Begini Tata Cara Ikut Lelang Rumah Bank yang Aman dan Terpercaya

lelang-rumah

 

Apa Anda sedang mencari rumah yang terjangkau?  Mungkin bisa mempertimbangkan membeli rumah yang dilelang. 

 

Biasanya rumah-rumah yang disita oleh pihak bank akan dijual secara lebih murah. Rumah yang dijual dalam acara lelang bisa 10 persen lebih murah dibandingkan membeli baru. 

 

Bahkan bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga Rp700.000.000,00, tapi hanya perlu membayar Rp500.000.000,00. 

 

Ada banyak cara untuk mengikuti lelang rumah, namun cara paling umum biasanya melalui Balai Lelang Swasta (BLS), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) atau bank. Selain itu juga bisa dilakukan secara online.

 

Situs Penyedia Rumah Lelang melalui Bank

Lelang Rumah BTN 

Caranya bisa dengan akses situs jual beli rumah lelang milik BTN.

 

Atau supaya lebih praktis, Anda bisa mengunduh aplikasi resmi mereka melalui Google Play Store atau Apple App Store untuk bisa membeli rumah lelang BTN.

 

Lelang Rumah BRI 

Diakses melalui situs lelang resmi BRI. Di laman ini lengkap tercantum berbagai rumah lelang hasil sitaan bank yang bisa dipilih.

 

Selain rumah, Anda juga akan menemukan properti lain seperti tanah kosong, ruko dan gudang.

 

Lelang Rumah Mandiri 

Dengan bantuan teknologi canggih seperti smartphone, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke Bank Mandiri untuk mendapatkan informasi mengenai rumah lelang terkini.

 

Cukup sambangi situs jual beli rumah sitaan mereka di sini.

 

Lelang Rumah BNI 

Terakhir ada BNI yang menyediakan properti hasil sitaan dengan harga super miring.

 

Setidaknya ada lebih dari 2000 properti agunan yang bisa dibeli langsung di situs lelang BNI

 

Oya, sebelum memutuskan untuk membeli rumah lelang, lebih baik lakukan survei terlebih dahulu. Pastikan semuanya sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Dan agar berjalan lancar, juga wajib tahu tata cara mengikutinya.

 

Tata Cara Mengikuti Proses Lelang Rumah

tata-cara-mengikuti-proses-lelang-rumah

Foto: vladpopach

 

Setelah semua selesai, Anda bisa langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti lelang rumah. Seperti disebutkan di atas, ada beberapa lembaga yang menjadi tempat lelang rumah. 

 

Anda bisa memilih BLS atau KPKNL yang dimana biasanya bank-bank juga menempatkan rumah-rumah yang akan dilelang. 

 

Jadi rumah yang Anda temukan di website bank juga akan didaftarkan di kedua lembaga tersebut.

 

Atau Anda bisa langsung mendaftarkan diri melalui situs bank di atas. Pilihannya tergantung kenyamanan Anda.

 

Cari Rumah yang Cocok

Cari Rumah yang Cocok

Foto: Unsplash

 

Sebelum Anda mengikuti lelang rumah, ada baiknya mencari rumah yang diinginkan. Mulai dari tipe rumah, banyak kamar, lingkungan hingga harga yang cocok sesuai anggaran.

 

Agar semakin mudah, Anda bisa melakukan filterisasi produk di menu pencarian, lalu buat daftar hunian yang dipilih.

 

Untuk mempersempit area pencarian Anda, bisa melakukan survei sekilas dengan melihat bentuk rumah dan lingkungan sekitar secara langsung.

 

Anda bisa menemukan rumah-rumah tersebut di beberapa website bank yang mengadakan lelang. 

 

Selain bank milik negara seperti di atas, sebenarnya banyak juga bank swasta yang mengadakan lelang rumah, tapi biasanya ditawarkan melalui pihak khusus pelelangan.

 

Bayar Jaminan Rumah

Untuk yang belum tahu, Anda juga perlu menyiapkan biaya untuk mengikuti lelang rumah.

 

Pihak penyelenggara, baik itu lembaga ataupun bank, akan meminta Anda menyetorkan biaya jaminan sebesar 20 - 50 persen dari harga yang ditawarkan. 

 

Anda tidak perlu khawatir, jika pada saat proses tawar menawar berlangsung dan Anda kalah, uang tersebut akan dikembalikan. Uang itu hanya berfungsi sebagai jaminan, semacam uang muka saat kita mengajukan KPR.

 

Proses Bidding

Proses Bidding Rumah Lelang

Foto: Unsplash

 

Nah, setelah Anda mendaftar maka selanjutnya adalah proses lelang. Di sini akan terjadi tawar menawar antara peserta lelang atas satu properti, termasuk rumah yang Anda inginkan.

 

Melunasi Pembayaran

Jika pada akhirnya Anda ternyata menjadi pemenang dari proses bidding, maka Anda harus melunasi pembayaran rumah di tenggat waktu yang ditentukan. 

 

Pelunasan bisa melalui KPR atau tunai, pastikan ke pihak bank terlebih dahulu terkait hal ini.

 

Satu hal yang perlu dicatat, Anda harus membayarkan uang sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan. Jika tidak, maka Anda akan di-blacklist dari semua lelang rumah. 

 

Itulah cara mengikuti lelang rumah yang diadakan di berbagai daerah di Indonesia. Silahkan mencari informasi sesuai daerah masing-masing. 

 

Namun, jika Anda masih belum paham untuk mendapatkan hunian dengan lelang rumah bank. Ada banyak cara lain untuk mendapatkan hunian murah seperti rumah second, rumah subsidi hingga perumahan baru.

 

Ya, ada sejumlah kawasan dengan hunian baru yang harganya terbilang murah, misalnya Parung panjang, Bogor dengan pilihan Citaville Parung Panjang, Forest Hill dan The River dan masih banyak lagi yang bisa Anda temukan di Rumah123.