Wujudkan Kesan Elegan dan Teduh dengan Rumah Gaya Belanda

Rumah Gaya Belanda

 

Salah satu peninggalan era kolonial yang masih ada hingga saat ini ialah keindahan arsitekturnya.

 

Beberapa kota di Indonesia memiliki cukup banyak bangunan bersejarah yang kental, serta ciri khas arsitektur kolonial termasuk Belanda.

 

Misalnya di Kota Kembang, Bandung, Anda bisa dengan mudah menemukan gedung-gedung bersejarah bergaya Belanda hingga rumah dengan sentuhan serupa.

 

Benar sekali, tak hanya tempat bersejarah yang menggunakan arsitektur kolonial, tempat tinggal pun bisa. Jika Anda tengah mencari inspirasi hunian yang unik dengan sentuhan khas tempo dulu, maka rumah gaya Belanda bisa jadi pilihan.

 

Kokoh dan Kuat

Kokoh dan Kuat

 

Salah satu ciri dari rumah gaya Belanda ialah bangunannya yang terkesan kokoh dan kuat, meski telah dimakan zaman.

 

Justru semakin lama bangunan berdiri, maka tampilannya menjadi semakin indah karena kesan elegan dan unsur sejarahnya.

 

Kokohnya bangunan khas Belanda tentu bukan tanpa sebab, pasalnya rumah-rumah gaya Belanda menggunakan material yang kuat seperti batu bata tebal. 

 

Bahkan, salah satu tips yang kerap diterapkan pada bangunan Belanda adalah tembok yang berlapis. 

 

Untuk membuat rumah jadi lebih sejuk, rumah gaya Belanda menggunakan dua atau lebih lapisan tembok sehingga dinding jadi lebih tebal.

 

Tebalnya dinding dapat menyerap panas dengan baik, sehingga bagian dalam hunian tersebut akan terasa lebih sejuk.

 

Konstruksi rumah gaya Belanda juga dibuat sekokoh mungkin, mulai dari pondasi batu hingga atapnya. Lantainya pun kerap menggunakan marmer sehingga lebih awet.

 

Atap yang Cenderung Tinggi

Atap yang Cenderung Tinggi

Foto : thegorbalsla.com

 

Salah satu ciri dari rumah gaya Belanda lainnya ialah atapnya yang lebih tinggi ketimbang hunian dengan desain minimalis atau modern.

 

Atap tinggi juga mampu menciptakan sirkulasi udara yang lebih lancar, sehingga seluruh ruangan yang ada akan terasa lebih sejuk. 

 

Trik ini jugalah yang membuat hunian gaya Belanda lebih nyaman dan adem.

 

Jendela yang Besar

Jendela yang Besar

 

Rumah gaya Belanda cenderung memiliki jendela berukuran besar. Sebab biasanya rumah Belanda memiliki lahan yang cukup luas dengan kesan megah, sehingga jendelanya pun menyesuaikan dengan ukuran bangunan.

 

Kehadiran jendela yang lebar juga dapat memudahkan udara serta cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. 

 

Seperti yang kita ketahui, hunian sehat tentu membutuhkan pencahayaan yang cukup. Menariknya, rumah gaya Belanda memang dirancang untuk menciptakan suasana ideal sebagai tempat tinggal.

 

Biasanya Hanya Terdiri dari Satu Lantai

Ciri lain dari rumah gaya Belanda ialah jumlah lantainya. Hunian kolonial yang berukuran besar dan luas biasanya hanya memiliki satu lantai.

 

Jarang sekali ada rumah Belanda yang bertingkat, karena kebutuhan akan ruangan biasanya sudah tercukupi dengan memiliki satu lantai saja.

 

Desainnya Elegan

Sudah menjadi ciri khasnya bahwa rumah gaya Belanda memiliki desain yang elegan tanpa terlihat berlebihan.

 

Komposisi warna, material dan bentuk berpadu dengan sempurna, hingga mampu menonjolkan kesan klasik nan menawan tanpa harus menggunakan warna emas atau detail ukiran.

 

Meski terkadang detailnya pun rumit tapi tidak mendominasi tampilan bangunan. Justru sebaliknya, kehadiran garis tegas membuat bangunan nampak lebih berwibawa dan kokoh.

 

Malah semakin digerus waktu, semakin cantik pula tampilan bangunannya. Itulah salah satu hal menarik dari rumah gaya Belanda.

 

Pekarangan Luas dan Tanpa Pagar

Meski bukan hal yang mutlak namun rumah gaya Belanda biasanya memiliki pekarangan luas tanpa pagar, yang membuat siapapun dapat melihat keindahan bangunan secara langsung.

 

Bayangkan, memiliki hunian dengan sentuhan klasik yang elegan dengan taman cantik nan luas. Tentu siapapun akan terpesona dengan tempat tinggal Anda.

 

Jika Anda memiliki tanah kavling yang luas, maka membangun rumah bergaya Belanda bisa jadi pilihan. 

 

Namun jika tidak ingin membangun rumah gaya Belanda dari nol, Anda bisa membeli landed house yang mengusung konsep serupa, seperti Grand Cinunuk di Bandung

 

Rumah bergaya Belanda memang menjadi salah satu konsep favorit dan tak akan lekang oleh waktu. Justru, bangunan jenis ini dapat menjadi pengingat bagi kita akan dahsyatnya sejarah masa lampau.

 

Semoga artikel ini dapat memberi Anda pengetahuan baru, ya.

 

(Foto : pinterest)

 

 

 

Author :

Citra Purnamasari

Tambahkan Komentar