7 Tips Cerdas Jual Apartemen dengan Cepat dan Harga Tinggi

jual apartemen


Jual apartemen tentu tidak mudah, apalagi jika kamu baru melakukannya untuk pertama kali. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar apartemen tersebut bisa terjual dengan cepat dan harga tinggi.


Sekilas tentang apartemen, hunian vertikal yang satu ini memang cukup digemari masyarakat. Minimnya ketersediaan rumah tapak di kota-kota besar membuat banyak orang beralih tinggal di apartemen.


Selain faktor di atas, faktor kelengkapan fasilitas sosial, publik, serta kemudahan akses yang dimiliki oleh apartemen menjadi daya tarik sendiri bagi orang-orang untuk menjadikan apartemen sebagai hunian.


Oleh sebab itu, peluang investasi apartemen sebenarnya cukup menjanjikan di masa depan. Agar tidak rugi ketika jual apartemen, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.


Kisaran Harga Jual Apartemen Tahun 2020


harga jual apartemen


Tentu saja, hal pertama yang perlu dilakukan saat jual apartemen adalah mengetahui harga pasaran dari apartemen tersebut. Secara umum, harga hunian vertikal ini terus berubah-ubah setiap tahunnya.


Harga apartemen sendiri dipengaruhi oleh lokasi, fasilitas umum dan sosial yang tersedia, hingga tipe dan luasan dari unit apartemen. 


Semakin baik lokasi yang ditawarkan, tentu harganya jadi semakin mahal.


Contohnya saja di Ibu Kota Jakarta, kisaran harga jual apartemen di kota tersebut kini mencapai Rp35 juta per meter persegi. 


Di beberapa kawasan, harga tersebut bahkan lebih mahal dari harga pasarannya.


Seperti apartemen di dekat stasiun MRT, sebagai infrastruktur publik yang ditunggu-tunggu oleh warga Jakarta, MRT ampuh mendongkrak harga jual properti yang ada di sekitarnya.


Bukan cuma itu, apartemen yang dilalui oleh jalur MRT pun ikut mengalami peningkatan. 


Persentase lonjakan harga tersebut bahkan mencapai 6-7 persen, lho! Sangat menguntungkan bukan?


Setelah mengetahui kisaran harga jual apartemen, agaknya kamu sudah siap melakukan jual-beli hunian vertikal yang satu ini. Tanpa perlu berlama lagi, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.


Tips Jual Apartemen dengan Cepat dan Harga Tinggi

 

  • Bersihkan dan Tata Ulang Apartemen

menjual apartemen


Unit apartemen yang rapi dan bersih tentu lebih diminati calon pembeli. Maka dari itu, jika kamu ingin menjual apartemen bekas atau secondary, maka kamu wajib menjaga kondisi unit apartemen.


Jangan sungkan untuk memperbaiki detail-detail kecil yang rusak pada ruangan. Jika perlu, tata ulang dekorasi unit apartemen tersebut agar terlihat lebih menarik dan enak dipandang mata.

 

  • Lunasi Segala Iuran yang Menunggak

 

Sama seperti hunian lainnya, apartemen juga memiliki iuran bulanan yang harus penghuni bayar, seperti iuran listrik, iuran air, hingga Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) apartemen tersebut.


Dengan melunasi segala iuran  yang menunggak, kamu bisa jual apartemen dengan harga lebih tinggi. Pasalnya, jika ditotal, biaya iuran tersebut bisa mencapai ratusan ribu, lho.

 

  • Pasarkan Melalui Situs Properti

 

Dewasa ini, orang-orang lebih suka mencari properti lewat internet atau situs-situs properti. Pilihlah situs properti terpercaya yang mampu membantumu dalam menjual apartemen secara cepat.


Salah satu laman yang bisa kamu coba adalah Rumah123


Sebagai salah satu portal properti terbesar di Indonesia, banyak orang mempercayakan situs ini dalam memenuhi segala kebutuhan properti mereka.


Baca juga: 
Pilih Media yang Tepat untuk Memromosikan Properti Anda

 

  • Sertakan Informasi dan Foto yang Jelas

tips jual apartemen


Menyambung tips jual apartemen sebelumnya, ada beberapa peraturan tidak tertulis yang harus dipenuhi saat membuat listing di situs jual-beli properti, salah duanya adalah menyertakan info dan foto yang jelas.


Informasi terkait luas bangunan, lokasi, hingga harga harus dicantumkan secara ringkas dan jelas. 


Pastikan tersedia beberapa foto, agar calon pembeli mendapatkan gambaran tentang properti yang akan ia beli.

 

  • Bekerjasama dengan Agen Properti

 

Untuk memperbesar peluangmu menjual apartemen secara cepat dan harga tinggi, kamu boleh meminta bantuan agen properti. 


Nantinya, agen akan membantu jual apartemen tersebut ke jaringan yang ia miliki.


Diskusikan juga harga yang ingin kamu dapatkan dengan agen, jika harga
tersebut tidak sesuai maka minta masukkan dari agen agar apartemen yang kamu miliki dapat terjual dengan harga tinggi.


Baca juga: 
Sebaiknya Gunakan Agen Properti Saat Membeli Rumah

 

  • Jual Apartemen Beserta Perabotannya

 

Harga apartemen full furnished dengan harga apartemen kosongan tentu berbeda. Untuk meningkatkan harga jual apartemen, kamu boleh saja mengisi apartemen tersebut dengan perabotan yang lengkap.


Jika perlu, tentukan tema ruangan atau desain interior apartemen. 


Beberapa desain apartemen yang cukup diminati oleh pembeli adalah apartemen minimalis, apartemen modern dan bertema skandinavia.


Nah,
itu tadi beberapa tips yang bisa kamu ikuti ketika menjual unit apartemen. Semoga tips di atas bisa membantumu menjual apartemen secara cepat dan harga yang tinggi, ya.


Selamat mencoba!


Author:

Yuhan Al Khairi

Tambahkan Komentar