OK

Inspirasi dan Tips Membuat Area Belakang Rumah yang Nyaman

Area belakang rumah

Foto : architecturaldigest.com

Ingin memiliki hunian dengan halaman belakang, namun bingung bagaimana memaksimalkannya?

Ada banyak cara untuk memaksimalkan area belakang rumah, salah satunya dengan membangun ruang santai.

Tak hanya membuat halaman jadi lebih tertata, kehadiran ruang santai di area belakang rumah juga dapat memberikan suasana yang berbeda dan pastinya lebih menyenangkan saat nongkrong.

Menikmati udara segar tentu dapat membuat kita jadi lebih relax, ‘kan?

Nah, tunggu apa lagi? Simak inspirasi berikut agar Anda bisa memaksimalkan area belakang rumah jadi ruang santai super estetis!

4 Inspirasi Area Belakang Rumah

Area Belakang Rumah Minimalis

Area Belakang Rumah Minimalis

Foto : Forbes.com

Siapa bilang Anda hanya bisa membuat ruang santai di halaman super luas? Di area belakang rumah yang lahannya minim juga bisa kok, contohnya seperti pada inspirasi di atas.

Anda bisa membuat area santai belakang rumah dengan model menyudut menggunakan sofa custom sederhana, lalu lengkapi dengan atap sebagai penghalau perabotan dari panas dan hujan.

Lengkapi juga dengan bantal-bantal sofa yang cantik untuk menambah kesan nyaman, sehingga Anda dan keluarga jadi lebih betah untuk menghabiskan waktu senggang di area ini.

Jangan lupa untuk menambahkan lampu-lampu taman dengan cahaya temaram. Hal ini efektif untuk menciptakan suasana yang syahdu, serta cantik saat dinikmati pada malam hari.

Bagaimana, seru ya menyeruput secangkir teh sambil duduk manis di area belakang rumah seperti ini?

Area Belakang Rumah dengan Patio

Area Belakang Rumah dengan Patio

Foto : architectureartdesigns.com

Jika memiliki budget lebih dan ingin menciptakan ruang santai dengan konsep lebih modern, maka inspirasi satu ini bisa menjadi pilihan tepat.

Penggunaan patio kayu dengan tempat duduk batu atau semen dapat menjadi perpaduan unik dan pastinya nyaman. Tambahkan juga bantal-bantal atau meja kecil sebagai area makan outdoor.

Anda pun bisa menambahkan berbagai pepohonan seperti bambu hias atau tanaman lainnya, untuk menambah kesan segar pada area belakang rumah.

Inspirasi satu ini tak hanya nyaman, namun juga memberi kesan simple karena tak banyak komponen yang diperlukan.

Nah, jika Anda tengah mencari hunian dengan patio, maka perumahan The Patio Residence bisa jadi pilihan.

Area Belakang Rumah sekaligus Ruang Makan

Area Belakang Rumah sekaligus Ruang Makan

Foto : architectureartdesigns.com

Ruang terbuka yang menyatu dengan ruangan tertentu seperti dapur atau area makan, rupanya bisa menjadi spot menarik untuk dijadikan tempat bersantai, lho.

Seperti inspirasi satu ini, kita hanya memerlukan sebagian kecil ruang untuk menciptakan tempat duduk yang menghadap ke arah ruang makan.

Sentuhan alami juga sangat terasa karena areanya yang terbuka. Dengan desain ini, Anda masih bisa menikmati cahaya matahari dan semilir udara segar!

Tambahkan juga tanaman hias dan perabotan yang mendukung. Misalnya seperti pada gambar, nuansa putih terasa begitu kental karena pemilihan furniture dengan tone yang senada.

Area Belakang Rumah Semi Terbuka

Area Belakang Rumah Semi Terbuka

Foto : architecturaldigest.com 

Ingin meletakkan sofa terbaik di halaman belakang, namun takut terkena hujan atau cahaya matahari langsung? Inspirasi ini bisa jadi jawaban tepat untuk Anda.

Membuat ruang santai di area belakang rumah dengan konsep semi terbuka seperti ini bisa mengurangi resiko kerusakan pada perabotan. Ditambah, Anda pun bisa bersantai kapan saja bersama keluarga dan orang terdekat.

Jangan ragu untuk berkreasi dengan berbagai tipe sofa, motif bahkan Anda bisa menempatkan perabotan berkualitas di area belakang rumah satu ini tanpa takut akan rusak.

Baca juga:

4 Langkah Menata Beranda Belakang Rumah Perkotaan secara Mudah

Tips Membuat Area Belakang Rumah yang Nyaman

Alokasikan Ruang dengan Baik

Memiliki area belakang rumah yang luas atau terbatas, tentu sama-sama harus memperhatikan proporsi ruangan, hal ini penting agar space yang ada bisa digunakan secara optimal.

Anda bisa merancang gambaran kasar dari area ini untuk mendapat perhitungan yang lebih jelas mengenai material, posisi dan hal teknis lain.

Pemilihan Furnitur yang Tepat

Anda pun harus memilih perabotan dengan tepat, jangan sampai kehadiran sofa atau meja justru membuat area belakang rumah terasa tidak nyaman karena jadi sempit.

Apalagi jika konsepnya terbuka, tentu memilih kursi dan meja yang sesuai dan minim perawatan akan lebih memudahkan Anda.

Pengaturan Posisi dan Ukuran

Tak cuma jenis, pemilihan perabotan juga harus memperhatikan ukuran serta tata letaknya. Ciptakan ruang santai senyaman mungkin, namun tetap memperhatikan unsur estetikanya ya!

Itulah beberapa inspirasi dan tips membuat area belakang rumah yang nyaman. Jika ingin berkreasi dengan area belakang rumah, banyak pilihan hunian yang menyediakan halaman belakang memadai, salah satu pilihannya adalah Puri Lembana. Selamat mencoba!

Author :

Citra Purnamasari

Rekomendasi Properti