OK

Rumah Compact, Solusi Cerdas Hunian di Lahan Terbatas

rumah-compact

Foto: archdaily

Banyaknya jenis arsitektur yang muncul saat ini memberikan solusi bagi masyarakat urban, terutama yang ingin memiliki rumah minimalis dengan bujet terbatas.

Bahkan terdapat konsep rumah yang didesain khusus untuk satu penghuni atau pasangan yang baru menikah. Konsep ini dikenal sebagai konsep rumah compact.

Konsep rumah ini pun menjadi selling point yang sering ditawarkan oleh developer untuk menarik minat pembeli, terlebih mengingat keterbatasan lahan di kota-kota besar.

Agar lebih jelas terkait desain arsitektur yang satu ini, yuk kita simak bersama-sama ulasan lengkapnya di bawah!

Mengenal Konsep Rumah Compact

mengenal-konsep-rumah-compact Foto: pinterest

Compact house sendiri merujuk pada rumah mungil yang dibuat di atas lahan terbatas, sehingga minim sekat atau partisi. 

Tidak hanya menghasilkan hunian yang dinamis, tujuan arsitektur ini dibuat untuk menghemat ruang serta mengurangi efek emisi rumah.

Dengan kata lain, rumah kompak masuk dalam kategori rumah ramah lingkungan. Meski begitu, rumah kompak tidak selamanya sempit. 

Desain cerdas dan teknologi canggih dapat membuat rumah tersebut terasa luas sebagai tempat tinggal, seperti halnya perumahan Freja BSD City.

Disokong oleh fitur smart furniture membuat rumah dijual di Tangerang Selatan ini banyak dilirik oleh kalangan milenial.

Rumah-rumah di dalamnya pun memiliki ukuran dan spesifikasi yang berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Keuntungan Memiliki Rumah Compact

Tidak hanya menawarkan harga yang bersahabat, rumah kompak juga menawarkan sejumlah keuntungan bagi pemiliknya, yaitu:

Konstruksi Bangunan Terbaik

konstruksi-bangunan-terbaik Foto: trend-hunter

Rumah kompak dibangun dengan konstruksi cerdas dan pemanfaatan ruang yang sangat baik, misalnya dengan menerapkan metode penggabungan seperti dapur dan ruang makan.

Meskipun dibangun di lahan terbatas tapi ukuran rumah dapat dibuat senyaman mungkin, untuk mendukung semua aktivitas dan kebutuhan pemiliknya. 

Rumah-rumah ini dibangun dengan mempertimbangkan teknologi terbaru, desain interior dan tren dekorasi lainnya.

Salah satu perumahan yang mengusung konsep rumah terpadu yang menggabungkan desain minimalis modern secara inovatif, ialah Leuwi Gajah Residence.

Biaya Perawatan yang Murah

biaya-perawatan-yang-murah Foto: thedesignstory

Dibandingkan dengan apartemen, rumah yang memiliki konsep kompak nyatanya minim perawatan dan biaya, loh.  Jadi cocok bagi Anda yang menerapkan gaya hidup serba praktis.

Penekanan biaya listrik dan energi bisa dimaksimalkan melalui penerapan cahaya alami, yang akan menerangi seluruh area rumah.

Lalu penghuni rumah tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli perabotan, arena kini sudah banyak desain furniture multifungsi.

Desain Rumah yang Inovatif

desain-rumah-yang-inovatif Foto: design-milk

Berbeda dengan desain rumah kebanyakan, konsep compact house dibuat multifungsi dengan memanfaatkan setiap sudut ruangannya.

Jika benar-benar menginginkan rumah berkonsep compact, ada rumah dijual di Bogor dengan teknologi smart home system yang bisa dipilih.

Rumah tersebut berada di kawasan pemukiman Lumihous, yang dikenal sebagai hunian full furnished.

Rumah-rumah di Lumihous juga tampil secara menarik dengan furnitur inovatif dan ringkas. Karena itu, penghuni tak perlu melakukan renovasi pada interior dan eksteriornya.

Harga Rumah yang Ramah di Kantong

Harga Rumah yang Ramah di Kantong

Karena ukurannya yang kecil hanya sekitar 20-40 meter persegi, rumah ini memiliki harga yang relatif lebih murah, meskipun lokasinya sendiri di tengah kota maupun di kawasan pinggiran.

Seperti kawasan kota mandiri berbasis TOD Tenjo City, yang memang diperuntukan sebagai hunian menengah dengan harga bersahabat.

Harga rata-rata unit di perumahan Tenjo dibanderol mulai dari Rp160 juta, untuk rumah satu lantai Tipe 22/60 dengan satu kamar tidur.

Selain membeli rumah jadi, Anda juga bisa memanfaatkan lahan kosong yang tersedia untuk membuat hunian kompak.

Lagi pula bahan-bahan yang diperlukan juga cukup mudah ditemukan. Sebagai ide, Anda juga bisa menambah lantai mezzanine ke dalam hunian.

Dengan membuat ruangan tambahan, sehingga hunian pun akan terasa lebih luas dan bisa dimaksimalkan untuk kepentingan lain, misalnya saja untuk menyimpan barang.

Memiliki Nilai Investasi yang Baik

Memiliki Nilai Investasi yang Baik

Dengan masifnya tren pasar rumah kompak saat ini, banyak orang mencari hunian tersebut untuk dijadikan tempat tinggal.

Jika memiliki rumah compact yang tidak dihuni, maka Anda bisa memaksimalkannya untuk kebutuhan bisnis sewa-menyewa.

Capital gain atau keuntungan timbal balik bisnis sewa rumah saat ini cukup tinggi. Karena itu, kegiatan ini bisa menjadi peluang investasi.

Nah, itulah informasi mengenai rumah compact dan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Bagi Anda yang tertarik, temukan pilihan hunian dengan konsep compact di berbagai lokasi melalui situs properti Rumah123.

Author:

Dyah Siwi Tridya

Rekomendasi Properti