Jangan Asal Beli, Ketahui Spesifikasi Rumah agar Dapat Hunian Berkualitas

Spesifikasi Rumah

 

Kebanyakan orang ketika mencari rumah hanya terpaku pada harga, lokasi dan fasilitas. Padahal ada kriteria penting lainnya yang perlu Anda cek sebelum membeli hunian yaitu spesifikasi rumah.

 

Spesifikasi bangunan rumah bisa diartikan sebagai komponen-komponen penting dalam suatu bangunan sampai akhirnya membentuk suatu kesatuan yang kokoh.

 

Semakin baik material yang digunakan maka berpengaruh pada kualitas bangunan dan harganya kelak.

 

Untuk mengetahui informasi mengenai spesifikasi hunian, kini sudah banyak developer yang mencantumkan jenis material bangunan ke dalam brosur promosi.

 

Meskipun sudah dicantumkan, masih banyak orang belum mengetahui material apa saja yang dipakai baik dari segi keunggulan, kualitas dan harga.

 

Agar tidak keliru, simak penjelasannya di bawah ini!

Standar Spesifikasi Bangunan di Perumahan

Ukuran Rumah 

Ketahui Ukuran Rumah

Foto: ilustrasi-ukuran-rumah

 

Mengetahui luas bangunan dan tanah jadi poin penting dalam membaca spesifikasi rumah.

 

Mengapa?

 

Dengan mengetahui tipe atau ukuran rumah, Anda bisa menghitung material dan struktur konstruksi yang dibuat.

 

Biasanya, semakin sederhana tipe rumah maka spesifikasi bahan bangunan ikut berkurang.

 

Selain itu, ukuran rumah juga sangat penting untuk Anda yang ingin melakukan renovasi atau menambah bangunan baru nantinya. 

 

Jika Anda berniat untuk mendirikan bangunan baru, pastikan ukuran rumah yang Anda beli memiliki luas tanah dua kali lebih besar dibandingkan luas bangunan.

Pondasi 

Pondasi

Foto: archify

 

Pondasi atau lebih dikenal dengan struktur bawah memiliki peran sebagai penyeimbang komponen struktur atas agar bangunan bisa berdiri kokoh.

 

Untuk jenis pondasi yang digunakan pun cukup beragam tergantung tipe rumahnya, misalnya saja untuk rumah tipe 36 sederhana pondasi yang sering digunakan adalah rollag batu bata dan batu kali.

 

Keunggulan pondasi batu bata ialah biayanya murah, pengerjaan relatif cepat dengan model konstruksi yang sederhana.

 

Sedangkan untuk pondasi batu kali memiliki struktur yang lebih kokoh, bisa meminimalisir risiko kebocoran, dan biayanya cukup murah.

 

Lalu untuk pondasi rumah mewah bertingkat biasa menggunakan pondasi batu kali, pondasi cakar ayam, pondasi plat setempat, dan bor pile.

 

Belakangan ini rumah-rumah mewah modern lebih memilih pondasi tiang pancang karena dapat menghindari pergeseran tanah yang bisa membuat keretakan pada bangunan.

 

Adapun perumahan yang menggunakan pondasi tersebut yakni Synthesis Homes yang bisa jadi pilihan berkualitas bagi Anda yang ingin beli rumah dijual di Ciputat.

Struktur Rumah

Struktur Rumah

Foto: kompas

 

Untuk membuat struktur rumah biasanya menggunakan beton bertulang. Bagi Anda yang awam, mungkin bertanya-tanya apa itu beton bertulang? 

 

Menurut pengertian secara umum beton bertulang merupakan beton yang dikombinasikan dengan tulang baja dan ditanam di dalam beton untuk memberikan daya tekan yang kuat.

 

Keunggulan penggunaan struktur beton bertulang untuk bangunan adalah materialnya yang tahan api dan air, mudah dibentuk, harga bahan pembuatannya terjangkau.

Dinding Rumah

Dinding Rumah

Foto: archdaily

 

Material dalam pembuatan dinding rumah bisa dibilang cukup beragam, namun yang pasti ada tiga jenis bahan yang sering digunakan yakni batu bata merah, hebel dan batako.

 

Penggunaan material batako sering dijumpai di perumahan subsidi karena hasil akhir dari material ini menampilkan kesan dinding yang kuat, anti panas dan rembes dengan harga murah.

 

Tapi ada juga yang mendesain huniannya dengan dinding double bata merah seperti Naira Residence. Tujuannya adalah untuk membuat rumah lebih adem.

 

Dalam tahap pengerjaan ketiga material ini sama, yakni pemasangan bahan, proses pengacian/plesteran dan pengecatan.

