

Art Deco Tak Melulu Soal Bangunan

Jika Anda beranggapan bahwa art deco hanya berbicara soal bangunan maka anggapan ini kurang tepat. 

 

Pasalnya art deco merupakan cabang desain yang meliputi fashion, perhiasan, bentuk kamera, hingga mobil yang begitu populer saat itu.

 

Pengaruh dari gaya ini amatlah besar, mengingat peralihan dari desain kuno klasik menuju modern amatlah digemari oleh masyarakat di Eropa hingga Amerika setelah revolusi industri.

 

Rumah Art Deco dan Cirinya

rumah art deco dan cirinya

 

Setelah membahas art deco secara garis besar, sekarang saatnya kita membahas mengenai inspirasi rumah art deco serta cirinya yang bisa diterapkan pada hunian.

 

Bentuk Bangunan Melengkung

Salah satu ciri mendasar rumah art deco adalah bangunannya yang berbentuk melengkung. Tak perlu menerapkan bentuk ini pada setiap sisi rumah, cukup pada bagian tertentu misalnya fasad rumah atau sisi tertentu yang mudah dilihat.

 

Megah namun Simple

Bangunan dengan gaya satu ini terlihat megah tanpa harus menambahkan banyak ornamen penghias. Kesederhanaan tetap menjadi salah satu ciri dari arsitektur art deco.

 

Bermain dengan bentuk tanpa harus terlihat berlebihan merupakan kunci utama dari desain ini. 

 

Anda bisa menciptakan atap tinggi dengan jendela besar ditambah bangunan melengkung yang membuat rumah tampak unik dan estetis.

 

Atap Datar

atap datar

Foto : stuff.co.nz

 

Salah satu ciri dari rumah art deco yang bisa Anda terapkan pada hunian ialah atapnya yang datar. Ciri unik ini juga banyak ditemukan pada bentuk bangunan masa kini yang mengusung tema minimalis dan modern.

 

Tampilan rumah dengan atap datar juga membuat hunian nampak cantik dan artistik meski dengan desain yang minimalis.

 

Salah satu perumahan yang menerapkan konsep art deco adalah Custom Homes.

 

Menarik bukan?

 

Permainan Warna dan Material

Meski modern dan simple, Anda tetap bisa berkreasi dengan berbagai material dan warna untuk rumah art deco. Misalnya, penggunaan batu bata, kaca-kaca besar, hingga beton bisa dikreasikan sedemikian rupa.

 

Warna-warna yang biasa dipakai seperti putih nyatanya bisa berpadu dengan warna terang atau gelap asal disesuaikan dengan selera pemilik.

 

Jika ingin menciptakan kesan artistik tentu Anda juga bisa menggunakan warna mencolok agar tampilan rumah jadi lebih unik.

 

Penggunaan material seperti kaca yang besar juga kerap ditemukan pada rumah-rumah art deco. Selain menambah nilai estetika, adanya kaca-kaca besar juga dapat memberikan pencahayaan yang optimal pada interior rumah.

 

Rumah Sekaligus Karya Seni

Hal yang perlu Anda ingat ketika ingin menggunakan gaya art deco pada hunian adalah desain ini terbilang artsy bak karya seni.

 

Sesuai dengan namanya, Anda bisa saja menyulap hunian seperti café yang estetis dengan mengusung konsep satu ini.

 

Jangan hanya fokus pada eksterior, bagian dalam rumah juga bisa mengusung tema serupa dengan menyertakan perabotan khas art deco atau penggunaan warna yang merepresentasikan desain ini.

 

Rumah art deco sangat cocok untuk Anda yang tidak saja ingin memiliki tempat tinggal nyaman, namun juga estetis dan unik.

 

Itulah tadi ulasan mengenai rumah art deco mulai dari sejarah hingga cirinya yang perlu Anda ketahui. Selain art deco tentu masih banyak desain hunian menarik lainnya. Langsung saja intip berbagai pilihan perumahan baru yang ada di Rumah123.

 

 

 

Author :

Citra Purnamasari

Tambahkan Komentar