OK

Inspirasi Bay Window, untuk Hunian yang Lebih Menawan

Bay Window (cover)

Foto : harveywindows.com

Istilah bay window mungkin masih terdengar asing di telinga beberapa orang. Namun, jenis jendela satu ini bisa jadi sebuah trik jitu untuk memberikan tampilan menawan pada hunian.

Jadi, apa itu bay window?

Bay window merupakan tipe jendela yang menjorok keluar. Bentuk jendela ini mengambil inspirasi desain bergaya Victorian yang populer di abad ke-18.

Bentuknya yang menjorok keluar menciptakan ruang di bagian dalam jendela. Sehingga, banyak yang memanfaatkan space tersebut sebagai tempat memasang pernak-pernik hingga menjadi area duduk.

Bagaimana, tertarik? Simak dulu yuk, ulasan lengkapnya berikut!

Kelebihan Bay Window

Berikut ulasan mengenai kelebihan bay window yang wajib diketahui jika ingin memasangnya di rumah.

Membuat Ruangan Terlihat Lebih Besar

Ingin memberikan kesan ruangan lebih lega? Gunakan jendela satu ini.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bay window menciptakan ruang di dalam jendela yang secara tak langsung memberikan efek ruangan jadi lebih besar.

Ruangan Jadi Lebih Terang

Bay window biasanya berukuran besar, sehingga tak heran jika cahaya matahari jadi lebih leluasa memasuki ruangan.

Jika Anda tengah mencari solusi untuk ruangan yang tampak terang, maka bay window bisa jadi solusinya.

Baca juga:

Rumah dengan Jendela Besar, Keunggulan dan Inspirasinya

Menjadi Sudut Estetis

Salah satu fungsi yang paling disukai dari bay window adalah kesan estetis yang diberikan oleh jendela satu ini.

Biasanya, rumah-rumah Eropa dan Amerika saja yang menggunakan jendela seperti ini. Meski terkesan vintage namun bay window tetap stylish.

Inspirasi Bay Window

Setelah mengenal berbagai kelebihan dari bay window, berikut ini beberapa inspirasi desainnya yang ciamik dan bisa Anda tiru.

Bay Window Klasik dengan Tirai

Bay Window Klasik dengan Tirai

Foto : fifimcgee.co.uk

Jika tak ingin menciptakan area duduk yang menempel langsung dengan jendela, Anda masih bisa membuat tampilan bay window tetap mempesona. Salah satunya dengan bentuk jendela melingkar dengan warna putih yang klasik.

Warna putih akan menciptakan kesan bersih, apalagi jika dipadukan dengan bay window yang lebar membuat ruangan jauh lebih lapang dan terang.

Agar ruangan tampak semakin manis jangan lupa tambahkan gorden atau tirai dengan warna senada dengan panjang hingga mencapai lantai.

Tirai seperti ini akan memberikan ilusi ruangan terlihat lebih besar, dan tentu saja lebih anggun.

Bay Window dengan Sofa Custom

Bay Window dengan Sofa CustomFoto : architecturaldigest.com

Biasanya terdapat tempat duduk custom agar bisa pas dengan luas ruang yang ada dalam jendela. Kehadiran sofa seperti ini juga bisa jadi trik untuk meminimalisir penggunaan ruang karena sofa diletakkan pada ruang tambahan di dalam jendela.

Tak hanya itu, sofa yang berada dalam area jendela juga bisa menjadi sudut estetis dan nyaman terutama untuk mengobrol dengan keluarga.

Jika tak ingin repot membangun bay window sekaligus dengan area duduk, Anda bisa melirik Apartemen Greenpark Terrace yang dilengkapi dengan jendela jenis ini.

Bay Window Sekaligus Area Duduk

Bay Window Sekaligus Area Duduk

Foto : pellabranch.com

Jika sebelumnya terdapat inspirasi bay window dengan tempat duduk custom, kali ini terdapat inspirasi jendela yang dilengkapi area duduk dari tembok.

Alih-alih menciptakan ruang di bagian dalam jendela, justru space kosong tersebut dimanfaatkan menjadi tempat duduk yang terbuat dari tembok sehingga kelihatan lebih menyatu.

Trik ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai desain simple. Selain bisa menjadi area duduk, jendela jenis ini juga bisa menjadi tempat untuk menaruh pajangan.

Bay Window Berbentuk Persegi

Bay Window Berbentuk PersegiFoto : architecturaldigest.com

Tak selalu melingkar, Anda juga bisa menggunakan bentuk lain untuk bay window. Salah satunya adalah persegi.

Seperti pada inspirasi di atas, bay window terlihat tak begitu besar dan cenderung lebih sederhana. Untuk itu, imbangilah tampilan jendela dengan menggunakan bantal sofa berwarna-warni atau sentuhan hangat dari perabotan lain.

Bay window dengan bentuk persegi juga lebih cocok diterapkan pada hunian minimalis dan modern karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Berbeda dengan bay window melingkar yang terkesan megah dan anggun, bentuk persegi lebih mudah dipadukan dengan banyak desain. Bahkan, kesan maskulin juga bisa Anda dapatkan melalui jendela berbentuk persegi seperti pada gambar.

Itulah keunggulan dan inspirasi desain bay window yang menakjubkan.

Jadi, tertarik punya rumah dengan bay window? Untuk yang sedang cari rumah dijual di Tangerang, bisa pertimbangkan Boston Village.

Bisa pula intip Cluster Paddington at Wisata Bukit Mas, khusus bagi yang sedang cari info jual rumah Surabaya.

Semoga artikel ini dapat memberi Anda manfaat ya!

Author :

Citra Purnamasari

Rekomendasi Properti