Sebelum Beli atau Sewa, Ketahui Fasilitas Apartemen yang Wajib Ada Ini!

Apartemen sebagai hunian vertikal dewasa ini banyak diminati berbagai kalangan. 

 

Seiring dengan itu, apartemen pun terus dikembangkan oleh developer sebagai hunian yang nyaman dan berlokasi strategis.

 

Idealnya, sebuah apartemen banyak ditemukan di kawasan premium di kota-kota besar. Misalnya saja pilihan apartemen mewah di Jakarta yang kebanyakan berada di kawasan Kelapa Gading dan Kuningan.

 

Hunian vertikal ini pun kerap dilengkapi dengan sejumlah fasilitas modern dan memadai yang dapat menunjang aktivitas para penghuni. 

 

Beragam fasilitas yang ditawarkan pun tentunya menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebelum beli atau sewa apartemen.

 

Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan dan ingin tinggal di apartemen dijual, berikut ini adalah sejumlah ulasan fasilitas apartemen yang wajib ada. 

 

Simak selengkapnya!

 

Fasilitas Parkir

fasilitas apartemenarea parkir

 

Apartemen biasanya memiliki fasilitas parkir. 

 

Hal ini harus jadi salah satu yang perlu diperhatikan, mengingat biasanya lahan parkir yang disediakan terbatas. Apalagi biasanya para penghuni tidak hanya memiliki 1 kendaraan pribadi. 

 

Dengan tersedianya lahan parkir yang memadai, penghuni pun tidak akan kebingungan untuk memarkirkan kendaraan nantinya.

 

Biasanya para penghuni apartemen telah memiliki lahan tersendiri dengan stiker (tanda) khusus.

 

Penting untuk diperhatikan, Anda pun perlu mengetahui besaran biaya parkir per bulan. 

 

Lakukan pula pengecekan apakah jika kehilangan kendaraan atau rusak pihak pengelola akan melakukan ganti rugi atau tidak.

 

Biasanya, lahan parkir di apartemen akan tersedia di lantai basement sehingga perlu dicek apakah kawasan basement dilengkapi CCTV dan pengawasan 24 jam.

 

Fasilitas Keamanan 

fasilitas keamanan apartemen

 

Salah satu alasan banyak yang memilih apartemen sebagai tempat tinggal adalah karena memiliki sistem keamanan yang lebih canggih dan aman.

 

Sistem keamanan di apartemen biasanya telah terencana dengan baik dan terjamin oleh pengembang. 

 

Bahkan beberapa apartemen di Jakarta sudah mulai menerapkan keamanan tinggi dari gerbang utama.

 

Fasilitas keamanan yang berada di apartemen ini biasanya didukung oleh security dengan penjagaan selama 24 jam.

 

Para petugas keamanan sudah memiliki jobdesk patroli rutin yang tersebar di beberapa titik apartemen, seperti gerbang masuk, pintu masuk dan lobi hingga basement.

 

Apartemen pun memiliki fasilitas keamanan berupa CCTV yang aktif selama 24 jam. Ini merupakan kamera pengawas dengan sinyal analog yang tersebar di seluruh area penting apartemen.

 

Selain itu, fasilitas keamanan di apartemen turut dilengkapi dengan access card berupa kunci elektronik yang berbentuk mirip kartu ATM dilengkapi sistem kode.

 

Access card pun dapat digunakan ke berbagai area di apartemen yang tidak dapat diakses sembarang orang seperti lift, gerbang parkir kendaraan dan kamar apartemen.

 

Fasilitas Rekreasi

fasilitas apartemen taman bermain anak

 

Apartemen memiliki kawasan yang lebih terbatas dibandingkan perumahan cluster. Namun hal tersebut tidak menjadikan apartemen kekurangan fasilitas rekreasi.

 

Biasanya apartemen akan dilengkapi halaman belakang untuk menunjang fasilitas playground, kolam ikan bahkan area barbeque sebagai tempat bersantai sekaligus berkumpul bersama kerabat terdekat.

 

fasilitas apartemen kolam renang

 

Tak lupa, apartemen pun biasanya akan dilengkapi fasilitas kolam renang yang bisa menjadi fasilitas berolahraga dan sarana rekreasi. 

 

Kolam renang di apartemen pun biasanya ada yang terletak di luar ruangan maupun dalam ruangan. 

 

Sarana rekreasi yang selanjutnya yang terdapat di apartemen adalah rooftop yang biasanya dilengkapi taman dan bar, sehingga dapat menjadi lokasi berkumpul yang nyaman.

 

Fasilitas Ruang Terbuka Hjau

fasilitas apartemen taman terbuka hijau

 

Apartemen biasanya berlokasi di perkotaan yang padat oleh bangunan atau gedung-gedung tinggi, sehingga masyarakatnya kekurangan area hijau. 

 

Oleh sebab itu, fasilitas terbuka hijau atau taman, kerap kali jadi fasilitas menarik di apartemen, salah satunya yang bisa dimiliki oleh Southgate Apartment.

 

Ruang terbuka hijau di apartemen pun berada di kawasan halaman atau belakang apartemen yang dilengkapi dengan tempat duduk untuk area bersantai.

 

Dengan adanya ruang terbuka hijau di apartemen, dapat menjadikan hunian vertikal lebih sejuk, bersih dan nyaman.

 

Fasilitas Kesehatan dan Olahraga

Apartemen juga banyak yang dilengkapi fasilitas kesehatan dan olahraga di dalam kawasannya, sehingga bisa menunjang aktivitas penghuni untuk hidup lebih sehat.

 

fasilitas apartemen area gym

 

Aneka fasilitas berupa kolam renang, jogging track hingga jalur sepeda.

 

Bahkan juga ada tempat gym atau sarana kebugaran di apartemen yang bisa menunjang kesehatan, karena ada banyak alat olahraga yang bisa digunakan, seperti treadmill, barbell, weight plates dan sebagainya.

 

Biasanya para penghuni yang membeli apartemen, akan otomatis memiliki akses dan menjadi member sehingga bisa dengan bebas melakukan aktivitas olahraga.

 

Fasilitas Area Komersial

fasilitas apartemen area komersial

 

Tinggal di apartemen berarti para penghuni akan tinggal di suatu gedung yang tinggi. Sehingga akan sangat merepotkan jika untuk memenuhi kebutuhan, mereka harus keluar area hunian. 

 

Oleh sebab itu, biasanya pihak apartemen akan menyediakan area komersial yang berada masih di dalam kawasan apartemen sebagai fasilitas. Biasanya area komersial ini berupa retail, minimarket, pusat kuliner dan tenant lainnya.

 

Selain itu, apartemen juga turut dilengkapi fasilitas yang menunjang gaya hidup dan kebutuhan seperti perbankan dan ATM Center, kafe hingga juga ada layanan internet (WiFi).

 

Membeli apartemen sangat diminati karena sejumlah keunggulan fasilitas yang telah disebutkan di atas. 

 

Selain menjadi tempat tinggal yang nyaman, apartemen pun dapat dijadikan sarana investasi properti yang menjanjikan di masa depan.

 

Tertarik untuk membeli apartemen? Penuhi kebutuhan hunian Anda hanya melalui situs properti Rumah123.

 

 

 

Author:

Rachmi Arin Timomor

Tambahkan Komentar