7 Fasilitas Kantor Sewa yang Bikin Kerja Lebih Nyaman

fasilitas kantor

Foto: wework

 

Berkembangnya bisnis dan semakin banyaknya pegawai menjadi tanda bahwa Anda membutuhkan kantor yang lebih luas.

 

Anda tidak harus langsung membeli kantor, sistem sewa gedung kantor bisa jadi alternatif untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis yang sedang dijalankan.

 

Tingginya usaha rintisan yang ada di Indonesia, membuat sewa kantor di tengah kawasan central business jadi favorit banyak orang.

 

Nah, sebelum Anda mulai bersiap pindah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari pemilihan lokasi, grade kantor, harga, dan yang tak kalah penting adalah fasilitas kantor. 

 

Fasilitas kantor jadi hal yang menarik untuk dibahas di artikel kali ini. Penasaran? Yuk, langsung simak penjabarannya. 

 

Inilah Jenis-Jenis Kantor Sewa

CoWorking Space

coworking space

Foto: loftspiration

 

Startup di Indonesia rata-rata lebih memilih sewa coworking space dibandingkan gedung perkantoran ataupun ruko.

 

Faktanya, pada tahun 2019 startup yang menggunakan coworking space sekitar 85%, karena mereka membutuhkan tempat kerja yang menyenangkan dan lebih modern.

 

Tipe kantor dari ruang komunal ini mengusung konsep lebih terbuka tanpa sekat atau menggunakan bilik transparan. Kesan kasual dengan desain yang fresh khas metropolitan jadi daya tarik tersendiri.

 

Biasanya, perusahaan kreatif dan freelance mendominasi kantor ini. Ini dikarenakan fasilitas kantor yang beragam dan bisa digunakan siapa saja, serta biaya sewa dengan pilihan durasi penggunaan.

 

Untuk ukuran ruangan, coworking space menyediakan pilihan yang dapat disesuaikan dengan jumlah pekerja. Ini sudah termasuk fasilitas penggunaan ruang meeting dan area komunal.

 

Sebagai contoh, Gowork yang berada di Menara Rajawali, Mega Kuningan, memiliki luas mencapai 2.000 m2. Menyediakan 4 meeting room dengan kapasitas 4-10 orang. 

 

Lalu, private room  menjadi salah satu paket pilihan yang menyediakan 20 lebih kursi. Untuk harga sewanya sekitar Rp2,8 per bulan.

 

Bahkan saat ini co-working space menjadi salah satu fasilitas internal di beberapa apartemen, misalnya saja The Smith di Tangerang, Core Cipete dan Apartemen One Parc Puri.

 

Serviced Office

serviced office

Foto: allworks

 

Jika Anda memiliki bisnis skala besar dan telah menerima suntikan dana dari banyak investor, maka jenis kantor serviced office jadi pilihan yang tepat.

 

Biasanya kantor ini hanya disewakan dalam keadaan kosong, tapi Anda bisa memilih opsi lain dengan fasilitas kantor sewa yang premium. Pilihan ini sudah mencakup peralatan lengkap kantor.

 

Serviced office sering juga disebut private office yang lokasi kantornya berada di gedung tinggi di pusat bisnis.

 

Untuk sistem sewanya Anda bisa menghubungi langsung perwakilan gedung, atau bisa juga menggunakan jasa pihak ketiga yang akan menyiapkan semua kebutuhan kantor baru.

 

Kantor siap pakai ini memiliki biaya overhead yang rendah dibandingkan dengan kantor konvensional. Biaya tersebut sudah termasuk resepsionis, biaya maintenance, kebersihan dan lainnya.

 

Lalu, jangka waktu sewanya pun cukup fleksibel, yakni mulai dari 6-12 bulan dan bisa menampung pekerja sekitar 1-20 orang.

 

Kisaran harga sewa serviced office mulai dari Rp5 juta/bulan/pax. Harga tersebut dipengaruhi oleh  fasilitas dan kebutuhan yang diinginkan oleh penyewa.

 

Virtual Office

virtual office

Foto: kicoworking

 

Virtual office biasanya digunakan oleh orang yang memiliki bisnis di bidang teknologi dan konsultan serta lebih banyak bertemu orang di luar.

 

Intinya jenis kantor ini tidak memiliki ruangan yang khusus untuk bekerja seperti private office. Dan biasanya jumlah karyawan sekitar 10 orang.

 

Harga yang ditawarkan pun lebih murah dan hemat biaya operasional, tapi Anda masih bisa menikmati fasilitas kantor sewa pada umumnya, seperti ruang meetingpantry, dan lainnya.

 

Selain, tiga jenis kantor diatas, ada juga jenis kantor yang terbagi dalam beberapa kelas, yakni:

 

- Grade A dengan ukuran kantor yang lebih luas dan lebih mahal

- Grade B Fasilitas dan layanan hampir sama dengan grade A

- Grade C memiliki harga sewa kantor yang lebih murah

 

Ragam Fasilitas Kantor Sewa

Setelah mengetahui jenis-jenis kantor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa fasilitas sewa kantor yang bisa membantu meningkatkan performa kerja karyawan.

