Perbandingan Kos dan Apartemen di Bandung | Panduan untuk Mahasiswa

Hunian di Bandung

Foto: Pexels

 

Sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia, Bandung setiap tahunnya didatangi oleh ribuan mahasiswa. 

 

Untuk tinggal di kota yang dijuluki Paris van Java ini, biasanya mereka mengontrak rumah, sewa kos atau sewa apartemen Bandung

 

Untuk mengakomodir kebutuhan ribuan mahasiswa tersebut, maka tidak heran kalau ada banyak pilihan hunian di Bandung.

 

Setidaknya, ratusan kos dibangun di sekitar kampus ternama seperti ITB dan Unpad. Selain itu, para pengembang pun ikut berlomba-lomba membangun puluhan apartemen di Bandung. 

 

Sebagai pendatang, mahasiswa pasti akan membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan kampusnya. 

 

Meski mahasiswa Indonesia lebih identik sebagai penghuni kos-kosan, tidak sedikit mahasiswa saat ini yang lebih memilih apartemen sebagai tempat tinggal sementara. 

 

Bahkan untuk mengakomodir kebutuhan anaknya di Kota Kembang, beberapa orang tua rela membeli apartemen untuk anak mereka.

 

Selain menjadi tempat tinggal yang nyaman, apartemen di Bandung juga bisa dijadikan sebagai instrumen investasi yang menjanjikan di masa depan. 

 

Pasalnya, harga properti, baik itu rumah tapak atau apartemen di Bandung, jarang sekali turun, bahkan cenderung terus naik setiap tahunnya. 

 

Lalu manakah pilihan hunian di Bandung yang lebih baik untuk mahasiswa? 

 

Apakah sewa apartemen lebih menguntungkan dibandingkan sewa kos di Bandung? Atau sebaliknya?

 

Untuk itu, mari kita simak perbandingan kos dan apartemen di Bandung dengan melihat aspek-aspek berikut.

Harga Sewa Kos dan Apartemen di Bandung

Harga Sewa Kos dan Apartemen di Bandung

Foto: Pexels

 

Hal pertama yang terlintas dalam benak ketika kita membahas perbandingan kos dan apartemen di Bandung adalah harga.

 

Tentunya, menyewa kamar kos sudah pasti lebih murah daripada menyewa satu unit apartemen, sebab biaya yang dikeluarkan untuk sewa kos hanya biaya sewa per bulan atau per tahun saja. 

 

Berbeda dengan kostan, jika kamu memilih menyewa apartemen, maka akan ada biaya-biaya lain di luar biaya sewa per bulan. 

 

Misalnya saja service charge, listrik, air, sampai lahan parkir. 

 

Baca juga:

Rincian Biaya Tinggal di Apartemen, Berapa Dana yang Harus Disiapkan? 

 

Meskipun begitu, beberapa kos-kosan juga memberlakukan aturan yang sama. Namun, biaya yang ditarik biasanya jauh lebih murah dibanding biaya tambahan yang dikenakan oleh pengelola apartemen. 

 

Kendati demikian, tinggal di sebuah unit apartemen bisa menguntungkan dari segi harga apabila kamu membelinya. 

 

Sebab, nilai investasi yang dihasilkan oleh apartemen akan terus meningkat di kemudian hari. 

 

Dengan potensi pertumbuhan properti di Kota Bandung yang bisa mencapai 5,89 persen setiap tahunnya, apartemen dapat menjadi pilihan hunian di Bandung yang tepat untuk mahasiswa yang sudah memiliki rencana finansial jangka panjang.

Lokasi dan Akses

Lokasi dan Akses di Bandung

 

Selanjutnya, kita akan membahas lokasi dalam perbandingan kos dan apartemen di Bandung.

 

Di kamus properti, faktor lokasi juga sangat memengaruhi keputusan penyewa atau pembeli. 

 

Hal yang sama juga berlaku untuk apartemen ataupun kos-kosan yang akan disewa. 

 

Misalnya, jika kamu adalah mahasiswa Bandung, kamu pasti mempertimbangkan jarak dari tempat kos atau apartemen ke kampus. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu bekerja di Kota Bandung.

 

Selain jarak, adakah akses transportasi umum yang mudah untuk dijangkau? 

 

Lalu, ada pertanyaan tentang fasilitas umum lainnya, mulai dari tempat makan, minimarket, akses ke fasilitas kesehatan dan sebagainya. 

 

Di Bandung sendiri, apartemen dan kos biasanya berdekatan dengan lokasi-lokasi penting seperti kampus dan perkantoran. 

