Tips Sewa Apartemen Bulanan, agar Hemat Perhatikan Hal Ini


sewa apartemen


Sewa apartemen bulanan menjadi opsi menarik bagi para pencari hunian di kawasan urban. Opsi yang satu ini menawarkan banyak kelebihan dibanding sewa rumah tapak terutama dari segi lokasi dan fasilitas.


Nah
apabila ditinjau dari segi lokasi, kebanyakan apartemen berdiri di tengah kota yang merupakan titik lokasi strategis. 


Oleh sebab itu, bisa disimpulkan bahwa hunian vertikal memang dirancang untuk memudahkan mobilitas penghuninya.


Lalu ditinjau dari segi fasilitas, perusahaan pengembang apartemen biasanya menghadirkan fasilitas menarik yang menunjang gaya hidup modern. Ya hal seperti ini dirancang untuk para penghuni yang suka kemudahan dan kepraktisan.


Contohnya ada apartemen yang memiliki pusat perbelanjaan sendiri guna memudahkan penghuni belanja kebutuhan hidup sehari-hari. 


Ada juga yang menyediakan fasilitas olahraga lengkap seperti kolam renang, fitness center, jogging track dan lain-lain.


Dengan begitu, tak hanya gaya hidup modern yang bisa diwujudkan, tetapi gaya hidup sehat juga. Penghuni pun bisa lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya transportasi apabila fasilitas untuk memenuhi kebutuhan dasar bisa diakses di satu kawasan apartemen.


Namun, tak serta-merta semua apartemen cocok untuk Anda meskipun menawarkan banyak kelebihan. Ada hal-hal yang tak boleh luput dari perhatian saat mencari apartemen yang tepat untuk tempat tinggal.


Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Sewa Apartemen Bulanan?


sewa apartemen bulanan


Sebelum deal atau menyerahkan uang sewa apartemen bulanan kepada si pemilik properti, setidaknya ada enam hal yang harus diperhatikan. Tujuannya untuk memastikan pencari hunian benar-benar mendapatkan tempat tinggal yang cocok.


Lakukan Riset


Langkah awal yang wajib dilakukan agar mendapatkan apartemen yang cocok adalah melakukan riset. Saat riset pencari hunian bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan apartemen yang satu dengan yang lain, lalu menentukan mana yang paling cocok.


Tenang, riset ini tidak rumit kok, sebab pencari hunian tak perlu datang ke lokasi masing-masing apartemen yang dibandingkan. 


Pasalnya riset dengan cara demikian hanya akan menghabiskan waktu, tenaga dan biaya.


Namun lakukan riset sederhana dengan mengunjungi  situs jual beli properti dan sewa apartemen, seperti Rumah 123. 


Melalui situs ini, pencari hunian bisa membandingkan puluhan apartemen dijual atau disewa sambil duduk santai.


Hubungi Pemilik atau Agen Lalu Ajukan Pertanyaan


Pencari hunian bisa dengan mudah menghubungi pemilik properti atau agen apabila menelusuri informasi sewa apartemen bulanan di situs jual beli properti dan sewa apartemen, seperti Rumah 123. 


Ajukan pertanyaan penting saat menghubungi pemilik properti atau agen. 


Contohnya pertanyaan tentang lahan parkir apabila memiliki kendaraan pribadi, apa yang termasuk dan tak termasuk dalam biaya sewa, seberapa sering biaya sewa mengalami kenaikan, dan lain-lain.


Selain itu, pertanyaan seperti apakah boleh membawa hewan peliharaan, mendekor ruangan apartemen dan lain-lain juga patut diajukan. Jangan lupa tanyakan apakah ada uang deposit yang harus dikeluarkan.


Survei Kondisi Apartemen


Setelah melakukan pencarian secara online dan menetapkan apartemen yang dirasa cocok, barulah disarankan untuk datang ke lokasi apartemen secara langsung. 


Tujuan survei ini untuk mengetahui gambaran apartemen secara detail dan memeriksa kondisi apartemen.


Periksa kondisi apartemen dengan seksama, cek apakah ada kerusakan atau tidak ada di bagian dalam unit apartemen yang akan disewa. Amati apakah terdapat lubang atau goresan, lalu catat dan beri tahu pemilik apartemen.


Ya
kerusakan sekecil apapun sebaiknya dicatat dan dikomunikasikan kepada pemilik atau agen supaya tak disalahkan di kemudian hari. Selain itu, periksa juga apakah fasilitas apartemen sesuai dengan yang ditawarkan.


Cek Sinyal Internet


Apabila sudah memastikan kondisi apartemen, jangan lupa untuk mengecek sinyal internet. Hal ini mungkin terdengar sepele ya, tetapi kenyataannya sangat penting apalagi di zaman serba digital seperti saat ini.


Cek apakah sinyal smartphone lancar jaya, jika tidak lancar maka harus dipertimbangkan kembali. 


Apabila apartemen menawarkan fasilitas internet, sebaiknya jaringan internet tersebut dicoba di smartphone atau perangkat gadget lainnya.


Jangan sampai masalah sinyal mengganggu kenyamanan di kemudian hari. Jadi tak ada salahnya terkesan rewel di awal, karena penyewa berhak memastikan kondisi apartemen secara keseluruhan sesuai dengan kebutuhannya.


Buat Kesepakatan Tertulis


Jika sudah memastikan kondisi apartemen dan yakin dengan pilihan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah membuat kesepakatan tertulis atau perjanjian sewa. Hal ini penting karena menyangkut hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat.


Kesepakatan tertulis atau perjanjian sewa ini memuat tentang besaran uang sewa, tanggal pembayaran setiap bulannya, jangka waktu sewa, biaya deposit, dan biaya tambahan lainnya, serta hal-hal lain yang disepakati bersama.


Dengan adanya kesepakatan tertulis atau perjanjian sewa, maka hak dan kewajiban menjadi lebih jelas, apabila ada masalah di kemudian hari maka kesepakatan tertulis bisa menjadi rujukan. 


Dokumen ini hendaknya dibubuhi materai dan tanda tangan agar sifatnya legal.


Tips Hemat Sewa Apartemen Bulanan


apartemen bulanan


Cari Apartemen yang Akses Transportasinya Mudah


Tinggal di apartemen yang berada di tengah kota memang menguntungkan dan memudahkan mobilitas sehari-hari. Namun sayangnya, harga sewa apartemen bulanan di lokasi tersebut biasanya lebih mahal.


Nah
untuk menyiasatinya, carilah apartemen yang berada di pinggiran, tetapi memiliki akses transportasi yang mudah ke tempat kerja, kampus, atau sekolah. Mudah di sini artinya tak memakan biaya transportasi besar.


Cari Apartemen yang Fasilitasnya Sesuai Kebutuhan


Memilih apartemen dengan kondisi ruangan furnished memang menguntungkan, tapi akan terasa mahal apabila bujet yang dimiliki terbatas. 


Oleh sebab itu, jika sudah punya perabotan sendiri, ada baiknya memilih apartemen dengan kondisi unfurnished saja.


Selain itu, cari juga tipe kamar yang sesuai kebutuhan. 


Jangan sampai ruangan dalam apartemen mubazir karena menyewa tipe unit apartemen yang luas, padahal yang tinggal hanya satu atau dua orang saja.


Cari Apartemen yang Menawarkan Banyak Keuntungan


Banyak pemilik apartemen yang mengharuskan penyewa membayar biaya lain di luar biaya sewa apartemen. Biaya lain ini biasanya ditagihkan dalam bill terpisah, misalnya biasa listrik, air, dan biaya perawatan apartemen.


Nah
agar tak repot memikirkan biaya-biaya tersebut, sebaiknya pilih apartemen yang biaya sewanya all in one. Jika semua biaya sudah menjadi satu, maka biasanya akan lebih murah dan lebih menenangkan.


Terapkan Gaya Hidup Hemat


Mengikuti gaya hidup modern dengan tinggal di apartemen bukan berarti harus menghambur-hamburkan uang, kan? Justru hidup hemat sangat disarankan untuk siapapun termasuk mereka yang punya bujet lebih.


Menerapkan gaya hidup hemat bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti jalan kaki ke ke tempat kerja, kampus, atau sekolah apabila jaraknya tak jauh, atau masak dan membawa makan siang sendiri sehingga tak perlu beli.


Semoga tips ini bermanfaat ya!

Tambahkan Komentar