 

Fasilitas Ruang Meeting

fasilitas ruang meeting

Foto: meriton

 

Ruang rapat menjadi fasilitas kantor yang wajib ada untuk diskusi bersama team dengan suasana formal dan privat.

 

Biasanya penyewaan kantor telah menyediakan berbagai jenis meeting room sesuai dengan kapasitas ruangan. Ada banyak tipe meeting room yang bisa dipilih, seperti:

 

- U-Shape 

Tipe ruangan ini memiliki bentuk pola meja huruf “U” dengan tata letak kursi yang mengelilingi meja. Kapasitasnya bisa menampung sampai 20 orang.

 

- Boardroom

Ruangan satu ini merupakan ruang rapat yang sering dipakai di Indonesia, dengan luas lebih terbatas. Fasilitas di dalamnya ada meja panjang dengan kursi yang saling berhadapan.

 

Baca juga:

Jadi Rekomendasi Ruang Kantor Jakarta Barat, Ini Keunggulan Neo Soho

 

Meja dan Kursi

Layanan kantor sewa biasanya menawarkan dua jenis tipe kantor, yakni tipe unfurnished dan tipe full furnished.

 

Jika Anda menginginkan kantor dengan harga yang murah, maka pihak gedung akan memberikan pilihan kantor kosong tanpa perabot seperti kursi dan meja.

 

Tentu saja, fasilitas tersebut akan membuat cost operasional usaha Anda lebih tinggi. Apalagi harga meja dan kursi cukup mahal dengan hitungan jumlah karyawan yang dimiliki.

 

Untuk tipe full furnished fasilitasnya sudah disediakan, serta kualitasnya pun sangat baik dengan standar yang telah disesuaikan.

 

Fasilitas kantor satu ini jelas penting dan wajib ada, untuk menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif dan nyaman.

 

Office Pod atau Bilik Telepon

bilik telepon

Foto: pinterest

 

Di era modern ini, fasilitas office pod atau bisa dikenal juga dengan bilik telepon semakin dibutuhkan selain room meeting.

 

Kriteria single room dilengkapi dengan kursi, meja, stopkontak, serta ruangan kedap suara, sehingga cocok jadi pilihan tempat kerja bagi karyawan yang membutuhkan suasana tenang.

 

Teknologi dan Multimedia Pendukung

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa, properti dan jenis usaha yang sering mengundang klien ke kantor, pastinya membutuhkan fasilitas berbasis teknologi dan multimedia.

 

Peralatan rapat yang modern dan menunjang presentasi, tentu akan memudahkan untuk menyampaikan informasi. Misalnya saja proyektor, layar LCD, papan tulis, dan lain-lain

 

Lalu, fasilitas wifi yang cepat jadi fitur wajib bagi Anda yang ingin sewa ruang kerja atau kantor.

 

Pantry

pantry

Foto: Pinterest

 

Meski tak semua kantor memiliki pantry, tapi fasilitas ini juga sangat penting. Bersantai ditemani dengan secangkir kopi dan camilan, pastinya akan membuat karyawan bisa lebih rileks.

 

Umumnya pantry menyediakan peralatan makan yang lengkap, mesin kopi, dan berbagai jenis teh yang bisa diambil secara gratis. Ada juga kantor sewa yang menyediakan berbagai camilan.

 

Disediakan juga area makan dengan kursi bar, serta sofa empuk untuk bercengkrama saat istirahat. Fasilitas kantor ini kerap jadi daya tarik, apalagi jika pantry didesain seunik mungkin.

 

Fasilitas Hiburan

fasilitas hiburan

Foto: wework

 

Banyaknya proyek yang harus dikerjakan akan menyita waktu, serta lama kelamaan akan membuat karyawan penat. Jika dibiarkan terlalu lama akan membuat performa menurun.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, kantor-kantor saat ini telah menyediakan fasilitas hiburan yang akan membuat semua orang lebih senang dan kembali semangat.

 

Fasilitas hiburan yang diberikan tidak memakan banyak tempat, tapi tetap menyenangkan saat dimainkan bersama-sama. Misalnya saja, meja pingpong, table football, konsol game atau billiard.

 

Agar tidak mengganggu pekerjaan, penggunaan fasilitas ini dilakukan saat istirahat atau pulang kerja.

 

Fasilitas kantor satu ini juga bisa menjadi media untuk menciptakan bonding yang kuat antar karyawannya.

 

Keamanan

Selain fasilitas kantor yang nyaman dengan suasana yang menyenangkan, Anda jangan melupakan layanan keamanan yang ditawarkan oleh pemilik gedung.

 

Untuk private office atau serviced office memiliki keamanan ganda untuk akses keluar masuk ruangan. Seperti menerapkan sistem sidik jari atau menggunakan kartu akses.

 

Kemudian, kebutuhan kantor yang penting adalah CCTV. Alat keamanan ini bisa membantu mengamankan ruang kantor agar terhindar dari tindakan kriminal, seperti pencurian dokumen.

 

Itulah beberapa fasilitas kantor yang harus Anda ketahui dan diperhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, ya.

 

Baca juga:

5 Kriteria Pemilihan Perabot Kantor yang Baik. Jangan Asal Pilih!

 

 

Author:
Dyah Siwi Tridya