Wajib Tahu, Ini 4 Cara Sewa Apartemen yang Baik dan Benar

Cara Sewa Apartemen

Foto: Unsplash

 

Menyewa apartemen mungkin jadi pilihan tepat untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan, khususnya bagi mereka yang ingin hidup serba praktis.

 

Terlebih jika apartemen itu dekat dengan fasilitas publik, yang tentunya akan memudahkan segala aktivitas sehari-hari. 

 

Belum lagi, apartemen pun juga dilengkapi oleh fasilitas internal seperti layanan keamanan 24 jam, area parkir yang luas hingga fasilitas olahraga. 

 

Namun, masih ada banyak orang yang belum tahu tentang tata cara sewa apartemen. 

 

Cara sewa apartemen juga banyak jenisnya, yang bisa disesuaikan dengan waktu dan bujet kita. Misalnya, ada cara sewa apartemen harian, mingguan, bulanan sampai tahunan.

 

Maka dari itu, Anda harus tahu tata cara sewa apartemen yang baik dan benar agar sesuai dengan kebutuhan.

 

Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa apartemen.

 

Beberapa Tips sebelum Menyewa Apartemen

Tips Menyewa Apartemen

Foto: Pexels

 

Beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menyewa apartemen agar memudahkan Anda antara lain adalah:

 

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Dana

Pertama dan paling penting, Anda harus menyisihkan dana khusus untuk menyewa apartemen. 

 

Selain biaya sewa apartemen, Anda juga perlu memikirkan tambahan biaya lainnya seperti biaya memindahkan barang, biaya belanja perabot baru dan juga iuran listrik serta air.

 

Dengan menyesuaikan dana dengan kebutuhan-kebutuhan di atas, Anda bisa mengetahui berapa kisaran harga sewa apartemen yang Anda sanggupi dan pilihan apartemen yang tersedia untuk Anda.

 

Cek Harga, Lokasi dan Keamanan

Tips kedua adalah mengecek harga apartemen yang diminati. Namun pertama-tama, Anda bisa mencarinya melalui iklan sewa apartemen di website properti, seperti Rumah123.

 

Di sini, selain harga Anda juga bisa mencari informasi tambahan seperti ukuran apartemen, kisaran harga sewa apartemen per bulan atau tahun, hingga berbagai fasilitas yang ada di dalamnya.

 

Hal ini diperlukan agar Anda terhindar dari berbagai tindak kecurangan serta penipuan yang biasa dilakukan oleh oknum nakal.

 

Anda pun harus mempertimbangkan lokasinya. Misalnya yang terletak tidak jauh dari kantor.

 

Penting juga untuk memperhatikan kenyamanan dan keamanan dari apartemen yang menjadi incaran. Selalu pastikan apartemen memiliki layanan keamanan yang memadai.

 

Ajak Teman untuk Berbagi Apartemen

Dengan mengajak teman yang sama-sama mencari hunian, Anda bisa berbagi biaya bulanan seperti biaya sewa apartemen dan juga tagihan listrik serta air.

 

Selain lebih hemat, tips ini juga berguna bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan atau sedang mencari pekerjaan di luar kota.

 

Cari Apartemen dengan Ruangan Kecil

Jika Anda berniat untuk menempati apartemen sendiri, alangkah baiknya untuk memilih apartemen dengan ruangan kecil seperti apartemen studio.

 

Mengapa harus apartemen dengan ruangan kecil? Tentunya agar Anda bisa mendapatkan harga sewa lebih murah serta juga akan lebih mudah untuk mendesain ruangan di dalamnya.

 

Selalu Waspada Ketika Mendapat Tawaran Murah

Seperti yang sudah dijelaskan, Anda harus melakukan riset sebelum menyewa sebuah apartemen. Hal ini bertujuan agar Anda tahu Ketika mendapatkan penawaran yang sifatnya mencurigakan. 

 

Misalnya, jika harga pasaran apartemen di suatu kawasan adalah sekitar Rp5 juta per bulan, maka Anda harus waspada ketika mendapatkan penawaran dengan harga yang jauh di bawah angka itu.

 

4 Cara Sewa Apartemen yang Baik dan Benar

Pastikan Ada Surat Perjanjian

Surat-Perjanjian-Sewa-Apartemen

Foto: Unsplash

 

Setelah mendapatkan apartemen yang diminati dan melakukan survei terhadapnya, langkah selanjutnya adalah memastikan kalau ada surat perjanjian sewa menyewa apartemen dari pemilik atau agen properti. 

 

Surat ini berisi aturan-aturan penting mulai dari data diri kedua belah pihak, tarif sewa, durasi sewa, hingga sanksi jika melanggar aturan.

 

Untuk membuat surat perjanjian, hal yang diperlukan biasanya adalah identitas diri berupa nama, tempat tanggal lahir, umur, pekerjaan, NIK, alamat dan nomor telepon.

 

Selain berisi hak dan kewajiban dari kedua belah pihak, surat perjanjian sewa menyewa juga berfungsi sebagai pegangan jika di kemudian hari ada masalah atau kesalahpahaman.

 

Siapkan Dana untuk Pembayaran Uang Muka

uang muka sewa apartemen

Foto: Pexels

 

Setelah yakin dengan unit apartemen yang dipilih, Anda bisa membayar uang muka dengan besaran sesuai kesepakatan, yang biasanya ada di kisaran 50%.

 

Perlu dicatat kalau uang muka harus dilunasi saat serah terima kunci apartemen. 

 

Dalam beberapa kasus, ada juga yang diwajibkan untuk membayar deposit atau uang jaminan. Tentunya, hal ini harus dibicarakan dan disetujui terlebih dahulu.

 

Sebagai bagian cara sewa apartemen, deposit biasanya ditujukan sebagai jaminan atas kerusakan atau kehilangan barang. Uang ini akan dikembalikan jika hal-hal tersebut tidak terjadi.

 

Jadi sebelum sampai ke tahapan ini, Anda harus mengecek terlebih dahulu untuk memastikan kondisi apartemen yang akan ditempati. 

 

Cara Sewa Apartemen via Agen Properti

sewa apartemen via agen

Foto: Unsplash

 

Setelah membaca penjelasan di atas, ada beberapa hal lain perlu Anda ketahui juga. Salah satunya adalah cara sewa apartemen via agen properti.

 

Sewa apartemen via agen properti dapat menjadi opsi jika Anda kurang yakin untuk menyewa apartemen langsung dari pemiliknya.

 

Ada beberapa kondisi yang akan mengarahkan Anda ke opsi ini. Misalnya, pemilik properti tidak jujur atau tidak paham dengan kondisi properti yang ditawarkan.

 

Untuk harga, Anda tidak perlu takut karena agen properti sudah cukup ahli dalam menetapkan harga. Selain itu, seorang agen properti juga dapat bekerja secara profesional.

 

Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

pembayaran sewa apartemen

Foto: Pexels

 

Ketika akan menyewa apartemen dari agen properti atau developer terpercaya, Anda akan diberikan opsi pembayaran yang aman, terjamin dan bisa dilacak.

 

Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari tindak penipuan atau modus kejahatan lainnya.

 

Selain itu, jika penyedia properti adalah pihak yang terpercaya, Anda tentu akan diberi kemudahan dalam segala hal. Termasuk jika harus membatalkan pemesanan apartemen karena satu dan lain hal. 

 

Namun biasanya, pembatalan dapat dilakukan dengan ketentuan denda yang tercantum di surat kerjasama. 

 

Jumlahnya pun berbeda-beda. Ada yang mengembalikan uang 100%, atau ada yang dikembalikan tidak penuh. Sekali lagi, ini sesuai dengan kesepakatan yang dibuat di awal perjanjian.

 

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan cara sewa apartemen yang baik dan benar?

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang berminat mencari apartemen, ya!

 

 

 

Author:

Shandy Pradana

Tambahkan Komentar