OK

Inilah Rumah Studio, Hunian yang Cocok untuk Pasangan Muda

rumah studio

Foto: Archello

Lahan kian terbatas, harga rumah makin mahal dan biaya hidup pun makin tinggi, semua itu jadi deretan permasalahan yang harus dihadapi generasi saat ini.

Rangkaian kondisi di atas membuat banyak orang termasuk pasangan muda, kesulitan dalam mencari rumah impian. 

Namun bukan berarti tidak bisa, pasalnya saat ini ada banyak cara untuk tetap memiliki tempat tinggal pribadi tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Salah satunya adalah dengan membeli apartemen studio atau rumah studio.

Tapi, apakah tinggal di rumah studio memberi sensasi yang sama seperti rumah biasa? Apa saja keunggulan dari jenis properti ini?

Agar lebih jelas, mari simak ulasan lengkapnya di bawah!

Apa Itu Rumah Studio?

rumah-studio-adalahFoto: Square Inch Home

Rumah studio adalah rumah yang menggabungkan area kamar, ruang tamu, dan dapur ke dalam satu ruangan tanpa sekat.

Karena hanya ada satu ruang serba guna di dalamnya, kamu pun lebih leluasa dalam menata furnitur di dalam rumah tipe studio. 

Konsepnya yang open space alias tanpa sekat, membuat ruangan yang mungil ini terasa lebih lapang. Lalu, apa saja keunggulan dari rumah minimalis modern tersebut?

Keunggulan Rumah Studio

Mungil tapi Nyaman

rumah-studio-nyaman

Foto: Design Cafe

Rumah studio sudah pasti berukuran mungil, namun hunian ini tetap nyaman karena biasanya tak banyak sekat sehingga memberi kesan lebih lapang.

Rumah studio jelas cocok untuk kamu yang tinggal sendirian atau berdua dengan pasangan, karena tempat tinggal tipe ini tidak memiliki banyak ruangan.

Salah satu hunian yang menawarkan sensasi mungil tapi nyaman adalah rumah di Kaze Living, yang bisa dipertimbangkan jika kamu sedang mencari rumah dijual di Depok.

Mudah Dirawat

rumah-studio-mudah-dirawatFoto: Decoratorist

Ukurannya yang tidak besar membuat rumah studio lebih mudah dirawat. Kamu pun tak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk bersih-bersih. 

Bahkan jika sibuk, proses bersih-bersih bisa dilakukan satu atau dua kali seminggu.

Jika tinggal di rumah studio, kamu tak perlu bantuan dari asisten rumah tangga. Jadi, tak usah mengeluarkan biaya tambahan untuk menjaga kebersihan tempat tinggal.

Baca juga:

Ragam Desain Apartemen Studio Type 21 yang Nyaman dan Unik

Nilai Investasi Menjanjikan

investasi-rumah-studioFoto: ArchDaily

Berubahnya gaya hidup masyarakat juga mengubah kebutuhan akan tempat tinggal. 

Saat ini banyak orang yang mengincar rumah atau apartemen studio untuk dihuni karena dinilai lebih murah dan praktis.

Otomatis, jika kamu memiliki rumah studio tentu properti ini bisa dijadikan instrumen investasi masa depan yang menguntungkan.

Kamu juga bisa menambah passive income dengan menyewakan rumah tersebut, lho.

Mengingat kebutuhan hunian kian tinggi, tak ada salahnya memiliki rumah model studio.

Namun sebelum memilih rumah studio yang tepat, pertimbangkan faktor lokasi, fasilitas, dan juga kualitas yang disuguhkan, ya!

Tips Menata Rumah Studio

Menata rumah studio

Foto: interiorzine.com

Berukuran mungil membuat rumah studio sedikit tricky dalam penataannya. Berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi dalam menata hunian tersebut.

Gunakan Perabotan Multifungsi

Menggunakan furniture multifungsi bisa menghemat ruang di rumah studio, misalnya, ranjang yang menyatu dengan lemari atau laci penyimpanan.

Perabot semacam ini terbilang sangat fungsional dan “unik,” sehingga Anda tidak perlu lagi membeli lemari tambahan sebagai media penyimpanan.

Perabotan jenis ini pada dasarnya menggabungkan dua atau lebih fungsi dalam satu barang, sangat cocok untuk digunakan pada hunian sempit. 

Tata Letak yang Tepat

Tata Letak yang Tepat

Foto: thenordroom.com

Tak hanya memilih furniture yang tepat, penataannya juga harus diatur sedemikian rupa agar tidak membuat ruangan tampak sempit.

Kamu bisa mengatur tata letak perabot dan menempatkannya pada satu ruangan saja.

Misalnya menggabungkan antara ruang makan dan ruang TV, ini jelas akan lebih menghemat ruangan ketimbang membaginya menjadi dua area.

Rumah studio tanpa dinding pemisah memberi kemudahan bagi kamu untuk menata ruang. Jika dirasa perlu memisahkan ruangan, kamu bisa memakai sekat rumah minimalis.

Perabotan berukuran kecil dan berbentuk minimalis juga bisa jadi pilihan, karena akan membuat ruangan tampak lebih lapang dan sederhana. 

Manfaatkan Dinding

dinding-rumah-studio

Foto: The Home Depot

Jika dirasa masih membutuhkan ruang lebih, cobalah untuk memanfaatkan dinding ruangan seperti memakai ambalan ketimbang membeli lemari atau laci.

Kamu juga bisa menggunakan gantungan baju minimalis alih-alih lemari besar untuk menyimpan pakaian. 

Apalagi jika kamu hanya tinggal sendiri atau berdua, tentu ini tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besar.

Bagaimana, mudah bukan?

Itulah tadi beberapa manfaat serta tips menata rumah studio yang bisa diikuti. 

Jika tertarik untuk memiliki atau tinggal di hunian vertikal berukuran studio, terdapat juga beberapa pilihan menarik di Rumah123.

Ada The Alton ApartmentApartment The Kalindra Malang, hingga Greenpark Terrace yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus instrumen investasi properti.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga:

5 Inspirasi Interior Apartemen Studio Super Stylish dan Nyaman

Author:

Citra Purnamasari

Rekomendasi Properti