Tips Cari Rumah Kontrakan Ideal untuk Tempat Tinggal Sementara

cari rumah kontrakan

Foto: Unsplash

 

Bagi yang belum bisa membeli rumah, menyewa atau mengontrak adalah salah satu pilihan yang paling ideal. Karena sifatnya yang sementara, ini memberikan fleksibilitas kepada penyewa.

 

Biasanya selama masa mengontrak rumah, kita bisa sambil menabung untuk uang muka KPR atau mungkin sedang menunggu rumah selesai dibangun. 

 

Apapun alasannya, mengontrak adalah salah satu hal yang bisa dilakukan sebelum mempunyai rumah sendiri. Karena itu banyak yang cari rumah kontrakan

 

Tapi cari rumah kontrakan yang ideal susah-susah gampang. Tentunya kita bisa dengan mudah mencari rumah yang disewakan di berbagai situs jual beli properti, seperti Rumah123. 

 

Tapi bisa saja belum ada yang cocok atau sesuai dengan yang dibutuhkan. 

 

Nah, kali akan membahas apa aja yang bisa dilakukan saat mencari rumah kontrakan ideal untuk tempat tinggal sementara. Apa saja tipsnya? Berikut penjelasannya:

 

Buat List Rumah Kontrakan Potensial

Buat List Rumah Kontrakan Potensial

 

Saat cari rumah kontrakan, usahakan jangan terlalu terpaku terpaku pada satu rumah. Tentunya kita pasti senang saat menemukan satu rumah yang terlihat bagus dan cocok. 

 

Tapi ada baiknya jangan terlalu terburu-buru memutuskan, lebih baik mencari opsi yang lain juga. 

 

Ya, sebut saja rumah tersebut adalah pilihan pertama dari list rumah kontrakan yang disurvei.

 

Biasanya rumah pertama yang kita datangi memang selalu tampak menarik, hingga akhirnya kita juga tidak mau repot-repot untuk mencari lagi. 

 

Tapi ada baiknya untuk mencari pilihan lain dan melakukan perbandingan. 

 

Bisa saja ada rumah yang lebih menarik, lebih dekat dengan kantor, atau memiliki fasilitas yang lebih baik. Jadi jangan puas dulu dengan rumah pertama ya!

 

Sewa Rumah Fully Furnished

Sewa Rumah Fully Furnished

 

Saat cari rumah kontrakan, usahakan memilih rumah kontrakan yang dalam keadaan fully furnished alias dilengkapi perabotan. 

 

Ini tentu akan menghemat uang untuk membeli barang-barang atau perabotan rumah. Terutama jika memang berencana tinggal tidak lama di kontrakan.

 

Meskipun dari segi harga akan sedikit lebih mahal dari rumah kosongan, tapi jika masih dalam rentang bujet, ya kenapa tidak?! 

 

Perlu diingat, dalam hal ini artinya Anda bisa menghemat dalam jangka panjang dengan tidak membeli barang-barang untuk mengisi rumah kontrakan. 

 

Kalaupun tidak dapat yang fully furnished, setidaknya ada beberapa barang penting yang sudah ada di dalam rumah.

 

Misalnya adalah kasur di kamar tidur, lemari, kitchen set, sofa atau karpet. Barang-barang pelengkap lainnya mungkin bisa Anda beli saat tinggal di sana.

 

Pilih Kontrakan yang Dekat dengan Aktivitas Utama

Pilih Kontrakan ideal

 

Jika Anda adalah seorang pekerja, ada baiknya cari rumah kontrakan di dekat kantor. Begitu juga dengan mahasiswa, usahakan cari yang dekat dengan lokasi kampus. Pemilihan lokasi ini akan berefek hematnya bujet transportasi. 

 

Cari Rumah Sewa Per Bulan

Cari Rumah Sewa Per Bulan

 

Jika memang berencana untuk tinggal di rumah kontrakan hanya beberapa bulan saja atau mungkin tidak lama, coba cari rumah kontrakan yang bisa disewa per bulan. 

 

Ini tentunya akan memberikan keleluasaan untuk Anda, karena selain uang yang dikeluarkan dalam satu waktu tidak begitu besar, kontrakan bulanan juga bisa lebih fleksibel dibanding tahunan.

 

Misalnya jika Anda membayar per tahun dan tiba-tiba ada pekerjaan yang harus membuat Anda pindah rumah, tentunya akan sayang dengan biaya sewa yang sudah dibayarkan. 

 

Tapi jika per bulan, Anda mempunyai beberapa kebebasan, termasuk bila suatu saat Anda harus pindah karena pekerjaan atau ke tempat tinggal permanen.  

 

Hanya saja, biasanya jika kita sewa langsung 1 tahun, pemilik kontrakan biasanya akan memberikan tarif lebih murah per bulannya. Jadi disesuaikan dengan kebutuhan ya.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat cari rumah kontrakan. Jika kesulitan menemukan rumah kontrakan yang ideal, Anda bisa mencari di situs jual beli properti, Rumah123.

 

Baca juga:

Panduan Umum Menyewa Rumah atau Apartemen 

 

 

 

Author:
Ferry Fadhlurrahman

Tambahkan Komentar