OK

7 Tips Beli Apartemen dan Menjualnya agar Bisnis Properti Lebih Untung

tips beli apartemen

Beli apartemen tentu tidak mudah, apalagi jika Anda baru pertama kali melakukannya. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar apartemen yang dibeli dalam kondisi baik dan aman.

Sekilas tentang apartemen, hunian vertikal ini memang cukup digemari masyarakat. Minimnya ketersediaan rumah di kota-kota besar membuat banyak orang beralih tinggal di apartemen.

Selain faktor di atas, kelengkapan fasilitas sosial, publik serta kemudahan akses, turut menjadi daya tarik bagi orang-orang untuk menjadikan apartemen sebagai hunian.

Karena itu, peluang investasi apartemen sebenarnya cukup menjanjikan di masa depan. Tak hanya sebagai tempat tinggal, Anda juga bisa beli apartemen sebagai investasi.

Kisaran Harga Jual Apartemen Tahun 2021

harga jual apartemen

Tentu saja, hal pertama yang perlu dilakukan saat beli atau jual apartemen adalah mengetahui harga pasaran dari apartemen tersebut.

Secara umum, harga hunian vertikal ini terus berubah-ubah setiap Ini dipengaruhi oleh lokasi, fasilitas umum dan sosial yang tersedia, hingga tipe dan luasan dari unit apartemen tersebut.

Semakin baik lokasi yang ditawarkan, tentu harganya jadi semakin mahal. Contohnya di Ibu Kota Jakarta, kisaran harga jual apartemen di kota ini mencapai Rp35 juta per meter perseginya.

Di beberapa kawasan, harga tersebut bahkan lebih mahal dari harga pasarannya.

Seperti apartemen di dekat stasiun MRT, sebagai infrastruktur publik yang ditunggu-tunggu oleh warga Jakarta, MRT ampuh mendongkrak harga jual properti yang ada di sekitarnya.

Bukan cuma itu, apartemen yang dilalui oleh jalur MRT pun ikut mengalami peningkatan.  Persentasenya bahkan bisa mencapai 6-7 persen, lho! Sangat menguntungkan, bukan?

Setelah mengetahui kisaran harga jual apartemen, agaknya Anda sudah siap melakukan proses jual-belinya. Jika demikian, berikut tips beli apartemen untuk pemula yang patut diketahui.

7 Tips Beli Apartemen dan Menjualnya

Perhatikan Legalitas Apartemen

Tips beli apartemen yang pertama tentu memperhatikan legalitas apartemen. Pastikan pengembang memiliki sertifikat penting seperti HGB, IMB, dan lain-lain.

Anda pun bisa melihat track record pengembang. Untuk menghindari tindak penipuan, belilah unit apartemen dari pengembang yang sudah terpercaya. 

Kelengkapan legalitas tentunya juga penting saat ini Anda ingin menjual kembali unit apartemen.

Cek Kebersihan dan Tata Ruangnya

Cek Kebersihan dan Tata Ruangnya

Unit apartemen yang rapi dan bersih tentu lebih diminati calon pembeli. Maka itu jika Anda ingin membeli apartemen bekas atau secondary, cek kondisi unit, kebersihan dan tata letak ruangnya.

Pastikan apartemen dalam kondisi layak untuk dihuni, pertimbangkan juga jika ada bagian yang membutuhkan renovasi, apakah Anda sanggup untuk mengeluarkan budget lebih atau tidak.

Tips beli apartemen satu ini jangan sampai dilupakan ya, karena ini memengaruhi kenyamanan Anda dan keluarga selama tinggal di dalamnya.

Baca juga:

Untung Rugi Investasi Apartemen dan Cara Memilih Unit yang Prospektif

Pastikan Apartemen Bebas dari Iuran

Sama seperti hunian lainnya, apartemen juga memiliki iuran bulanan yang harus penghuni bayarkan, seperti iuran listrik, air, hingga Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) apartemen.

Jika tidak ingin repot, Anda bisa memilih apartemen yang sudah bebas dari segala iuran. Namun harap diingat, biasanya apartemen ini memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Cari Melalui Situs Properti

 Cari Melalui Situs Properti

Saat ini, orang-orang lebih suka mencari properti lewat internet atau situs-situs properti. Pilihlah situs properti terpercaya, yang mampu membantu Anda dalam membeli apartemen yang tepat.

Salah satu laman yang bisa dicoba adalah rumah123.com. Sebagai portal properti terbesar di Indonesia, banyak orang mempercayakan situs ini dalam memenuhi kebutuhan propertinya.

Anda bisa memilih apartemen sesuai dengan lokasi, rentang harga, hingga fasilitas yang tersedia jika membeli lewat situs Rumah123.

Bahkan situs ini juga menyediakan pilihan properti baru dari pengembang-pengembang terpercaya di Tanah Air, lho, seperti Apartemen Bassura City, Lexington Residence, The Accent, dan masih banyak lagi. 

Menjual properti melalui situs properti seperti ini tentunya juga sama mudahnya. Anda hanya perlu memasang foto dan deskripsi iklan yang menarik.

Mencari Apartemen melalui Agen Properti

Salah satu tips beli apartemen yang bisa Anda ikuti adalah mencari melalui agen properti. 

Biasanya agen akan memberikan berbagai opsi properti, termasuk apartemen yang sesuai kebutuhan kita. Karena itu, Anda bisa mencocokkan pilihannya sesuai bujet dan kemampuan.

Pertimbangkan Perabotan dalam Apartemen

Harga apartemen full furnished dengan harga apartemen kosongan tentu berbeda. Jika tidak keberatan dengan harga yang lebih mahal, maka hunian vertikal full furnished bisa jadi pilihan.

Sekali lagi, sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Sebisa mungkin belilah apartemen yang nyaman untuk ditinggali. 

Apartemen full furnished seperti ini tentunya juga memiliki nilai lebih jika dijual kembali.

Nah, itu tadi beberapa tips beli apartemen dan menjualnya yang bisa Anda ikuti. Semoga tips di atas bisa membantu ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Pilih Media yang Tepat untuk Mempromosikan Properti Anda

Author:

Yuhan Al Khairi

Rekomendasi Properti