Panduan Jual Beli Properti untuk Para Pemula

jual rumah atau apartemen

 

Menjual rumah bukanlah perkara gampang terutama jika sebelumnya Anda tidak memiliki pengalaman dalam jual beli properti.


Hal tersebut sangatlah wajar mengingat banyak pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang.


Bahkan, untuk menentukan harga jual pun diperlukan strategi khusus.


Memang, harga properti kian meningkat di tiap tahunnya, namun jika ingin menjual properti, Anda perlu mengamati harga properti di sekitar.


Tak sampai di situ, Anda pun memerlukan waktu yang tepat untuk jual rumah, sekaligus perencanaan yang baik agar rumah cepat laku terjual.

 

Nah, berikut panduan jual beli properti, khususnya bagi pemula.

Waktu Terbaik untuk Jual Rumah

Waktu Terbaik untuk Jual Rumah

 

Anda yang ingin menjual properti tentu ingin mendapatkan kesepakatan harga yang tinggi dengan pembeli properti. 


Selain itu, pasti Anda menginginkan properti cepat laku dan dapat keuntungan. Maka, waktu yang tepat untuk jual properti pun perlu dipikirkan.


Lalu kapan waktu terbaik untuk jual rumah? Simak penjelasan di bawah ini!

Saat Suku Bunga Turun


Harga jual rumah akan berbeda-beda di berbagai daerah.


Bahkan untuk yang terdapat di satu kawasan pun, rumah akan memiliki harga jual yang beragam. 


Hal tersebut didukung berbagai faktor, salah satunya lokasi strategis dan fasilitas publik lebih dekat rumah.


Bagi yang ingin membeli rumah, misalnya dengan cicilan melalui KPR, tentu perlu memperhitungkan pertimbangan biaya saat ingin membeli, salah satunya .


Artinya, para pembeli akan mencari biaya cicilan yang lebih ringan dengan suku bunga yang rendah.


Maka dari itu, waktu terbaik untuk menjual rumah adalah saat suku bunga perbankan turun sehingga banyak orang yang ingin membeli rumah di waktu seperti ini dan tentunya Anda bisa menjual rumah secara cepat sekaligus dengan harga terbaik.

 

Tips satu ini juga berlaku ketika ingin membeli hunian, pasalnya bagi Anda yang ingin membeli properti tentu tingkat suku bunga dapat mempermudah Anda dalam membayar cicilan nantinya.

Panduan Jual Beli Properti

tips jual properti

 

 

Setelah mengetahui timing paling tepat untuk menjual rumah, berikut ini adalah tips jual properti secara gratis, lalu cara menentukan harga dan lain sebagainya.


Simak selengkapnya berikut ini!

Tips Jual Properti

 

Menjual di Situs Properti 


Berkembangnya teknologi dewasa ini dapat Anda manfaatkan untuk menjual properti di pelbagai situs properti terkemuka.


Anda dapat menggunakan fasilitas berupa situs properti yang bisa diakses secara gratis.


Salah satu situs properti yang bisa Anda gunakan adalah Rumah123 dimana Anda bisa mengiklankan rumah dengan gratis dan efisien.


Keuntungan menjual rumah di situs properti  adalah Anda dapat memaksimalkan pemasaran properti hanya dengan melengkapi deskripsi rumah.


Seperti info lokasi, spesifikasi rumah (luas, ukuran, jumlah kamar tidur, kamar mandi, dapur) termasuk memasang foto properti yang ingin dijual.


Selain itu, Anda pun bisa bekerja sama dengan para agen properti jika dirasa masih memerlukan jasa profesional untuk menjual rumah.

Menentukan Harga 

menentukan harga rumah

 

Anda dapat menentukan harga properti yang ingin dijual berdasarkan harga pasar dan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak).


NJOP akan menjadi patokan dasar untuk menentukan harga jual. 


Karena biasanya NJOP akan menjadi dasar untuk menentukan PBB yang diterapkan oleh pemerintah setempat.


Tentunya setiap daerah pun memiliki nilai NJOP yang berbeda-beda. Biasanya NJOP akan memiliki taksiran nilai harga rumah dan bangunan yang dihitung berdasarkan luas dan zona dari rumah tersebut. 


