Tips Sewa Properti Untuk Pemula

tips sewa properti

foto: unsplash


Tak semua orang bisa memiliki properti pribadi, misalnya saja rumah tapak. Harganya yang terus melambung menjadikan opsi sewa rumah sebagai pilihan tepat bagi sebagian orang.

 

Tak hanya rumah, banyak juga bentuk properti lain yang disewakan sesuai dengan kebutuhan, entah itu untuk tempat tinggal, tempat usaha hingga kantor.

 

Apakah Anda juga merupakan salah satu yang ingin menyewa properti? Sama seperti membeli, menyewa properti pun tak bisa asal-asalan.

 

Anda selaku penyewa tentunya ingin menikmati yang terbaik dan pastinya sesuai dengan bujet.


Nah, agar tidak kecolongan, berikut ini beberapa tips menyewa properti yang bisa Anda ikuti terutama untuk pemula. Apa saja? Mari simak ulasannya!

Tentukan Tipe Properti

 

Sebelum langsung masuk ke dalam berbagai pilihan rumah, apartemen, ruko maupun kantor, ada baiknya Anda menentukan tipe properti yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Tentukan kebutuhan Anda akan sewa properti, misalnya saja untuk tempat tinggal, maka rumah atau sewa apartemen jelas menjadi opsi. Begitu juga jika ingin membuka usaha atau ingin memiliki tempat kerja yang kondusif, maka Anda bisa sewa ruko atau kantor.

Cari Melalui Situs Properti

 

Tips menyewa properti selanjutnya adalah menggunakan situs jual beli yang terpercaya. Misalnya saja di Rumah123.com, Anda bisa mencari properti sesuai dengan harga, lokasi hingga fasilitas yang Anda inginkan.

 

Jadi, tak sulit lagi untuk menemukan properti yang sesuai, karena Rumah123.com juga dilengkapi beragam listing properti terpercaya. Mencari properti di internet jelas jadi alternatif yang mudah.

 

Anda bisa mencari pilihan rumah disewakan di Jakarta, atau ruko disewakan di Bandung dan masih banyak pilihan lainnya.

Tanyakan Spesifikasi Properti Kepada Pemilik

 

Setelah menemukan pilihan properti yang sesuai, mulailah untuk menghubungi pemilik dan tanyakan tentang spesifikasi properti secara lebih detail.

 

Misalnya, ada berapa total ruangan dan seperti apa kondisinya, apakah full furnished atau tidak. Anda juga bisa menanyakan lokasi sekitar, misalnya seberapa jauh dari jalan utama dan kemudahan mengunjungi fasilitas publik.

 

Baca juga:

Jangan Asal Beli, Ketahui Spesifikasi Rumah agar Dapat Hunian Berkualitas

 

Cek Kondisi Properti


cek kondisi rumah

foto: unsplash


Sudah mendapatkan calon properti yang tepat? jangan terburu-buru untuk transfer uang sewa, ada baiknya Anda melakukan pengecekan secara langsung untuk melihat kondisi fisiknya.

 

Jangan sampai Anda malah menyesal karena ternyata kondisinya tak sesuai dengan klaim yang Anda lihat pada iklan.

Cari Harga Sewa yang Wajar


harga sewa

foto: pexels


Anda jelas memiliki budget spesifik ketika mencari properti. Namun jangan lupa juga untuk memastikan apakah harga tersebut masuk akal?

 

Harga sewa tak hanya ditentukan oleh kondisi fisik bangunan namun juga fasilitas yang tersedia dan lokasinya.

 

Biasanya, lokasi yang strategis dan fasilitas lengkap membuat harga sewa propertinya kian mahal. Lakukan riset harga jika Anda benar-benar belum mengetahui secara pasti kisaran harga sewa properti.

 

Ketahui Peraturan Sewa

 

Ketika sudah ‘cocok’ dengan pilihan propertinya, sekarang saat yang tepat untuk menanyakan peraturan sewa kepada pemilik.

 

Anda harus mengetahui apakah uang sewa dibayar per bulan atau per tahun, lalu berapa jangka waktu dari sewa properti tersebut dan lain-lain.

 

Pemilik juga akan menjelaskan tentang fasilitas yang bisa Anda gunakan baik itu dalam bangunan maupun sekitar kawasan.

 

Anda juga bisa menanyakan berbagai hal kepada pemilik sebelum benar-benar menempati properti tersebut. Misalnya, situasi sekitar kawasan, peraturan perumahan yang wajib diperhatikan apa saja, dan lain-lain.

 

Baca juga:

Peraturan Sewa-Menyewa Rumah, Apakah Ada Hukumnya?

Ciptakan Hubungan Baik dengan Pemilik

 

Tips sewa properti berikutnya yang juga tak kalah penting adalah membangun hubungan baik dengan pemilik.

 

Bayar uang sewa tepat waktu jadi hal yang perlu diperhatikan, jika memang memiliki kesulitan untuk membayar jangan memutus kontak dengan pemilik. Anda bisa membicarakannya secara baik-baik.

 

Dan jangan melanggar peraturan yang sudah disepakati. Tentunya pemilik tidak segan memberi teguran dan bisa saja mengabaikan permintaan Anda di masa depan.

 

Anda tentu ingin pelayanan maksimal bukan? Oleh karena itu jalinlah hubungan yang baik dengan pemilik.

Perhatikan Biaya Tak Terduga


biaya sewa

foto: pixabay


Perlu diingat tak semua kerusakan ditanggung 100% oleh pemilik.

 

Oleh sebab itu, Anda pun harus menyiapkan dana darurat siapa tahu terjadi kerusakan atau renovasi tak terduga ketika Anda menggunakan properti tersebut.

 

Tidak ada salahnya kok menyiapkan dana tambahan, toh demi kenyamanan Anda selaku penyewa.

 


Demikian tips sewa properti yang bisa Anda jadikan referensi dalam mencari hunian atau tempat usaha impian. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Selamat mencoba!