Tips Bagaimana Cara Menata Interior Kantor yang Ideal agar Lebih Produktif

menata interior kantor

Foto : changeboard.com

 

Tak hanya hunian, kantor juga haruslah nyaman sehingga dapat menunjang produktivitas para pegawainya.

 

Suasana kantor yang kondusif tentu saja dapat memengaruhi kinerja para pegawainya, untuk itu bagaimana cara menata interior kantor yang ideal menjadi hal penting untuk diperhatikan.

 

Menata kantor tentu tak boleh asal-asalan, kolaborasi antara konsep, tata letak, pemilihan perabotan haruslah selaras agar menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan efektif.

 

Jika Anda tengah membangun atau merenovasi kantor, berikut ini beberapa tips mengenai bagaimana cara menata interior kantor yang ideal dan bisa Anda ikuti.

 

Sesuaikan dengan Kultur Perusahaan

Sebelum menata interior kantor, ada baiknya kita mengetahui seperti apa kultur dari perusahaan itu sendiri.

 

Seperti yang kita ketahui, budaya sebuah perusahaan saat ini kian beragam, ada yang mengusung kultur formal hingga casual seperti pada startup atau industri kreatif.

 

Perbedaan kultur ini tentu akan memengaruhi konsep kantor secara keseluruhan. Oleh karena itu sesuaikan interior kantor dengan kultur yang dimiliki perusahaan.

 

Misalnya, jika Anda ingin merenovasi interior dari perusahaan startup, tentu nuansa lebih santai dan kreatif menjadi salah satu hal yang bisa ditonjolkan.

 

Meja Kerja yang Tepat

Salah satu perabotan penting yang wajib ada di kantor tentu adalah meja kerja.

 

Pilihlah meja kerja yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan dari setiap divisi yang ada. Tata letak meja juga harus disesuaikan dengan masing-masing departemen.

 

Misalnya, Anda bisa menggunakan pola melingkar untuk departemen tertentu yang sering melakukan diskusi sehingga tak perlu menggunakan ruang rapat karena tata letak meja yang mempermudah komunikasi.

 

Baca juga:

7 Fasilitas Kantor Sewa yang Bikin Kerja Lebih Nyaman 

 

Perhatikan Tata Letak Barang

Beberapa divisi diharuskan untuk berkutat dengan berbagai barang misalnya mesin photocopy, arsip dan lain-lain.

 

Pastikan interior kantor juga didesain sedemikian rupa sehingga karyawan tak kesulitan untuk menemukan barang-barang tersebut.

 

Anda bisa menyediakan lemari atau sudut khusus barang-barang agar tidak tercecer. Jangan lupa untuk memperhatikan penerangan optimal pada setiap ruangan supaya kegiatan bekerja tetap berjalan dengan lancar.

 

Beri Sentuhan Alam

menata interior kantor suasana alam

Foto : homedit.com

 

Bekerja tentu menguras tenaga dan pikiran, oleh karena itu diperlukan sedikit sentuhan alam agar para pegawai senantiasa kembali merasa segar setelah istirahat sejenak.

 

Jika memungkinkan, Anda bisa menyediakan ruang terbuka hijau di kantor atau memberi jendela-jendela besar yang terhubung dengan dunia luar. 

 

Menambahkan sentuhan alam juga bisa dilakukan dengan menggunakan tanaman hias atau menyediakan sudut khusus untuk tumbuhan di ruang kerja.

 

Bekerja tentu akan lebih menyenangkan jika diselingi dengan memandang view alami atau sekedar menikmati udara segar.

 

Baca juga:

Merancang Tata Ruang Kantor Terbuka, Perhatikan 5 Faktor Ini 

 

Ruang Tunggu yang Nyaman

Kantor yang ideal tentu memiliki ruang tunggu tersendiri. Ruangan jenis ini diperlukan terutama jika kantor Anda kerap dikunjungi oleh tamu. 

 

Tambahkan sofa atau kursi yang nyaman di ruang tunggu agar tamu bisa lebih leluasa menunggu. Anda juga bisa menambahkan rak buku berisi bacaan menarik yang sesuai dengan bidang perusahaan.

 

Beri Sentuhan Dekorasi

dekorasi menata interior kantor

Foto : morganlovell.co.uk

 

Hindari suasana menjemukan di kantor dengan menambahkan sentuhan dekorasi yang menarik. Anda bisa bermain dengan berbagai warna seperti biru, merah, hijau untuk beberapa perabotan agar menciptakan nuansa yang ceria dan segar.

 

Jika kantor Anda memiliki budaya yang lebih formal, penambahan dekorasi tetap bisa dilakukan dengan memajang foto kegiatan kantor, lukisan, hingga penghargaan yang pernah diraih.

 

Namun, jika budaya yang dimiliki perusahaan terkesan lebih casual, Anda bisa lebih kreatif lagi bermain dengan warna dan perabotan.

 

Cobalah untuk menambah bantal-bantal empuk berwarna-warni di area santai dekat pantry, jangan lupa juga memberikan sentuhan artistik pada dinding menggunakan lampu neon atau memajang kata-kata motivasi yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

 

Anda bisa mengemas berbagai ide dengan menyenangkan dan ciptakan suasana nyaman di kantor agar kegiatan bekerja jadi lebih efektif.

 

Itulah tadi beberapa tips mengenai bagaimana cara menata interior kantor yang ideal. Pastikan kegiatan bekerja dan komunikasi antar departemen dapat berjalan lancar dengan interior kantor yang tepat. 

 

Bagi Anda yang sedang mencari kantor, ada banyak pilihan kantor untuk disewa ataupun kantor dijual yang bisa Anda cek di Rumah123.  Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba!

 

 

 

Author :

Citra Purnamasari

Tambahkan Komentar