7 Cara Memilih Kontrakan yang Nyaman untuk Keluarga

 cara memilih kontrakan yang nyaman

 

Bagi yang belum bisa membeli rumah, menyewa atau mengontrak adalah pilihan hunian sementara yang ideal. Salah satunya karena memberi fleksibilitas masa sewa.

 

Biasanya selama masa mengontrak rumah, kita bisa sambil menabung untuk uang muka KPR atau mungkin sedang menunggu rumah selesai dibangun. 

 

Apapun alasannya, mengontrak adalah salah satu hal yang bisa dilakukan sebelum mempunyai rumah sendiri. Karena itu, banyak yang cari rumah kontrakan

 

Tapi cari rumah kontrakan yang ideal susah-susah gampang. Tentunya kita bisa dengan mudah mencari rumah yang disewakan di berbagai situs jual beli properti, seperti rumah123.com.

 

Tapi bisa saja belum ada yang cocok atau sesuai dengan yang dibutuhkan. 

 

Nah, kali akan membahas cara memilih kontrakan yang nyaman apa untuk tempat tinggal sementara. Apa saja tipsnya? Berikut penjelasannya.

Inilah 7 Cara Memilih Kontrakan yang Nyaman

Survei Kontrakan Sebelum Sewa

 

Saat memilih rumah kontrakan, usahakan jangan terlalu terpaku pada satu rumah. Tentunya kita akan senang saat menemukan satu rumah yang terlihat bagus dan cocok. 

 

Tapi ada baiknya jangan terburu-buru memutuskan, dan cari opsi yang lain juga. 

 

Ya, sebut saja rumah tersebut adalah pilihan pertama dari lis rumah kontrakan yang disurvei.

 

Biasanya rumah pertama yang kita datangi memang selalu tampak menarik, hingga akhirnya kita juga tidak mau repot-repot untuk mencari lagi. 

 

Tapi ada baiknya untuk mencari pilihan lain dan melakukan perbandingan. 

 

Agar tidak repot harus mencari kesana kemari, Anda bisa survei online di situs properti terpercaya seperti Rumah123.

 

Tinggal masukkan kata kunci seperti lokasi atau area. Lalu, atur pilihan residensial, harga, hingga luas tanah.

 

Cara memilih kontrakan yang nyaman ini bisa membantu Anda temukan berbagai listing sewa kontrakan sesuai keinginan.

 

Selanjutnya, Anda bisa melakukan survei lokasi secara langsung untuk mengetahui spesifikasi dan cek kondisi rumah.

Pilih Rumah Kontrakan Fully Furnished

rumah kontrakan fully furnished

Foto: urdesign

 

Saat cari rumah kontrakan, usahakan memilih rumah kontrakan yang dalam keadaan fully furnished alias dilengkapi perabotan.

 

Ini tentu akan menghemat uang untuk membeli barang-barang atau perabotan rumah, terutama jika memang berencana tinggal tidak lama di kontrakan.

 

Meskipun dari segi harga akan sedikit lebih mahal dari rumah kosongan, tapi jika masih dalam rentang bujet, ya kenapa tidak?

 

Perlu diingat, dalam hal ini artinya Anda bisa menghemat dalam jangka panjang dengan tidak membeli barang-barang untuk mengisi rumah kontrakan. 

 

Kalaupun tidak dapat yang fully furnished, setidaknya ada beberapa barang penting yang sudah ada di dalam rumah.

 

Misalnya kasur di kamar tidur, lemari, kitchen set, sofa atau karpet. Barang-barang pelengkap lainnya mungkin bisa Anda beli saat tinggal di sana. 

Cari Hunian Dekat Pusat Aktivitas

dekat aktivitas utama

Foto: district8jakarta

 

Jika Anda seorang pekerja, sewa hunian dekat dengan tempat bekerja. Tentunya hal ini akan membuat Anda bisa berhemat uang transportasi dan bisa tinggal dengan nyaman.