 

Dalam hal lokasi, perbandingan kos dan apartemen di Bandung tidak terlalu jauh berbeda. 

 

Namun, jika kita melihat perbedaan lokasi antara keduanya, apartemen tentu dibangun di lokasi yang strategis seperti jalan utama Kota Bandung. Hal ini membuat aksesnya menjadi lebih mudah. 

 

Sebaliknya, sebagian besar kostan dibangun di lokasi pemukiman warga, bahkan beberapa harus masuk ke dalam jalan dan gang-gang sempit.

 

Baca juga:

7 Rekomendasi Apartemen Bandung di Dekat Kampus

Fasilitas dalam Kos dan Apartemen

Kolam Renang

 

Meskipun akses ke berbagai fasilitas umum antara apartemen dan kos tidak jauh berbeda, fasilitas internal yang disediakan oleh keduanya pasti jauh berbeda. 

 

Jika kamu memilih apartemen, maka akan mendapat fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari kolam renang, pusat kebugaran, laundry, hingga supermarket di dalam kawasan apartemen bisa kamu nikmati dengan mudah. 

 

Selain itu, untuk unit apartemen yang disewakan biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai perabotan seperti kamar tidur, televisi, meja, sofa, hingga kitchen set

 

Bahkan jika saja ada kos eksklusif yang menyediakan fasilitas serupa, masih bisa dibilang apartemen lebih unggul dibanding kos-kosan. 

 

Oleh sebab itu, jika kamu adalah orang yang ingin memiliki tempat tinggal dengan fasilitas yang lengkap, maka memilih sewa apartemen Bandung akan lebih menguntungkan daripada sewa kos.

Keamanan dan Lingkungan Sekitar

Keamanan dan Lingkungan Sekitar

Foto: Unsplash

 

Untuk keamanan, perbandingan kos dan apartemen di Bandung cukup timpang. Untuk kos-kosan, biasanya penjagaan dilakukan seadanya oleh penjaga kos. 

 

Sedangkan untuk apartemen ada sistem keamanan yang lebih ketat. Mulai dari petugas keamanan 24 jam, jaringan CCTV di berbagai titik, penggunaan access card, hingga diberlakukannya one gate system

 

Beberapa kostan premium mungkin menawarkan kualitas yang sama, meski hanya beberapa saja.

 

Jika kamu memilih apartemen, privasi juga menjadi hal utama yang diberikan oleh pengelola. Tidak sembarang orang bisa keluar masuk gedung apartemen. 

 

Biasanya, petugas apartemen juga akan menahan kartu identitas pengunjung untuk memastikan keamanan para penghuni di dalamnya.

 

Selain itu, pengembang juga memperhitungkan beberapa faktor lainnya, seperti bebas banjir, jauh dari lokasi pemakaman, hingga keamanan dari tindak kriminal.

Faktor Lainnya

Harga Sewa Hunian di Bandung

 

Selain hal-hal di atas, ada faktor lain yang juga harus dipertimbangkan sebelum memilih untuk menetap di apartemen maupun kos. 

 

Faktor ini harus dipertimbangkan supaya kamu merasa betah ketika tinggal di sana. 

 

Hal tersebut adalah suasana di sekitar tempat tinggal. Terutama jika kamu mempunyai preferensi khusus.

 

Jika kamu yang senang bergaul dan berinteraksi dengan orang-orang baru, nampaknya menyewa kamar kos bisa jadi pilihan yang lebih baik dibanding menyewa apartemen.

 

Hal ini berlaku sebaliknya untuk orang-orang yang lebih senang menjaga privasinya, sehingga memilih apartemen akan dirasa lebih cocok.

 

Setidaknya, kamu tidak terlalu banyak berinteraksi dengan para tetangga unit apartemen kamu. Lagi pula, orang-orang yang menyewa apartemen juga orang yang punya preferensi yang sama seperti kamu.

 

Nah, itu tadi beberapa perbandingan kos dan apartemen di Bandung.

 

Dari poin-poin yang telah disebutkan di atas, apakah kamu sudah menentukan untuk memilih kos atau apartemen sebagai hunian di Bandung? 

 

Jika kamu masih belum menentukan dan masih ingin melakukan riset, mungkin kamu bisa mencoba mencari berbagai pilihan di rumah123.com dimana kamu bisa mencari beragam tipe hunian di Bandung  mulai dari rumah, kos dan apartemen.

 

Selamat mencari!

 

 

Author:

 

Ferry Fadhlurrahman