OK
logo rumah123
logo rumah123
Pasang Iklan
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Cara Mengajukan KPR Rumah Second, Mudah Anti Ribet

Terakhir diperbarui 06 Mei 2024 · 6 min read · by Miyanti Rahman

KPR Rumah Second

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bukan hanya berlaku untuk pembelian rumah baru. Seandainya lebih tertarik membeli hunian bekas, Anda bisa mengajukan permohonan KPR rumah second.

Oleh karena itulah, Rumah123.com akan mengajakmu untuk memahami cara KPR rumah second. Namun sebelumnya, ketahui dulu apa saja kelebihan membeli rumah bekas.

Kelebihan KPR Rumah Second

Kelebihan KPR Rumah Second

Harga Relatif Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan proyek baru, maka harga rumah bekas relatif lebih murah. Inilah salah satu alasan banyak orang berminat untuk KPR rumah second.

Meskipun di bawah harga perumahan baru, properti secondary tetap menjanjikan kenaikan nilai investasi yang menguntungkan. Nilai jualnya meningkat dari tahun ke tahun.

Harga Negotiable

Menariknya lagi, harga rumah bekas lebih negotiable. Calon pembeli bisa membuat kesepakatan soal harga dengan pemilik hunian sebelum mengajukan KPR bank.

Apabila ada kekurangan pada bangunan misalnya tembok retak, kunci pintu rusak, genteng bocor, nah ini juga bisa menjadi alasan untuk meminta penurunan harga jual rumah.

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Kemampuan KPR","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/kpr\/kemampuan-kpr\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=kemampuankpr&utm_term=kpr","custom_desc":"Perkirakan harga properti yang sesuai kemampuan kamu untuk mencicil KPR","custom_cta":"Cek Sekarang","custom_background":"https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2022\/09\/31222225\/CIMB-Niaga.jpg, https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2022\/09\/31222225\/CIMB-Niaga.jpg","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Ukuran Lahan Lebih Luas

Sebelum menjamur hunian di bawah tipe 60 seperti sekarang, dulu banyak rumah yang dibangun di atas lahan luas. Oleh karena itu, ukuran properti secondary cenderung lebih besar.

Apalagi kalau Anda membeli hunian berusia tua seperti rumah-rumah gaya Belanda. Pemilik membangunnya pada saat kawasan sekitar masih lapang, belum padat penduduk.

Syarat KPR Rumah Second

Syarat KPR Rumah Second

Syarat pengajuan KPR rumah bekas berbeda-beda di setiap bank. Namun umumnya sama dengan KPR primary, di mana pemohon harus memenuhi ketentuan ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 21 tahun pada saat mengajukan KPR atau sudah menikah.
  • Usia maksimal 55 tahun pada saat kredit lunas, atau 65 tahun khusus pensiunan.
  • Menyiapkan sejumlah uang untuk membayar uang muka atau down payment (DP) KPR rumah second, serta biaya-biaya lainnya yang meliputi:
    • Biaya provisi
    • Biaya administrasi
    • Biaya asuransi kebakaran dan jiwa
    • Biaya appraisal
    • Biaya notaris
  • Mengisi formulir pendaftaran dan mengumpulkan syarat dokumen pribadi dan properti.

Ada pun dokumen persyaratan KPR rumah second pribadi yang harus dikumpulkan antara lain:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon dan suami/istri.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi akta nikah/cerai (apabila sudah menikah/bercerai).
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadi/Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPPT) Pajak Penghasilan (PPh) 21.
  • Fotokopi rekening tabungan tiga bulan terakhir.
  • Pas foto 4×6 pemohon dan suami/istrinya.
  • Khusus karyawan/pegawai:
    • Surat keterangan kerja asli.
    • Slip gaji.
  • Khusus profesional:
    • Surat keterangan kerja asli.
    • Fotokopi izin praktik profesi.
  • Khusus wiraswasta:
    • Fotokopi legalitas usaha/surat izin usaha/surat keterangan usaha perusahaan dari pemerintah daerah setempat.
    • Fotokopi laporan keuangan dua tahun terakhir.

Selain mengumpulkan dokumen pribadi, biasanya bank juga akan meminta dokumen properti seperti Sertifikat Hak Milik (SHM), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan bukti pembayaran pajak.

Jangan lupa untuk membuat surat perjanjian jual-beli rumah di atas materai yang ditandatangani oleh penjual dan pembeli rumah. Begitulah syarat pengajuan kredit rumah bekas.

Tahapan Pengajuan KPR Rumah Bekas

Tahapan Pengajuan KPR Rumah Bekas

Pilih Rumah Idaman Anda

Pilih rumah yang Anda inginkan melalui berbagai cara. Misalnya mencari langsung ke lapangan, atau memanfaatkan situs jual beli properti berkualitas seperti Rumah123.com.

Buka halaman rumah dijual untuk menemukan properti secondary dari seluruh Indonesia. Kami mempunyai ribuan listing hunian second berkualitas dengan harga kompetitif.

Jalin Komunikasi dengan Penjual

Jika sudah menemukan rumah yang Anda mau, maka jalinlah komunikasi dengan penjual. Jadwalkan kunjungan langsung untuk mengecek seperti apa kondisi rumah yang Anda bidik.

Apabila sudah tahu bagaimana kondisi rumahnya dan merasa cocok, silakan negosiasikan harga. Sebelum menawar harga, sebaiknya ketahui dulu Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah setempat.

Pilih Bank Penyedia KPR Rumah Bekas

Pilih penyedia layanan KPR rumah bekas yang sesuai, karena sekarang ada banyak bank yang menawarkan produk pembiayaan ini. Contohnya seperti:

Bunga KPR Terbaru

Beli properti impian dengan memilih produk KPR terbaik di Rumah123

Bank DKI
Bank DKI
Suku bunga mulai dari4.56%
Tenor Max.20 Tahun
Bank Mandiri
Bank Mandiri
Suku bunga mulai dari4.65%
Tenor Max.30 Tahun
Bank BRI
Bank BRI
Suku bunga mulai dari3.25%
Tenor Max.25 Tahun

Ikuti Proses Appraisal 

Jika sudah memenuhi syarat pengajuan KPR rumah second yang diminta oleh bank pilihan Anda, ikuti proses penilaian atau appraisal rumah. Ini wajib sebelum bank menerima dan mencairkan kredit.

Proses ini dilakukan untuk menilai kecocokan harga dan pengajuan plafon dengan kondisi rumah yang bersangkutan. Jika ada selisih nilai appraisal dan jual, maka calon pembeli harus membayarnya.

Urus Surat Perjanjian Kredit

Setelah melalui proses appraisal, langkah selanjutnya adalah mengurus Surat Perjanjian Kredit (SPK). Dokumen ini berisi biaya kredit, biaya penalti, besar suku bunga KPR dan kewajiban debitur.

Mengurus surat ini membutuhkan biaya karena harus membuatnya di notaris. Jangan lupa untuk membaca secara cermat isi surat dan tanyakan apabila ada hal-hal yang kurang dipahami.

Ikuti Proses Akad

Jika semua tahapan di atas sudah dilaksanakan, maka proses KPR rumah second berikutnya adalah menandatangani akad kredit. Pihak yang harus hadir dalam tahapan ini adalah:

  • Pembeli dan pembeli rumah.
  • Pihak bank.
  • Notaris
  • Saksi

Pembeli, penjual, dan pihak bank akan menandatangani akad, setelah itu notaris bakal mengurus surat balik nama rumah. Jangan lupa cek biaya balik nama rumah dalam artikel Rumah123.com.

Sedangkan dokumen properti seperti sertifikat rumah, IMB, dan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan ditahan oleh bank sebagai agunan hingga angsuran kredit terakhir lunas.

Berapa Lama Proses KPR Rumah Second?

Lamanya KPR rumah bekas sangat tergantung kepada situasi bank pilihan Anda. Apakah bank tersebut sedang menerima banyak pengajuan kredit rumah atau tidak?

Jika banyak, otomatis memakan waktu lama karena verifikasi data panjang. Selain itu tergantung kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan, makin lengkap tentu makin cepat.

Umumnya, memakan waktu paling cepat dua minggu sampai dengan enam bulan. Nah kalau mau lebih cepat dan praktis, Anda bisa menggunakan jasa pengurusan KPR rumah second.

Apakah Bisa KPR Rumah Second Tanpa DP?

KPR rumah second tanpa DP tidak bisa, sebab penjual pasti meminta uang muka sebagai tanda jadi. Program kredit rumah DP nol dan bebas PPN pun biasanya diperuntukan bagi pembeli hunian baru.

Walaupun begitu, Anda bisa menegosiasikan persoalan uang muka ini dengan penjual rumah. Ada kemungkinan down payment bisa dibayarkan secara bertahap asalkan penjual sepakat.

Itulah tata cara KPR rumah second yang perlu diketahui. Pada dasarnya, langkah-langkah mengajukan kredit rumah bekas tidak jauh berbeda dengan rumah anyar.

Jasa Pengurusan KPR Rumah Second

Jasa Pengurusan KPR Rumah Second

Bicara tentang  jasa pengurusan KPR rumah second, sekarang Anda bisa mengajukan KPR bank primary maupun secondary melalui situs jual beli properti Rumah123.com.

Buka halaman KPR bank, lalu pilih bank penyedia kredit yang Anda inginkan. Isi data diri yang diminta, selanjutnya tim Rumah123.com akan menghubungi dan membantu mengajukan KPR.

Pemohon juga bisa memanfaatkan fitur khusus untuk melakukan simulasi kemampuan kredit, mengecek kelayakan KPR, dan mempelajari semua hal tentang kredit rumah di pusat informasi KPR.

Semoga informasi ini membantu!

{"attributes":{"type":"banner","custom_title":"Pusat Informasi KPR","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/pusat-informasi-kpr\/?utm_source=panduan123&utm_medium=artikel&utm_campaign=pusatinformasikpr&utm_term=kpr","custom_desc":"Temukan Segala yang Perlu Kamu Ketahui tentang KPR","custom_cta":"Cek Sekarang","custom_background":"https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerDesktop.png, https:\/\/www.rumah123.com\/asset-core\/images\/wpBannerMobile.png","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}

Punya pertanyaan seputar properti? Yuk, Tanya Rumah123 di sini!

Tahapan Selanjutnya

{"attributes":{"type":"floatingbanner","widget_type":"overlay","custom_background":"https:\/\/events.rumah123.com\/wp-content\/uploads\/sites\/38\/2020\/09\/02173422\/floating-tebus-rumah.gif","custom_link":"https:\/\/www.rumah123.com\/properti-penawaran-khusus\/?utm_source=panduan123&utm_medium=floatingbanner&utm_campaign=penawarankhusus","position":"floating","pdp_id":[""]},"pdp":{"data":{"GetPropertiesByOriginID":{"properties":[]}}},"strapi":null,"baseUrl":"https:\/\/www.rumah123.com"}