OK

Tips Interior Kantor Kecil yang Super Nyaman

Interior Kantor Kecil

Foto : pinterest

Saat ini, kantor tak selalu dibangun secara megah dan luas. Di perusahaan startup misalnya, ruang kantor terkesan lebih fleksibel atau bahkan lebih kecil.

Untuk itu diperlukan tips dan trik dalam menyiasati keterbatasan ruang kantor. Agar tidak salah, berikut beberapa interior kantor kecil namun nyaman yang bisa Anda jadikan referensi.

Tata Letak Perabotan yang Tepat

Tata Letak Perabotan yang Tepat

Foto : crownworkspace.com

Salah satu trik menyiasati interior kantor kecil ialah pemilihan furniture dan tata letak yang tepat.

Ruang kerja jelas akan dipenuhi oleh banyak barang seperti meja, kursi, bahkan lemari untuk menyimpan berbagai peralatan.

Jika Anda salah memilih jenis perabotan, misalnya saja ukuran yang tidak tepat, tentu akan membuat ruang yang sempit jadi lebih sumpek.

Saat ini, sudah banyak pilihan furniture minimalis dengan bentuk yang sederhana. Menggunakan perabotan jenis ini, jelas akan membantu menciptakan suasana ruangan lebih rapi dan lapang.

Minim Partisi

Untuk menciptakan suasana yang lebih luas, meminimalisir penggunaan sekat bisa jadi langkah tepat. Seperti yang kita tahu, ruangan berpartisi banyak akan memberi kesan sempit dan sesak.

Sebaiknya, interior kantor kecil memang harus dibiarkan lapang. Jika hilangnya sekat dirasa mengganggu privasi antar departemen, pastikan setiap divisi memiliki meja dan area masing-masing.

Manfaatkan Sudut Ruangan

Manfaatkan Sudut

Foto : architecturaldigest.com

Terkadang kita terlalu fokus dengan pusat ruangan, lalu melupakan bagian sudut yang sebenarnya bisa dimanfaatkan.

Bagi divisi yang membutuhkan konsentrasi lebih dan suasana yang tenang, penempatan meja kerja pada sudut ruangan tentu bisa jadi ide yang tepat.

Apalagi jika posisinya langsung menghadap ke luar jendela. Tak hanya jadi lebih fokus, karyawan yang bekerja akan terbebas dari stres karena bisa melihat pemandangan di luar kantor.

Salah satu tips jika ingin menciptakan ruang kerja menyudut, pilihlah meja dan kursi yang lebih compact dan tidak memakan banyak ruang.

Bermain dengan Warna

Bermain dengan Warna

Foto : pinterest

Tak hanya tata letak atau pemilihan perabotan, warna juga bisa menjadi hal yang diperhatikan dalam perancangan interior, termasuk kantor.

Warna-warna tertentu akan membuat interior kantor kecil jadi lebih nyaman dan lapang, misalnya saja warna putih, abu-abu, dan warna netral lain.

Jika ingin memberikan nuansa yang lebih hangat pada tempat kerja, maka Anda bisa menggunakan warna coklat atau beige. Seimbangkan dengan kehadiran tanaman hias agar suasana lebih ‘hidup’.

Penerangan yang Cukup

Salah satu cara menciptakan suasana kantor lebih nyaman dan kondusif adalah dengan menambahkan penerangan yang cukup. Terlebih jika ruangan jauh dari sinar matahari langsung.

Lampu yang cukup terang akan membuat siklus kerja jadi lebih fokus. Jika penerangan dalam ruang kerja terbilang minim, tentu konsentrasi pekerja akan lebih mudah buyar.

Penggunaan Ambalan atau Rak

Ruang kerja yang dipakai bersama jelas membutuhkan tempat penyimpanan, agar barang tidak berserakan di mana-mana.

Alih-alih menggunakan lemari yang memakan banyak tempat, cobalah untuk beralih pada ambalan atau rak minimalis.

Kedua perabotan tersebut jelas lebih cocok untuk interior kantor kecil, sehingga ruangan tak akan terlihat sesak dan sempit.

Ada banyak pilihan ambalan yang bisa Anda temukan di toko furniture, bahkan bisa pula dijumpai secara online.

Hindari Penggunaan Motif Berlebihan

Salah satu trik agar kantor tidak terlihat sempit adalah menghindari penggunaan motif yang berlebihan pada furniture atau bahkan dinding.

Cukup memakai warna-warna polos untuk menghindari kesan ‘penuh’ dan ‘ramai,’ apalagi jika ruangan digunakan oleh lebih dari 10 orang.

Jika ingin menggunakan furniture bermotif atau corak, cobalah untuk memusatkannya pada satu titik atau barang. Namun, pilihlah warna perabotan yang sesuai dengan tema ruangan, ya.

Menata ruang kerja atau kantor jelas lebih rumit ketimbang hunian. Namun, bukan berarti Anda tak bisa menciptakan interior kantor kecil menjadi ruang kerja yang kondusif untuk beraktivitas.

Itulah beberapa tips interior kantor kecil yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini dapat memberi inspirasi dan manfaat.

Bagi Anda yang sedang mencari hunian minimalis kekinian, ada banyak pilihan menarik di Rumah123.com, contohnya seperti Jade Park Serpong 2Azalea Residence dan sebagainya.

Selamat mencoba!

Author :

Citra Purnamasari

Rekomendasi Properti