 

Selain itu, Anda juga akan diuntungkan dengan banyaknya pilihan tempat makan dan hiburan yang bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan akhir pekan.

 

Meskipun rumah kontrakan yang lokasinya dekat perkantoran atau universitas memiliki harga yang tidak murah, tapi Anda bisa mempertimbangkannya.

 

Jika sedang mencari perumahan yang dekat dengan pusat keramaian, Tabebuya BSD City dan CitraGarden City bisa jadi pilihan yang tepat.

 

Baca juga:

9 Tips dan Trik Sewa Apartemen Bulanan agar Tetap Hemat

Dekat dengan Pusat Transportasi

pusat transportasi

Foto: marketeers

 

Selain memilih dekat dengan tempat kerja, kontrakan yang dekat dengan aksesibilitas seperti transportasi umum patut masuk dalam daftar.

 

Pasalnya, semua properti yang berada di radius 200 m - 3 km dari transportasi publik lebih ramai dan dekat dengan berbagai fasilitas umum yang menunjang.

 

Selain itu harganya pun bisa dibilang masih sangat murah, serta memiliki beragam tipe kontrakan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Salah satu lokasi terbaik mendapatkan kontrakan murah ada di kawasan Depok, yang memiliki aksesibilitas mudah ke kereta KRL.  

 

Bahkan saat ini ada banyak hunian yang berdiri dekat dengan akses transportasi seperti MRT atau LRT, sebut saja Citra Sentul Raya yang berkonsep TOD.

Cek Keamanan Lingkungan

 cctv keamanan

 

Apabila sudah menemukan rumah yang ingin disewa, cek kembali kondisi lingkungannya. Jangan sampai, hunian yang akan Anda tempati nyatanya rawan tindak kejahatan

 

Untuk memastikannya, Anda bisa menanyakan ke RT/RW atau warga setempat. Lingkungan yang baik dan aman bisanya sudah dilengkapi dengan CCTV dan kegiatan pos ronda.

 

Lalu, pilihlah hunian yang bebas dari bencana seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya.

Menggunakan Situs Properti

 

Salah satu cara mencari kontrakan yang nyaman adalah dengan menggunakan situs jual beli properti, seperti di Rumah123.

 

Sebagai salah satu situs marketplace properti terbesar di Indonesia, Rumah123 menyediakan berbagai pilihan listing hunian, apartemen hingga ruko.

 

Anda bisa menemukan properti untuk dijual serta sewa. Menemukan hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan selera jadi lebih mudah jika menggunakan situs properti satu ini.

 

Gunakan juga fitur pencarian pintarnya, Anda bisa mencari kontrakan sesuai dengan rentang harga khusus, domisili, dan kategori lainnya.

Cari Rumah Sewa Per Bulan

 

Jika memang berencana untuk tinggal di rumah kontrakan hanya beberapa bulan saja atau mungkin tidak lama, coba cari rumah kontrakan yang bisa disewa per bulan. 

 

Ini tentunya akan memberikan keleluasaan untuk Anda, karena selain uang yang dikeluarkan dalam satu waktu tidak begitu besar, kontrakan bulanan juga lebih fleksibel dibanding tahunan.

 

Misalnya jika Anda membayar per tahun dan tiba-tiba ada pekerjaan yang harus membuat Anda pindah rumah, tentu biaya sewa yang sudah dibayarkan akan percuma.

 

Sementara jika per bulan, Anda mempunyai beberapa kebebasan, termasuk bila suatu saat Anda harus pindah karena pekerjaan atau ke tempat tinggal permanen.  

 

Hanya saja, biasanya jika kita sewa langsung satu tahun, pemilik kontrakan biasanya akan memberikan tarif lebih murah per bulannya. Jadi disesuaikan dengan kebutuhan, ya.

 

Itulah beberapa tips atau cara memilih kontrakan yang bisa Anda pertimbangkan.

 

Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Contoh Perjanjian Sewa Rumah yang Benar dan Legal secara Hukum

 

 

Author:

Ferry Fadhlurrahman