8 Tips Beli Apartemen Second yang Aman untuk Dijadikan Investasi

tips-membeli-apartemen-second

 

Membeli apartemen memang jadi tren para kaum urban yang menginginkan tempat tinggal dekat dengan tempat kerja.

 

Namun, harga yang ditawarkan kadang tidak masuk akal, dan membuat banyak orang mengurungkan niat dan lebih memilih rumah kontrakan.

 

Tapi, tahukah kamu ada alternatif lain dalam membeli hunian, yakni apartemen second?

 

Apartemen second banyak diburu karena menawarkan harga jual yang lebih murah dan sangat cocok untuk dijadikan investasi dengan menyewakannya kembali.

 

Meskipun harga belinya cukup terjangkau, kamu masih perlu berhati-hati dalam memilih apartemen second. Karena tidak menutup kemungkinan ada banyak penipuan yang terjadi.

 

Agar kamu bisa mendapatkan apartemen second dengan proses transaksi yang aman, yuk, simak dulu tips beli apartemen second untuk pemula di bawah ini.

 

Tips Beli Apartemen Second

Survei Apartemen melalui Situs Properti

survei-apartemen-mellaui-situs-properti

 

Di masa pandemi ini, kebanyakan orang enggan untuk melakukan survei langsung ke lokasi properti.

 

Agar tetap aman dan nyaman ketika mencari properti khususnya apartemen second, kamu bisa memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dari rumah.

 

Kini sudah tersedia banyak layanan pencarian properti yang menyediakan banyak pilihan rumah dijual, apartemen, tanah, hingga ruko, salah satunya di situs properti terpercaya Rumah123.

 

Di laman ini kamu bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai apartemen second yang ingin kamu beli, mulai dari harga, lokasi, sampai simulasi KPA.

 

Bagaimana? Mudah banget, kan?!

 

Pilih Lokasi Dekat Tempat Aktivitas

pilih-lokasi-dekat-tempat-aktivitas

 

Jika kamu berniat membeli apartemen second untuk disewakan kembali sebagai investasi properti ada baiknya untuk mencari apartemen dengan lokasi yang prima.

 

Maksudnya, apartemen tersebut terletak di area yang dekat dengan fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat bisnis, perbelanjaan dan transportasi umum.

 

Untuk mempersempit area pencarian apartemen, seleksi target penyewa misalnya saja pekerja kantoran, mahasiswa atau pasangan muda. Contohnya kamu bisa membeli apartemen di Depok dengan target penyewanya adalah mahasiswa.

 

Teliti Kondisi Bangunan

teliti-kondisi-bangunan

Foto: arsitag

 

Setelah menemukan lokasi yang tepat, sebaiknya jangan langsung melakukan transaksi sebagai tanda jadi.

 

Perhatikan dulu atau datang langsung ke lokasi untuk melihat kondisi apartemen, mulai dari kondisi kamar mandi, dapur, kamar tidur dan sebagainya.

 

Selain itu, apartemen second biasanya dijual dalam kondisi fully furnished atau unfurnished dan keduanya memiliki harga jual yang berbeda.

 

Di sini, kamu sudah bisa memprediksi biaya-biaya tambahan seperti renovasi untuk membuat tampilan apartemen lebih baik dan menarik perhatian penyewa.

 

Perhatikan Fasilitas yang Disediakan

perhatikan-fasilitas-yang-disediakan

Foto: agoda

 

Selain mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, pastinya kamu juga membutuhkan pelepas stres dengan memanfaatkan fasilitas internalnya.

 

Beberapa apartemen eksklusif di tengah kota memiliki fasilitas super lengkap dari kolam renang indoor, gym center, taman bermain, parkir yang luas dan lainnya. Namun, harga apartemen second-nya masih cukup mahal.

 

Berbeda halnya dengan apartemen yang menyasar kelas menengah bawah atau apartemen subsidi, biasanya mereka hanya memiliki fasilitas parkir dan taman. Tapi, jika kamu beruntung masih ada yang menyediakan kolam renang.

 

Berani Menawar Harga 

Jangan takut untuk menawar atau nego harga apartemen second sampai mendekati kisaran harga yang kamu inginkan.

 

Hal ini lumrah dilakukan, tapi dengan syarat tetap masuk akal ketika menawar harga.

 

Pertimbangkan juga dari sisi kelengkapan fasilitas, kondisi apartemen, hingga banyaknya unit kamar yang akan kamu beli.

 

Tanyakan Aturan Khusus Apartemen

Meskipun statusnya apartemen second, ketika kamu jadi pemilik baru unit yang dibeli. Maka, kamu harus mengikuti aturan-aturan yang dibuat oleh P3SRS.

 

Agar tidak melakukan kesalahan selama tinggal di apartemen, sebaiknya tanyakan dulu aturan hingga biaya iuran wajib yang harus dikeluarkan sebelum memutuskan untuk beli apartemen.

 

Karena ada beberapa aturan tinggal di apartemen yang tidak memperbolehkan penghuninya membawa hewan peliharaan. Jika tidak ingin kena teguran, telitilah di awal.

 

Cek Legalitas

cek-legalitas-dokumen

 

Tips membeli apartemen second  yang paling penting adalah melakukan pengecekan legalitas dan kelengkapan dokumen apartemen.

 

Adapun dokumen yang perlu kamu periksa adalah HGB milik, SKBG, PPJB, IMB, dan lainnya.

 

Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak kasus apartemen didirikan di tanah sengketa atau tanah milik pemerintahan.

 

Dan hal ini tidak hanya dilakukan developer “bodong” tapi bisa juga terjadi oleh developer ternama.

 

Membeli Apartemen dengan KPA

Kini apartemen second pun bisa dibeli dengan bantuan KPA dari bank. Dan sudah banyak bank yang menawarkan pinjaman dengan suku bunga yang rendah. 

 

Menariknya, kamu bisa melakukan kredit dengan masa tenor yang panjang sehingga cicilan setiap bulannya pun semakin kecil.

 

Itu dia informasi mengenai tips membeli apartemen second yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

 

Buat kamu yang tertarik untuk membeli apartemen second ataupun membeli apartemen baru, Rumah123 menyediakan banyak pilihan menarik. Untuk hunian baru kamu bisa melirik The Elements, Apartement Menara Swasana, Apartemen Louvin dan masih banyak lagi.

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar