4 Tips Investasi Properti di Indonesia yang Wajib Anda Tahu!

tips investasi properti


Berbicara mengenai investasi yang tepat dan tentunya menguntungkan, maka salah satu investasi terbaik yang bisa menjadi pilihan adalah investasi properti.


Ditengah naik turunnya dunia bisnis dan ekonomi di Tanah Air bahkan dunia, sudah seharusnya kita mencari salah satu cara tetap aman, dengan cara berinvestasi.


Investasi properti dinilai stabil dan tetap menguntungkan terutama dalam jangka waktu yang panjang.


Maka dari itu tak heran jika bisnis properti baik hunian, apartemen hingga ruko banyak dipilih karena tidak mudah tergerus oleh dampak inflasi dan kondisi lainnya.


Tapi, bukan berarti investasi properti sama sekali tidak memiliki resiko.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang properti.


Tak hanya untuk menghindari hal yang tak diinginkan, Anda pun juga dapat memiliki proyeksi seperti apa keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi tersebut.


Untuk bisa segera memulai investasi properti agar sukses dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan, Anda dapat mengikuti tips berikut :

 

  • Tentukan Pengembang

 


Berbicara mengenai properti maka tentunya tidak akan pernah lepas dari developer atau pengembang.


Peran pengembang pada berbagai jenis properti baik itu area residensial, apartemen, atau bentuk properti lain tentu sangat penting.


Pengembang yang memiliki reputasi baik, profesional dan memiliki jam terbang tinggi tentunya akan menghasilkan projek yang baik.


Penting untuk melihat track record dari para pengembang properti yang masuk ke dalam list Anda.


Cek setiap proyek yang telah mereka kembangkan, apakah setiap proyek tersebut memiliki reputasi baik dan menguntungkan? Tentu hal tersebut dapat menjadi pertimbangan.


Mungkin jika Anda bingung dalam memilih pengembang properti yang sesuai, maka Anda bisa memilih pengembang yang telah lama berkecimpung di dunia properti ketimbang memilih pengembang baru.


Jadi, melakukan riset pada pengembang bisa menjadi sebuah langkah awal yang dapat Anda lakukan jika ingin memulai investasi properti.

  • Jangan Lupakan Faktor Lokasi!

 

investasi apartemen


Tak hanya pengembang yang memegang peranan dalam investasi Anda, lokasi properti tersebut dibangun juga harus Anda pertimbangkan.


Lokasi merupakan sebuah faktor penting yang dapat menentukan nilai investasi dari properti incaran Anda.


Misalnya, properti yang dibangun di kota besar dengan lokasi yang strategis dan dikelilingi berbagai sarana publik dan akses mudah, tentu akan memberikan nilai tambah pada properti.


Bahkan, saat ini ada banyak properti baik itu residensial, apartemen dan jenis properti lainnya yang dibangun di area dekat kawasan bisnis, pusat perbelanjaan dan destinasi lainnya.


Jadi, Anda juga perlu melakukan riset lokasi yang akan Anda ‘bidik’ sebagai area investasi. Pastikan Anda mendapatkan lokasi yang strategis dan memiliki kemudahan akses.

 

Baca juga: Tips Investasi Apartemen Menguntungkan

 

  • Pertimbangkan Fasilitas yang Dimiliki

     

Siapa yang tidak tertarik dengan fasilitas internal yang lengkap dari sebuah perumahan atau apartemen?


Perlu diingat juga bahwa fasilitas merupakan salah satu hal yang juga banyak dicari oleh para pemburu properti.


Saat ini, misalnya, jika seseorang tengah mencari sebuah hunian berupa rumah maupun apartemen, mereka juga turut mempertimbangkan fasilitas internal apa saja yang bisa mereka nikmati.


Mulai dari fasilitas keamanan, fasilitas olahraga seperti kolam renang atau jogging track hingga fasilitas lainnya yang mungkin sulit ditemukan pada kebanyakan properti. Misalnya saja sauna, spa, hingga clubhouse.


Jadi, sebelum Anda menentukan properti yang tepat untuk menjadi sarana investasi ada baiknya Anda juga mencari tahu kelengkapan fasilitas yang ditawarkan.

 

  • Konsep dan Desain

     

     

design apartemen


Selain hal-hal di atas, Anda juga harus memperhatikan konsep dan desain yang diusung oleh pengembang.


Rumah Model Minimalis Modern

 

rumah minimalis


Mungkin judul di atas sering Anda lihat pada iklan-iklan rumah di berbagai tempat, tapi tahukan Anda apa itu rumah minimalis. Di artikel ini, kita akan membahas sedikit mengenai rumah model minimalis dan kriteria yang biasanya terdapat pada rumah bergaya simpel tersebut.


Rumah model minimalis tidak melulu imut


Rumah minimalis yang biasa diplesetkan orang dengan sebutan "minim abis" bukan berarti rumah berukuran kecil. Ini terbukti dari banyaknya rumah-rumah besar yang mengadopsi gaya arsitektur tersebut.So, rumah minimalis bukan terpacu pada dimensi melainkan gaya arsitektur yang sifatnya minimalis.


Kalau menurut saya pribadi, pengertian rumah minimalis adalah rumah yang cenderung mengutamakan fungsionalitas tanpa mengurangi kecantikan rumah tersebut.


Ini bisa terlihat dari minimnya profil dan ornamen serta unsur penataan yang ada pada rumah bergaya minimalis. Karakter yang ada pada rumah model begini biasanya lebih bersih, sudah pasti ga ribet dan terlihat lebih cool.


Totalitas dalam berminimalis


Idealnya, rumah minimalis tidak hanya terletak pada tampilan eksterior semata tapi juga interior dan perabotan yang digunakan. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan fungsi di setiap ruangan. Ruang dengan konsep minimalis tidak mempunyai banyak sekat dan dekorasi yang berlebihan.


Selain itu, sirkulasi udara dan pencahayaan alami lebih dimaksimalkan. Karakter ruangan yang terdapat pada rumah minimalis lebih kentara, hal tersebut dikarenakan bentuk ruangan yang cenderung geometris dengan absennya pernak-pernik yang dianggap tidak perlu. Pada akhirnya, karakter yang tercipta disebabkan oleh keberadaan ruang itu sendiri dan bukan oleh perabotan rumah yang digunakan.


Penggunaan perabot dan furnitur yang tidak terlalu banyak bukan hanya menghilangkan kesan sumpek pada suatu ruangan, tapi juga bisa mempermudah dalam penataan cahaya lampu.


Bila Anda cermat dalam memilih dan menempatkan jenis lampu (lampu gantung, lampu sorot, lampu tanam dsb), rumah Anda bisa terlihat lebih artistik di malam hari. Permainan cahaya yang baik sudah pasti akan memberikan tampilan yang lebih cantik dan menarik pada suatu bangunan rumah.


Saya pribadi sangat menyukai konsep rumah minimalis karena lebih fungsional, efisien dan ringan. Selain itu, rumah modern minimalis bisa dibilang simbol gaya hidup bagi mereka yang tinggal di kota metropolis. Bagaimana dengan Anda?


Terkadang, desain dan konsep bisa menjadi sesuatu hal yang menarik dari sebuah properti, hingga bisa memengaruhi nilai investasi properti tsb.


Saat ini saja telah banyak beragam konsep hunian hingga apartemen yang menarik perhatian. 


Baca juga: Panduan Investasi Properti, Pengertian hingga Kelebihan dan Kekurangannya


Misalnya konsep smart home yang saat ini bisa dibilang cukup populer dan banyak diterapkan pada berbagai perumahan modern.


Atau konsep hunian minimalis hingga kontemporer yang juga menjadi model rumah yang banyak disukai.


Bagaimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk berinvestasi di dunia properti?


Jangan lupa untuk selalu melakukan riset dan memperbanyak pengetahuan tentang properti agar investasi Anda dapat berjalan dengan baik.


Anda juga bisa mulai mencari pilihan properti seperti rumah , apartemen maupun properti lainnya di rumah123.com ya!


Selamat mencoba!

Tambahkan Komentar