 

Untuk bagian dinding yang akan ditambahkan keramik, tidak perlu ada proses pengacian/plester.

Rangka Atap dan Material Atap

Rangka Atap dan Material Atap

 

Untuk bagian atap, ada dua tipe rangkaian yang dikerjakan yakni rangka atap dan juga material atap. 

 

Untuk pemasangan rangka atap diawali dengan peletakanan kuda-kuda, gording, nok, kaso dan seng.

 

Bahan kayu dan baja ringan jadi dua pilihan rangka atap yang sering digunakan karena memiliki daya tahan yang kuat.

 

Lalu untuk material penutupnya sendiri bisa menggunakan genteng tanah liat, genteng beton, genteng bitumen dan genteng logam.

Instalasi Listrik dan Air

Instalasi Listrik dan Air

 

Sebelum ke tahap finishing, bagian penting yang tidak boleh dilewatkan adalah pemasangan sanitair berupa closet duduk atau jongkok, wastafel, bath up, water heater, shower dan kran.

 

Untuk merek-merek sanitair terbaik dan sering dipilih arsitek adalah Toto sedangkan untuk standar bujet minim bisa memilih merek Filtra.

 

Lalu untuk instalasi air bersih dan kotor, material yang digunakan adalah pipa ex Wavin AW dan ex Wavin D.

 

Selanjutnya instalasi listrik sudah dilengkapi dengan lampu, stop kontak dan saklar. 

 

Untuk daya listrik sendiri cukup bervariasi, mulai dari kapasitas 900 watt bagi rumah sederhana dan 2.200 watt untuk rumah mewah seperti perumahan Grand Wisata Bekasi.

 

Meskipun ukuran rumahnya besar, Anda tak perlu khawatir karena rumah dijual di Bekasi ini dilengkapi dengan fitur smart home system yang bisa membuat hunian di sini lebih hemat energi.

Pemasangan Pintu dan Jendela

Pemasangan Pintu dan Jendela

 

Material pintu dan jendela tidak hanya mencakup pemasangan di area pintu masuk, tapi juga bagian kamar mandi dan kamar tidur.

 

Berperan penting sebagai pengaman rumah, maka kualitas pintu harus kuat dan tahan lama. Untuk pintu utama jenis material yang dipilih adalah kayu solid, kayu kamper, panel, kaca dan alumunium.

 

Jenis pintu kayu kamper sering digunakan di perumahan dengan harga mulai dari Rp900 ribu - Rp2,5 juta. Kualitas dari material ini setara dengan kayu jati sehingga tidak mudah lapuk.

 

Sedangkan untuk pintu kamar mandi menggunakan material PVC yang tahan terhadap air, anti rayap dan awet. Kisaran harga pintu PVC standar dipatok Rp180 ribu.

 

Lalu untuk material kusen jendela yang paling banyak dipilih adalah material kayu, alumunium, fiberglass, vinyl dan UPVC.

Pengerjaan Finishing Lantai

Pengerjaan Finishing Lantai

 

Ketika membaca spesifikasi unit rumah di brosur, Anda akan melihat teknik finishing dan jenis lantai yang diaplikasikan.

 

Umumnya jenis material lantai yang dipilih adalah lantai keramik yang disesuaikan dengan luas ruangan, misalnya saja rumah tipe 21, berarti ukuran keramiknya adalah 30x30.

 

Apabila Anda ingin mendapatkan lantai berkualitas, tahan air, dengan harga terjangkau, maka keramik asia dengan finishing glossy sangat pas ditempatkan di seluruh ruangan. 

 

Jenis keramik ini juga dipakai di perumahan 67 Kebagusan dengan memadukan keramik roman untuk hasil akhir yang menawan.

Lantai Carport

Lantai Carport

 

Jika Anda membeli rumah yang sudah dilengkapi carport, pastikan material yang dipilih tidak licin, memiliki daya tahan yang kuat dan mudah perawatannya.

 

Semen cetak, semen plesteran, paving dan lantai homogenous jadi pilihan yang tepat untuk lantai carport.

 

Adapun perumahan yang menggunakan lantai carport dengan material paving yakni Chelsea Modern Home. Keunggulan paving block ini antara lain memiliki daya serap air, lebih ringan, tahan terhadap cuaca dan berkualitas. 

 

Yang tak kalah penting, pastikan juga area carport tidak tergenang air. Gunakan tali air-sebuah kanal kecil berukuran 2x1 yang berfungsi mengalirkan air ke selokan.

 

 

Nah, itu dia informasi mengenai spesifikasi rumah yang harus Anda ketahui sebelum membeli rumah. Semoga artikel ini membantu Anda mendapatkan rumah berkualitas ya!

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya