OK

Mengenal Konsep Smart Living dan Rekomendasi Huniannya

Smart Living

Kemajuan berbagai aspek kehidupan turut memunculkan gaya hidup baru, seperti green living conceptsustainable living, dan smart living. 

Konsep yang terakhir itu memang cukup populer di kalangan masyarakat urban. Beberapa di antara Anda, mungkin sudah familiar dengan istilah tersebut. 

Pasalnya di kota-kota besar seperti JakartaBandung, hingga kawasan penyangga seperti Tangerang dan Bekasi, sudah banyak yang menerapkan konsep ini. 

Namun, sebenarnya apa sih konsep smart living itu? 

Secara garis besar, konsep smart living adalah cara pandang atau pola pikir yang berlandaskan kepraktisan dan efisiensi, namun menjunjung tinggi faktor kenyamanan. 

Selaras dengan padatnya aktivitas masyarakat kota besar, tentu gaya hidup serba cepat dan praktis jadi solusi untuk menunjang kehidupan sehari-hari. 

Smart living sendiri biasa kita aplikasikan dalam berbagai aspektermasuk pada hunian.

Terlebih saat ini, sudah banyak residensial yang juga mengedepankan konsep tersebut. 

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai konsep smart living serta beberapa rekomendasi perumahan dan apartemennya. 

Jika penasaran, baca ulasannya sampai selesai, ya.

Aspek dalam Smart Living

Aspek dalam Smart Living

Meski sebelumnya telah dijelaskan sekilas mengenai smart living, tapi rasanya gambaran tersebut masih terlalu luas. Memang, efisien dan praktis jadi highlight yang harus ada dalam gaya hidup ini. 

Jika spesifik berbicara tentang hunian, maka ada beberapa aspek yang wajib ada dalam properti berkonsep smart living, di antaranya.

Kenyamanan

Kenyamanan jelas menjadi kriteria atau aspek yang wajib tersedia dalam sebuah hunian, begitu juga dengan hunian smart living. 

Penghuni harus beraktivitas di dalam rumah dengan nyaman, sama halnya ketika harus berkegiatan di lingkungan sekitar tempat tinggal. 

Karena itu tata kelola lingkungan rumah haruslah dirancang sedemikian rupa, agar membuat penghuninya merasa betah.

Keamanan

Nyaman saja tak cukup, sehingga keamanan jadi aspek selanjutnya yang harus diperhatikan pada rumah berkonsep smart living. 

Perlindungan di area perumahan hingga jaminan jiwa dan harta benda dalam hunian, menjadi hal yang harus dicapai oleh properti berkonsep smart living. 

Namun, bagaimana caranya? Penggunaan teknologi jadi inovasi yang ditawarkan oleh hunian smart living.

Apakah Anda pernah smart home system? Ini adalah perwujudan nyata dari konsep tersebut. 

Mengawasi hunian, memudahkan penghuni mengendalikan banyak hal di rumah melalui gawai adalah terobosan yang cerdik, terutama bagi masyarakat masa kini yang anti repot.

Sehat

Tempat tinggal yang sehat juga jadi hal penting untuk diperhatikan.  

Konsep smart living mampu menunjang gaya hidup yang lebih sehat, karena rancangan rumahnya jamak menggunakan konsep open plan. 

Konsep ini membuat sirkulasi udara dalam hunian lebih lancar. Penggunaan jendela besar juga mampu mengoptimalkan pencahayaan alami dari luar.

Efisien

Efisien

Foto : tomorrow.city 

Membahas smart living rasanya tak lengkap, jika tidak membicarakan efisiensi. Biasanya, rumah dengan konsep ini memiliki layout yang fungsional dengan mengoptimalkan penggunaan ruang. 

Apalagi di kota besar dengan lahan sempit, inovasi bangunan yang lebih compact namun tetap berfungsi dengan baik, jadi hal yang wajib ada dalam konsep smart living. 

Selain bangunan, apa lagi yang membuat hunian smart living jadi efisien? Lokasi strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas publik serta infrastruktur vital adalah ciri hunian smart living. 

Kawasan superblok, kota mandiri, hingga properti yang terintegrasi dengan area terpadu atau TOD, ialah bukti bahwa konsep smart living semakin gencar memasuki pasar properti.

Rekomendasi Hunian Berkonsep Smart Living

Rekomendasi-Hunian-Berkonsep-Smart-Living

Setelah membahas pengertian dan aspek yang berkaitan dengan smart living, sekarang saatnya mengulas beberapa rekomendasi properti berkonsep serupa. 

Bagi Anda yang memiliki mobilitas padat dan memimpikan kenyamanan maksimal pada hunian, rekomendasi residensial berikut ini bisa jadi pilihan.

Burgundy Residence

Mengusung konsep nature smart living menjadikan Burgundy Residence sebagai tempat tinggal berkualitas di Bekasi. 

Dilengkapi solar panel energyaccess card serta panic button, tentu dapat memberikan kemudahan demi gaya hidup yang lebih sehat dan praktis. 

Tak hanya itu, akses dari perumahan ini ke Tol Jakarta – Cikampek begitu mudah. Infrastruktur tersebut dapat dicapai dalam waktu 13 menit saja. 

Burgundy Residence juga dikelilingi berbagai fasilitas publik seperti stasiun, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain.

The Sanctuary Collection

The Sanctuary Collection

Akses mudah ke KRL Commuterline dan LRT Sentul membuat The Sanctuary Collection sebagai pilihan rumah impian di Bogor. 

Bagi Anda yang ingin menunjang gaya hidup praktis, maka hunian ini bisa jadi pilihan. Suasananya nyaman dan alami karena dikelilingi panorama menyejukan seperti gunung, sungai, serta air terjun. 

Perumahan ini dibangun di atas lahan seluas 25 Ha, serta dilengkapi berbagai fasilitas mewah seperti private club dan lifestyle plaza.

Avania Residence

Tak hanya landed house, apartemen juga banyak yang mengusung konsep smart living, salah satunya Avania Residence di Jakarta Selatan. 

Hunian ini sangat cocok bagi Anda yang dinamis dan menginginkan gaya hidup praktis. 

Karena Avania Residence memiliki akses mudah ke berbagai infrastruktur seperti Gerbang Tol Cawang – Grogol, halte busway, dan bandara. 

Fasilitasnya juga lengkap sehingga Anda tak perlu meninggalkan area hunian hanya untuk berolahraga atau menghabiskan waktu senggang. 

Di dalam area apartemen ini disediakan fasilitas seperti lap pool, jogging track, beauty sauna, dan segudang fitur menarik lainnya.

Podomoro River View

Podomoro River View

Hunian yang bisa mendukung gaya hidup smart living berikutnya, adalah Podomoro River View di Gunung Putri, Bogor.

Selain unggul dari segi lanskapnya yang hijau nan sejuk, Podomoro River View juga terintegrasi dengan berbagai transportasi modern seperti Stasiun LRT dan akses tol.

Kemudahan akses ini jelas mendukung gaya hidup berbasis smart living. Sehingga bagi Anda yang punya mobilitas tinggi residensial ini bisa jadi pilihan.

Podomoro River View juga dilengkapi dengan fasilitas khas kota yang sudah prima, bahkan terdapat F&B di sepanjang area river.

Anda bisa tinggal di residensial berkonsep unik ini dengan merogoh kocek mulai dari Rp1,2 miliar.

Bagaimana, tertarik untuk memiliki hunian yang mampu memenuhi segala aspek kehidupan Anda?

Semoga bermanfaat!

 

 

Author:

Citra Purnamasari

Rekomendasi Properti