Selain itu, Anda bisa  menentukan harga jual dengan cara melakukan survei terlebih dahulu pada perencanaan pengembangan wilayah di sekitar Anda, sekaligus harga rumah atau properti di sekitar kawasan.


Jika ada rencana pembangunan infrastruktur baru seperti jalan, pasar, sekolah atau kampus di dekat lokasi wilayah properti yang hendak Anda jual, sebaiknya Anda tunggu sampai rencana tersebut rilis ke publik.


Setelah itu barulah Anda jual karena harga properti pun akan terdongkrak dengan sendirinya.


Selain itu, jika di sekitar Anda terdapat proyek rumah atau apartemen yang hendak dibangun, Anda dapat mengecek harga proyek lalu jadikan selisih harganya sebagai perbandingan untuk patokan harga jual.

Mengecek Kondisi Properti


Tips sebelum menjual rumah, pastikan Anda melakukan pengecekan kondisi properti melingkupi kondisi internal dan eksternal.


Jika Anda merasa properti yang hendak dijual memiliki kondisi yang tidak menguntungkan pembeli, sebaiknya Anda melakukan perbaikan atau renovasi terlebih dahulu.


Terutama pada bagian-bagian yang paling sering dikunjungi dan terlihat seperti dapur, kamar mandi, atap, langit-langit, kamar tidur, teras, aliran air, sambungan listrik dan lain sebagainya.


Selain kondisi rumah, ada baiknya Anda melakukan pengecekan ulang berupa surat-surat seperti pajak rumah dan kelengkapan administrasi legalitas serta sertifikat rumah.

Tips Beli Rumah atau Apartemen

 

Setelah mengetahui beberapa tips menjual properti, panduan jual beli properti selanjutnya akan membahas mengenai tips beli rumah atau apartemen.

Tentukan Jenis Properti yang Tepat

 

Tips membeli properti yang pertama adalah Anda wajib menentukan jenis properti seperti apa yang dibutuhkan.

 

Jika membutuhkan tempat tinggal yang kompak dengan fasilitas lengkap maka apartemen bisa jadi pilihan, namun jika Anda menginginkan kepemilikan hunian sekaligus tanah maka rumah tapak adalah jawabannya.

Tentukan Lokasi yang Sesuai

 

Memilih properti tak semata-mata terpusat pada kondisi fisik bangunan atau fasilitas internal yang tersedia.

 

Salah satu tips jual beli properti yang tak kalah penting adalah menentukan lokasi yang tepat. Baik jual atau beli tentu Anda harus cermat menentukan apakah lokasi dari properti tersebut strategis atau tidak.

 

Selain memudahkan aktivitas, lokasi yang strategis juga akan meningkatkan nilai investasi dari properti tersebut. Anda bisa memilih properti di sejumlah kawasan yang potensial misalnya rumah dijual di Tangerang atau rumah dijual di Surabaya.

Gunakan Situs Properti

situs properti

 

Tidak hanya memudahkan Anda dalam menjual rumah atau apartemen, kehadiran situs properti pun dapat memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin membeli properti.

 

Di Rumah123 misalnya, ada banyak listing properti mulai dari rumah hingga apartemen yang bisa Anda pilih.

 

Anda juga bisa menentukan kriteria properti seperti apa yang tepat berdasarkan lokasi, rentang harga, dan kondisinya (baru atau bekas).

 

Ada juga verified listing pilihan yang terpercaya sehingga Anda tak perlu takut akan resiko penipuan.

Cek Kondisi Properti

 

Ketika membeli properti tentu kita wajib mengecek kondisinya terlebih dahulu. Riset atau hanya melihat dari foto saja tidak cukup, Anda tentu harus melihat kondisi properti apakah tergolong layak atau tidak.

 

Jangan sampai Anda tidak mengecek kondisi properti secara langsung dan ternyata ditemukan banyak kerusakan sehingga Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk renovasi.

 


Nah, itulah panduan jual beli properti yang bisa informasi untuk Anda, khususnya untuk pemula. Semoga bermanfaat, ya!