Ampuh, Ini Cara Menata Rumah Kontrakan agar Terasa Lebih Luas dan Nyaman

Menata Rumah Kontrakan

Foto : decoraid.com

 

Mengingat harga rumah saat ini yang terbilang mahal, banyak orang yang akhirnya memilih untuk mengontrak dulu, sebelum benar-benar memiliki rumah sendiri. 

 

Meskipun hunian yang ditempati bukanlah milik pribadi, namun kenyamanan menjadi hal mutlak untuk diwujudkan. Selain itu, hunian yang tertata rapi juga dapat meningkatkan produktivitas dan membuat suasana rumah jadi lebih sehat.

 

Jika Anda tengah tinggal di rumah kontrakan dan ingin mengubah suasana hunian, berikut ini beberapa cara menata rumah kontrakan yang bisa Anda terapkan!

 

Pilih Perabotan dengan Cermat

Sebelum pindah rumah, memilih barang yang akan dibawa adalah hal yang wajib. Perlu diingat, bahwa tak semua barang bisa Anda bawa apalagi jika rumah kontrakan yang Anda pilih terbilang sempit.

 

Pilihlah perabotan penting yang akan digunakan sehari-hari, kurangi membawa banyak barang yang sekiranya tidak akan sering terpakai.

 

Perhatikan Setiap Ruangan

Cara menata rumah kontrakan berikutnya adalah mengecek ruangan yang ada, sebelum memindahkan seluruh barang. Hitung ada berapa ruangan dan coba manfaatkan setiap area, misalnya saja pojok ruangan atau bawah tangga.

 

Melakukan pengecekan ruangan secara cermat dapat memberikan gambaran seperti apa suasana hunian setelah diisi perabotan. Selain itu Anda juga jadi bisa memperkirakan barang apa saja yang bisa dibawa.

 

Gunakan Compact Furniture

Jika Anda memiliki budget berlebih, tak ada salahnya untuk menerapkan hal satu ini. Menggunakan compact furniture yang multifungsi bisa menjadi cara menata rumah kontrakan agar terlihat lebih luas.

 

Salah satu contoh compact furniture adalah tempat tidur yang menyatu dengan lemari, atau kursi yang sekaligus bisa menjadi tempat penyimpanan.

 

Jika Diperbolehkan, Ganti Warna Dinding

warna dinding rumah kontrakan

Foto : usmfreepress.org

 

Ada beberapa kontrakan yang memperbolehkan penghuninya mengganti warna cat dinding. Jika begini, tentu tak ada salahnya dicoba, apalagi jika suasana kontrakan terbilang kurang nyaman dan pengap karena pengaruh warna dinding.

 

Coba mengganti cat interior dengan warna-warna yang lebih cerah namun tetap netral seperti putih, beige dan warna senada lainnya.

 

Warna-warna ini tak hanya memberi kesan ruangan menjadi lebih lapang namun juga cerah anti suram!

 

Baca juga:

20 Warna Cat Rumah Minimalis Paling Baru, Berkesan dan Modern! 

 

Gunakan Gantungan atau Pegboard

Gantungan atau Pegboard rumah kontrakan

Foto : nextluxury.com

 

Punya beberapa barang namun bingung harus disimpan dimana? 

 

Daripada menggunakan lemari atau kabinet yang memakan tempat, Anda bisa menggunakan gantungan, rak atau pegboard untuk menyimpan sekaligus menata barang di rumah.

 

Ini tidak memakan banyak tempat tapi tetap efektif, sehingga bisa jadi cara menata rumah kontrakan supaya lebih lapang dan nyaman.

 

Menggabungkan Beberapa Ruangan

Jika kontrakan tergolong sempit, maka Anda bisa menerapkan cara satu ini agar ruangan menjadi lebih efisien.

 

Menggabungkan fungsi ruang misalnya ruang tengah dengan ruang tamu, atau ruang tengah dengan ruang makan tentu mampu membuat tampilan hunian jadi lebih lapang.

 

Tapi, sebelum cara menata rumah kontrakan satu ini, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran perabotan dan tata letak yang tepat agar tidak membuat rumah terkesan terlalu ‘penuh’ dan berantakan.

 

Beri Sentuhan Dekoratif

Siapa bilang rumah kontrakan harus terkesan kaku dan tidak estetis?

 

Anda juga bisa menyulap hunian jadi lebih nyaman dengan berbagai dekorasi yang sesuai selera. Misalnya saja lukisan pada dinding polos hingga menggunakan tanaman hias untuk membuat rumah terasa lebih ‘hidup’.

 

Namun, jangan ‘kebablasan’ dalam menghias rumah dengan menaruh terlalu banyak dekorasi. Dalam cara menata rumah kontrakan satu ini, Anda cukup berikan pemanis pada ruangan dengan porsi yang sesuai.

 

Menjaga Kebersihan

Terakhir, menjaga kebersihan rumah kontrakan. Ini tentu saja wajib dilakukan, dimanapun Anda tinggal, baik di rumah sendiri maupun di rumah kontrakan. 

 

Pastikan Anda membersihkan rumah secara rutin. Bila perlu, dekor ulang hunian beberapa bulan sekali untuk suasana baru, sehingga Anda jadi lebih betah.

 

Menciptakan rasa nyaman dan aman pada hunian bisa membuat hidup Anda dan keluarga lebih sehat dan ideal.

 

Bagi Anda yang sedang mencari rumah kontrakan ada banyak pilihannya di Rumah123. Tak hanya itu, di situs properti ini, Anda juga bisa menemukan berbagai pilihan hunian baru, baik rumah maupun apartemen. 

 

Semoga artikel di atas bermanfaat ya!

 

 

 

Author :

Citra Purnama Sari

Tambahkan Komentar