Ide Smart Furniture untuk Hunian Lebih Luas dan Nyaman

contoh smart furniture

foto: houzz

 

Di era saat ini perkembangan desain interior menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembangunan atau pemilihan hunian, mulai dari rumah hingga apartemen.

 

Tren desain interior yang paling diminati adalah penggunaan smart furniture untuk menyiasati keterbatasan ruangan.

 

Buat Anda yang menginginkan furnitur praktis, efisien, terintegrasi dengan teknologi yang canggih dan fungsional, smart furniture jadi jawaban yang tepat.

 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi ketika ingin memulai merancang hunian terbaik, karena furnitur ini akan memudahkan setiap aktivitas di rumah.

 

Konsep Smart Furniture bagi Hunian

konsep smart furniture

foto: dazeen

 

Untuk Anda yang belum tahu alasana smart furniture sangat diminati oleh banyak orang, terutama di rumah minimalis dan apartemen studio, berikut beberapa kelebihannya:

 

Fungsionalitas

Memanfaatkan jenis perabotan yang memiliki fungsi lebih dari satu pastinya sangat efisien dari segi waktu dan pekerjaan, dari pada harus memilih perabotan yang terpisah.

 

Hemat Ruang

Tinggal di apartemen studio atau rumah tipe 21, pastinya akan membuat Anda berpikir dua kali dalam memilih barang-barang untuk mengisi interior rumah.

 

Selain itu, Anda juga akan dihadapi dengan dilema tata letak yang tepat serta masalah penyimpanan barang yang sudah dibeli sebelumnya.

 

Kejadian di atas jelas tidak akan Anda temukan jika memilih smart furniture yang bisa menghemat ruangan dengan memberikan fungsionalitas secara maksimal.

 

Kenyamanan

Ruangan yang tertata rapi dengan tampilan interior rumah yang luas pastinya akan menambah kesan nyaman saat Anda sendirian atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

 

Hal ini dikarenakan smart furniture mampu menyembunyikan peralatan yang merusak pemandangan dengan space penyimpanan yang besar.

 

Berbasis Teknologi

Hampir semua smart furniture terintegrasi pada aksesibilitas internet yang tersambung pada perangkat, sensor dan peralatan tertentu. Semua perangkat ini bisa Anda temukan di konsep smart home.

 

Tapi, Anda juga bisa menemukan beberapa smart furniture modular dan cara kerjanya masih manual serta membutuhkan tenaga manusia.

 

Contoh Desain Smart Furniture

Ranjang Tingkat

smart furniture ranjang tingkat

foto: pinterest

 

Ranjang tingkat memang dikenal sebagai salah satu furnitur yang sangat cocok digunakan di apartemen studio ataupun kamar sempit.

 

Tingkatan ranjang tidak hanya diisi dengan kasur, tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai area belajar atau ruang kerja mini yang multifungsi.

 

Salah satu apartemen yang menggunakan ranjang ini ada di Apartemen Green Pramuka City di Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki anak.

 

Menariknya, ranjang tingkat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai area bermain anak atau tempat penyimpanan barang tanpa harus menggunakan area lain.

 

Furnitur TV Berputar

smart furniture tv putar

foto: pinterest

 

Anda butuh tempat penyimpanan lebih untuk menampung barang penting, tapi tidak memiliki tempat yang cukup?

 

Tenang, Anda bisa memanfaatkan kabinet yang bisa dijadikan sandaran TV dan membuat barang yang disimpan tidak terlihat dan muat karena kapasitas penyimpanan yang banyak.

 

Cara kerja dari furnitur ini, yaitu ketika ingin mengambil barang, Anda bisa memutar TV ke arah kiri.

 

Sobro Cooler Coffee Table

smart furniture sobro cooler tv table

foto: Pinterest

 

Jika Anda biasanya menemukan meja kopi dengan fitur multifungsi yang bisa menyimpan buku atau pernak pernik kecil di bawahnya, kali ini produk smart furniture dari Sobro memberikan fungsi yang lebih menakjubkan, yakni laci meja yang difungsikan sebagai pendingin atau cooler untuk minuman.

 

Lalu, meja juga dilengkapi dengan beberapa sokat dan USB internal yang bisa mengecas smartphone, laptop dan perangkat elektronik lainnya.

 

Jadi, Anda tidak perlu repot meninggalkan sofa empuk dan fokus bekerja karena semuanya tersedia di depan mata.

 

Furnitur Dinding

smart furniture dinding

foto: pexels

 

Anda merasa kurang nyaman dengan kabinet atau rak penyimpanan yang menyatu dengan lantai?

 

Ingin menciptakan rak anti mainstream dengan mengedepankan fungsinya?

 

Anda bisa pilih rak semi terbuka yang menempel di dinding. Selain tampilan yang unik, Anda tidak perlu khawatir mengenai kaki kabinet yang akan meninggalkan bekas di lantai keramik atau kayu.

 

Selain banyaknya pilihan penyimpanan, smart furniture ini juga sangat mudah dalam perawatannya.

 

Itulah beberapa konsep dan contoh desain smart furniture yang bisa Anda pilih sebagai salah satu pelengkap desain interior rumah.

 

Buat Anda yang ingin mendapatkan hunian dengan konsep smart furniture hingga konsep smart home, Anda bisa temukan berbagai jenis pilihan properti rumah dan apartemen di Rumah123.

 

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Author:
Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar