Pindah ke Apartemen? Patuhi dan Ketahui Peraturan Tinggal di Apartemen Berikut Ini!

apartemen

 

Dewasa ini tinggal di apartemen telah menjadi tren dan gaya hidup yang diminati banyak kalangan, khususnya generasi milenial.

 

Akses yang mudah, fasilitas lengkap juga harga yang masih terjangkau menjadi alasan kuat apartemen banyak diburu keberadaannya.

 

Sama seperti hunian lainnya, apartemen juga memiliki sejumlah peraturan yang dimiliki dan perlu dipatuhi oleh penghuni, demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

 

Lalu, apa saja peraturan tinggal di apartemen? Apa kewajiban, tanggung jawab serta hak yang harus dipenuhi penghuni? 

 

Simak terus uraian lengkap seputar peraturan tinggal di apartemen ini.

 

Jika hendak membeli apartemen, sebaiknya Anda memperhatikan berbagai peraturan tinggal dengan melihat poin kewajiban, tanggung jawab hingga hak penghuni.

 

Dengan begitu, Anda bisa dengan nyaman tinggal atau sewa apartemen dengan perasaan yang leluasa.

 

Kewajiban dan Tanggung Jawab Penghuni

Berikut ini adalah peraturan dan tata tertib yang bisa menjadi referensi saat Anda tinggal di apartemen, yang tercantum pada Pasal 61 PP No. 4 Tahun 1988 ayat 2 untuk kewajiban para penghuni rumah susun.

 

Membayar Biaya IPL Rutin

Membayar biaya IPL atau yang banyak dikenal sebagai maintenance fee atau service fee merupakan kewajiban dan tanggung jawab yang dibayarkan penghuni. 

 

Biaya IPL telah tercantum dalam PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli. 

 

Untuk biayanya sendiri, IPL akan diperhitungan sesuai dengan luas unit apartemen. 

 

Biaya IPL biasanya digunakan untuk pengelolaan operasional gedung, kebersihan dan keamanan gedung hingga biaya asuransi.

 

Selain itu, biaya IPL juga dapat dikondisikan sesuai dengan fasilitas gedung apartemen. 

 

Jika Anda sewa apartemen, selain membayar IPL adapun biaya lain yang harus dibayarkan meliputi listrik, air, tagihan telepon dan pajak sekaligus premi asuransi kebakaran.

 

Baca juga:

Rincian Biaya Tinggal di Apartemen, Berapa Dana yang Harus Disiapkan? 

 

Fungsi Apartemen sebagai Lokasi Hunian

apartemen sebagai lokasi hunian

 

Peraturan tinggal di apartemen yang menjadi tanggung jawab penghuni adalah perlunya menerapkan fungsi apartemen sebagai lokasi hunian, bukan sebagai lokasi untuk membangun usaha dalam jenis apapun.

 

Tentu saja hal ini menjadi peraturan tinggal di apartemen yang mendasar, agar tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan penghuni lainnya.

 

Tanggung Jawab terhadap Kebersihan

menjaga kebersihan apartemen

 

Menjaga kebersihan bersama menjadi peraturan bersama yang wajib ditaati para penghuni termasuk membuang sampah secara teratur.

 

Penghuni apartemen biasanya dilarang menyimpan sampah sembarangan di koridor, bagian depan kamar apartemen hingga melempar sampah dari lantai atas ke bawah.

 

Dilarang Memasang Umbul-Umbul

Memasang umbul-umbul, spanduk, poster dan sejenisnya tanpa seizin pihak apartemen tentu saja tidak diperbolehkan. 

 

Hal tersebut akan mengganggu dengan kenyamanan para penghuni lain.

 

Dilarang Membawa Hewan Peliharaan

peraturan tinggal di apartemen dilarang membawa hewan

 

Saat membeli apartemen, sebaiknya Anda perhatikan dahulu beberapa peraturan yang tertera, salah satunya mengenai hewan peliharaan.

 

Biasanya beberapa apartemen tidak mengizinkan para penghuni untuk membawa masuk dan memiliki hewan peliharaan di dalam apartemen. 

 

Hal tersebut dipertimbangkan demi menjaga kebersihan sekaligus kenyamanan para penghuni yang lain.

 

Parkir Teratur

tata tertib parkir di apartemen

 

Peraturan mengenai parkir di apartemen biasanya menjadi tanggung jawab yang harus diperhatikan para penghuni. 

 

Jumlah unit parkir dan lahan yang tersedia di apartemen biasanya terbatas, sehingga masing-masing penghuni sudah memiliki stiker khusus untuk lahan parkir.

 

Namun hal tersebut pun tergantung dengan jumlah unit yang diberikan dan juga kebijakan pengelola tempat parkir.

 

Selain itu, para penghuni juga wajib membayar biaya parkir per bulan. Ada pula apartemen yang menggratiskan biaya parkir. 

 

Sebaiknya Anda memeriksa biaya parkir per bulan dengan berbagai ketentuan, apakah pihak pengelola melakukan ganti rugi bila kendaraan rusak dan tidak.

 

Adapun kewajiban-kewajiban yang perlu dipenuhi seperti mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam suatu rumah susun sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga dan memelihara lingkungan bersama. 

 

Hak Penghuni

Selain kewajiban dan tanggung jawab, adapun hak penghuni yang diatur dalam Pasal 61 PP No. 4 Tahun 1988 ayat 1 meliputi; memanfaatkan rumah susun dan lingkungan sebagai bagian bersama, mendapat perlindungan sesuai Anggaran Rumah Tangga hingga memlih dan dipilih sebagai Anggota Pengurus Perhimpunan Penghuni sebagai perangkat RT/RW.

 

Selain itu, terdapat hak yang didapat seperti:

 

Pemeliharaan dan Perbaikan

pemeliharaan apartemen

 

Setiap penghuni dikenakan service charge, di dalamnya termasuk biaya dan administrasi pajak, asuransi yang telah ditetapkan perhimpunan penghuni.

 

Selain itu, terdapat sinking fund yang merupakan pemeliharaan fasilitas yang rusak pada apartemen. Anda dapat menerima fasilitas ini secara teratur, tentunya jika membayar biaya ini setiap bulan.

 

Sinking fund biasanya memelihara fasilitas di dalam kamar apartemen seperti penggantian plafon yang rusak, air kamar mandi yang bocor dan sebagainya.

 

Dapat Mengakses Fasilitas Apartemen

fasilitas di apartemen

 

Hak yang selanjutnya didapatkan para penghuni adalah akses ke fasilitas di dalam kawasan apartemen meliputi kolam renang, jogging track, sarana olahraga dan kesehatan, taman, minimarket dan sebagainya.

 

Melakukan Pembangunan di Unit Terkait

renovasi apartemen

 

Jika tinggal di apartemen, saat hendak melakukan pembangunan atau renovasi tentu memiliki peraturan yang wajib dipatuhi. 

 

Para penghuni memiliki hak melakukan renovasi apartemen di unit terkait tanpa mengganggu kenyamanan penghuni lain.

 

Pemilik unit pun diwajibkan untuk melapor kepada pihak pengelola gedung sebelumnya perihal pelaksanaan renovasi unit apartemen.

 

Peraturan Lainnya

Selain hak dan kewajiban, adapun beberapa peraturan tinggal di apartemen lainnya yang perlu diperhatikan antara lain adalah saat menanggulangi keadaan darurat. 

 

Keadaan darurat yang biasanya diterapkan adalah latihan kebakaran dan evakuasi seluruh penghuni apartemen, minimal satu tahun sekali yang wajib diikuti.

 

Pastikan juga saat Anda hendak membeli apartemen, mengetahui kelengkapan apartemen untuk keadaan darurat meliputi:

 

a. Smoke detector

b. Heat detector

c.  Sprinkle

d. Hydrant

e. Tangga darurat

 

Nah, itulah sejumlah peraturan tinggal di apartemen yang dapat dijadikan referensi untuk para calon penghuni. Apartemen di Jakarta dan juga kota-kota besar biasanya sudah banyak yang menerapkan peraturan ini demi menjaga kenyamanan bersama.

 

Bagi Anda yang sedang mencari pilihan apartemen menarik bisa kunjungi Rumah123. Beberapa pilihannya ada LRT City Tebet, SQ Res dan masih banyak lagi.

 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

 

 

 

 

Author:
Rachmi Arin Timomor

Tambahkan Komentar