7 Ide Taman Samping Rumah Minimalis untuk Optimalkan Lahan Kosong    

Taman Samping Rumah Minimalis

Foto: pinterest

 

Dekorasi taman jadi salah satu hal yang banyak diminati untuk diterapkan pada hunian akhir-akhir ini.

 

Namun sayangnya, banyak orang hanya fokus untuk mempercantik tampilan taman depan dan taman belakang rumah sehingga mengabaikan area di sampingnya.

 

Hal ini dikarenakan halaman samping memiliki luas yang terbatas dan relatif sulit untuk dikembangkan.

 

Sebenarnya tidak ada patokan pasti mengenai ukuran dalam pembuatan taman di samping rumah, yang kamu perlukan adalah beberapa sentuhan sederhana.

 

Di artikel kali ini, kami berikan beberapa inspirasi menarik yang bisa kamu lirik untuk membuat taman jadi lebih eye catching.

Desain Taman Samping Rumah Bergaya Simpel

Kreasikan Taman Dengan Jalan Setapak  

Kreasikan Taman Dengan Jalan Setapak

Foto: casa-vogue

 

Fungsi utama halaman samping rumah adalah untuk menghubungkan area depan dan belakang tanpa harus melewati bagian dalam rumah.

 

Karena sering dilalui, kamu bisa mendesain taman samping rumah minimalis dengan jalan setapak yang disusun rapi.

 

Agar jalan setapak lebih menarik, kamu bisa gunakan material seperti batu alam, beton dan kayu dengan menambahkan tanaman hias yang seragam.

 

Selain itu kamu juga bisa kreasikan jalur setapak dengan berbagai cara, mulai dari bentuk kotak, bulat, persegi, maupun berkelok-kelok.

 

Jangan ragu untuk tambahkan lampu spotlight di setiap sisi jalan untuk mendapatkan tampilan yang lebih dramatis di malam hari.

 

Ingin memiliki hunian dengan taman samping rumah yang dilengkapi jalan setapak seperti ini, Citaville Parung Panjang bisa kamu jadikan pilihan.

Manfaatkan Bingkai Baja jadi Taman Vertikal

Manfaatkan Bingkai Baja jadi Taman Vertikal

Foto: homestovelove

 

Memiliki halaman samping rumah yang sempit bukan masalah, kamu masih bisa menyiasatinya dengan teknik vertikultur- menanam tanaman secara vertikal.

 

Ya, taman vertikal jadi pilihan tepat untuk mendapatkan taman samping rumah minimalis dan fungsional.

 

Selain hemat tempat dan bisa diletakan di mana saja, juga bisa dijadikan dekorasi cantik untuk pagar rumah yang monoton.

 

Untuk cara pembuatan taman vertikal seperti gambar di atas, bahan yang diperlukan adalah bingkai kotak baja dengan pot di dalamnya. 

 

Jenis tanaman yang bisa kamu pilih antara lain kaktus mistletoe dan untaian mutiara.

Ide Kreasi Taman Mawar Rambat

Ide Kreasi Taman Mawar Rambat

Foto: homestovelove

 

Percantik pekarangan rumah dengan jajaran pergola kayu melengkung atau media tiang lainnya untuk membuat teknik mawar rambat yang menarik.

 

Tak melulu harus ditanam di dalam pot, mawar rambat bisa jadi dekorasi unik nan cantik dari rimbunan bunga yang bermekaran.

 

Menambahkan bangku kecil di bawah pergola akan menyempurnakan desain taman samping rumah minimalis.

Taman Minimalis Bernuansa Hutan Mini

Taman Minimalis Bernuansa Hutan Mini

Foto: gardeningst

 

Penataan taman samping rumah dengan konsep hutan mini bisa kamu lakukan secara sederhana melalui varietas tumbuhan yang sama.

 

Kamu bisa menggunakan jenis tumbuhan pakis hias berbagai ukuran untuk mendapatkan kesan taman hujan tropis yang menakjubkan.

 

Untuk susunannya sendiri bisa dimulai dengan tanaman pakis haji yang berukuran 1 meter, lalu di bawahnya ditambahkan pakis boston.

 

Agar kesan hutan mini makin terasa, sebaiknya tumbuhan tersebut ditanam langsung ke tanah dibandingkan harus menggunakan pot.

 

Konsep serupa dapat kamu aplikasikan di halaman kosong samping rumah cluster Padmagriya Ayana Podomoro Park.

 

Karena cluster ini memiliki lahan samping yang cukup luas, penambahan patio dan kursi santai akan membuatnya semakin menarik dari segi visual.

Memanfaatkan Tanaman sebagai Pagar Alami

Memanfaatkan Tanaman sebagai Pagar Alami

Foto: gardeningst

 

Tak mau pasang pagar atau tembok pembatas, tapi tetap ingin ada privasi?

 

Mungkin contoh desain halaman samping rumah dengan pagar tanaman di atas bisa kamu terapkan.

 

Beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan pagar alami adalah tanaman pucuk merah, bunga asoka dan bambu hias.

 

Selain harganya yang murah, perawatannya pun cukup gampang yakni dengan merapikan pucuk-pucuk tanaman agar tingginya tetap sama rata.

 

Supaya kamu bisa menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan, meletakan kursi rotan dengan bantalan busa bisa jadi pilihan yang tepat untuk bersantai bersama keluarga.

 

Terlebih lagi jika kamu memilih rumah di Citraland Pekanbaru, khususnya di Cluster Fressia yang di masing-masing hunian disediakan taman samping.

Taman Samping Minimalis dengan Kolam Koi

Taman Samping Minimalis dengan Kolam Koi

Foto: pinterest

 

Halaman samping rumah tidak mesti didesain dengan lanskap menggunakan tanaman berbagai ukuran. Kamu bisa padankan taman minimalis dengan kolam ikan koi.

 

Selain itu tambahkan jalan setapak yang terbuat dari beton di atas permukaan kolam, yang akan menghasilkan ilusi optik seolah-olah pijakan tersebut mengambang.

 

Selain terlihat unik, konsep taman seperti di atas mampu memberikan suasana santai dan menenangkan.

 

Baca juga:


6 Desain Rumah dengan Kolam Ikan yang Bikin Hunian Adem

Taman Kering ala Jepang

Taman Kering ala Jepang

Foto: dwell

 

Inspirasi taman samping rumah minimalis satu ini bisa dibilang kreasi taman paling mudah dan sederhana, tapi tetap memiliki nilai estetika tersendiri.

 

Ya, taman kering ala Jepang memang enggak pernah mati gaya dan cocok diterapkan untuk ukuran taman apa saja.

 

Kemudian material yang dibutuhkan pun berupa batu koral hitam, tanaman bambu hias dan sentuhan patung sebagai ciri khas zen garden.

 

Keunggulan dari taman kering minimalis ini adalah mudahnya perawatan.

 

 

Nah, itu dia informasi seputar taman samping rumah minimalis yang bisa menginspirasi proyek lahan kosong di rumah. Semoga artikel ini membantu!

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya