Konsep Klasik: Ide Rumah Idaman yang Patut Dicoba

Ide rumah idaman

 

Setiap orang tentu memiliki kriteria atau ide rumah idaman sendiri. Apalagi saat ini perkembangan dalam dunia arsitektur dan desain juga kian pesat sehingga memberikan banyak inspirasi untuk tempat tinggal impian.

 

Rumah modern atau minimalis, menjadi salah satu contoh konsep yang mungkin banyak dipakai terutama di hunian masa kini. Tapi tak hanya konsep modern atau minimalis, masih banyak inspirasi yang bisa ditelusuri dan diterapkan, salah satunya ialah desain klasik.

 

Apa yang terlintas di benak Anda begitu mendengar hunian dengan konsep ini?

 

Tidak, desain klasik tidaklah membosankan. Justru, jika Anda tengah bingung mencari ide rumah idaman yang tepat, maka gaya klasik bisa jadi pilihan tepat.

 

Ciptakan Suasana Homey dan Nyaman

Salah satu keunggulan dari hunian dengan konsep klasik ialah bisa menimbulkan kesan nyaman dan homey. Suasana yang tercipta juga terbilang hangat dan mengingatkan kita dengan rumah Eropa atau rumah Amerika di tahun 80-90 an.

 

Salah satu ciri dari hunian klasik adalah langit-langit tinggi yang dapat membuat rumah terasa lebih sejuk. Lalu tambahkan jendela berukuran besar untuk menyeimbangkan ukuran bangunan sekaligus memaksimalkan pencahayaan. 

 

Buat Ruang Semi Terbuka

Ciptakan ruang semi terbuka

 

Punya sisa lahan namun bingung digunakan untuk apa? Ide rumah idaman di atas bisa Anda tiru. Cobalah untuk menciptakan ruangan semi terbuka yang didominasi kaca untuk memberi kesan dekat dengan alam.

 

Hunian-hunian klasik banyak yang menyertakan konsep seperti ini, biasanya ruangan jenis ini digunakan sebagai area duduk atau tempat makan kecil. Ruang semi terbuka ini bisa terhubung langsung dengan halaman. Anda pun bisa menambahkan berbagai tanaman hias untuk memberi nuansa segar.

 

Hadirnya sudut seperti ini tentu akan menjadi area menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga.

 

Sentuhan Warna Putih

Bingung mencari warna yang tepat untuk hunian idaman?

 

Cobalah untuk memilih warna putih sebagai warna yang dominan. Putih tergolong netral dan mudah dipadukan dengan berbagai warna dan motif lain. 

 

Hunian klasik juga banyak menggunakan warna satu ini. Jika takut bosan, Anda juga bisa menambah unsur warna lainnya seperti coklat atau hitam, bahkan Anda juga bisa memberi sentuhan berbeda dengan menggunakan wallpaper motif pada sebagian kecil dinding sebagai variasi.

 

Untuk eksterior, Anda bisa menggabungkan warna putih dengan material kayu atau batu bata agar menambah kesan hunian ala Eropa di tahun 70 an.

 

Bagaimana? Menarik bukan?

 

Langit-langit Kaca

Langit-langit kaca

 

Ingin memberi kesan unik sekaligus membuat ruangan jadi lebih terang?

 

Coba untuk menambahkan material kaca pada langit-langit seperti pada ide rumah idaman di atas. Tak perlu menyulap seluruh langit-langit dengan kaca, cukup pada bagian tertentu untuk menciptakan kesan elegan pada ruangan.

 

Namun, sebelum merombak ruangan, pastikan dulu cahaya matahari tidak langsung menyorot ke kaca, karena jika salah perhitungan, ruangan malah akan terlalu silau dan panas.

 

Ide satu ini juga ideal jika Anda menetap di daerah yang cukup sejuk, misalnya saja pegunungan. Jika tertarik, Anda bisa menerapkan konsep serupa pada villa pribadi atau rumah singgah.

 

Komposisi yang Tepat

komposisi yang tepat

 

Kombinasi warna, perabotan, tata letak yang tepat tentu harus diperhatikan dengan baik guna menciptakan hunian nyaman.

 

Konsep klasik pun begitu, Anda bisa memilih berbagai furniture minimalis untuk menghindari kesan ‘kolot’ namun tetap mempertahankan gaya klasiknya. 

 

Misalnya, penggunaan meja makan minimalis namun dihiasi vas bunga vintage, atau menambahkan bantal-bantal sofa dengan gaya serupa mampu menyeimbangkan suasana dalam ruangan. 

 

Jika ruangan terasa terlalu ‘biasa’ coba tambahkan lampu gantung kristal untuk memberi kesan mewah namun tidak terlihat berlebihan.

 

Ide rumah idaman dengan konsep klasik terletak pada komposisi yang tepat dari perabotan, warna, hingga material yang digunakan.

 

Nah, kalau Anda tertarik memiliki hunian idaman klasik, ada lho rekomendasi hunian yang mengusung konsep serupa seperti Boston Village di Tangerang.

 

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Sumber foto: westburygardenrooms.com

 

 

 

Author :

Citra Purnamasari

Tambahkan Komentar