OK

5 Desain Eksterior Rumah Minimalis 2 Lantai yang Cantik

29 September 2022 · 4 min read · by Shandy Pradana

Eksterior Rumah Minimalis 2 Lantai

Foto: Homedit 

Sudah menjadi rahasia umum kalau gaya desain rumah terpopuler saat ini adalah minimalis.  

Bersih, rapi, serta kondusif untuk kesehatan mental dan fisik, gaya minimalis mencakup semua hal positif tersebut.  

Desain rumah minimalis modern dapat memberikan pilihan gaya kreatif tak terbatas untuk bagian dalam dan luar rumah, termasuk eksterior rumah minimalis 2 lantai. 

Eksterior rumah minimalis 2 lantai sendiri dapat menciptakan gaya modern nan unik sekaligus dapat mewujudkan rumah hemat energi yang baik untuk lingkungan. 

Beberapa rumah ramah lingkungan semacam ini pun dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Contohnya dapat terlihat di Perumahan Botanica dan Morizen Bekasi. 

Biasanya, desain eksterior semacam ini memainkan garis horizontal maupun vertikal yang rapi dengan visual yang berfokus pada bentuk asimetri dan warna netral yang teduh.  

Sebagai referensi, artikel ini akan menampilkan beberapa contoh desain eksterior rumah minimalis 2 lantai yang cantik. Berikut daftarnya!

5 Desain Eksterior Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Atap Sederhana untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Atap Sederhana untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

Foto: Fox Blocks 

Garis-garis bersih pada atap yang sederhana dan rendah dapat menciptakan bidang horizontal yang panjang, mirip dengan garis cakrawala di laut lepas.  

Selain menyajikan visual yang apik, atap bernada rendah untuk eksterior rumah minimalis 2 lantai juga dapat mengurangi biaya perawatan rumah dalam jangka panjang. 

Kemudahan akses ke atap yang datar dan rendah membuat pemeliharaan dan perawatannya lebih sederhana sekaligus lebih aman daripada atap konvensional. 

Anda juga dapat menambahkan loteng rumah yang dapat digunakan sebagai kamar tambahan sekaligus ruang untuk meningkatkan efisiensi sistem pendingin rumah. 

Dengan kata lain, Anda dapat menghemat penggunaan energi namun tetap menjaga rumah tetap nyaman selama suhu ekstrem.

Fasad Seragam dengan Sedikit Jendela

Fasad Seragam dengan Sedikit Jendela

Foto: Unsplash 

Eksterior rumah minimalis modern harus menonjolkan keseragaman tanpa kekacauan, pintu yang rumit, atau penutup jendela berwarna-warni yang terlalu mencolok.  

Salah satu fitur standar dari banyak rumah minimalis adalah fasad yang “datar” dan monokrom, dengan beberapa jendela kecil yang tidak mengganggu aliran udara serta cahaya ke dalam hunian. 

Karena bagaimanapun, gaya minimalis sangat mendukung kesehatan penghuninya, bukan? 

Jika tertarik dengan hunian yang mengusung eksterior rumah minimalis 2 lantai seperti di atas, Anda bisa langsung mengecek Perumahan Joyglo Jagakarsa. 

Selain memiliki desain fasad minimalis, hunian ini juga telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas eksklusif seperti living garden dan sky rooftop.

Bentuk Geometris untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

Bentuk Geometris untuk Rumah Minimalis 2 Lantai

Foto: Fox Blocks 

Dewasa ini, gaya eksterior rumah minimalis seringkali menyertakan bentuk, volume dan garis geometris bersama dengan bahan berbeda. 

Misalnya saja batu alam, batu bata ekspos atau plesteran untuk menonjolkan tekstur yang cantik.  

Bagaimanapun, garis geometris yang tegas dan tekstur alami yang sederhana mampu menghasilkan daya tarik visual untuk eksterior rumah minimalis 2 lantai. 

Dengan kata lain, Anda tak harus menambahkan hiasan atau embel-embel yang tidak perlu, hanya terapkan beberapa elemen tersebut saja.

Eksterior Rumah Minimalis dengan Desain Asimetris

Eksterior Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Desain Asimetris

Foto: Homedit 

Seperti yang terlihat, desain eksterior rumah ini menampilkan bentuk asimetris dengan elemen warna yang senada, untuk menciptakan kedalaman visual yang memanjakan mata.  

Sepanjang abad ke-20, para arsitek telah bereksperimen dengan desain eksterior rumah minimalis yang dipengaruhi oleh karya dari seorang seniman Belanda, Piet Mondrian.  

Dalam lukisan geometris minimalisnya, Mondrian sering menggunakan garis horizontal dan vertikal untuk mendefinisikan ruang di dalamnya. 

Setelahnya, ia menambahkan elemen warna pada bentuk persegi panjang dan bujur sangkar. 

Selain itu, lukisannya juga berfokus pada bentuk asimetri dengan keseimbangan bentuk dan warna, yang saat ini ikut diterapkan pada eksterior rumah minimalis 2 lantai.

Warna Eksterior untuk Rumah 2 Lantai Minimalis

Warna Eksterior untuk Rumah 2 Lantai Minimalis

Foto: Fox Blocks 

Eksterior rumah minimalis bergantung pada warna-warna netral yang sederhana.  

Misalnya, cladding putih yang elegan bisa menambah volume pada eksterior rumah mungil minimalis. 

Sedangkan untuk nuansa rumah kontemporer modern, pilih rumah berwarna putih hangat dengan kusen jendela dan pintu berwarna hitam pekat, merah tua, atau abu-abu baja.  

Jika ingin memiliki eksterior rumah yang hangat ala rumah pedesaan yang nyaman, coba pertimbangkan warna solid-muted seperti cokelat muda atau abu-abu muda untuk dinding. 

Setelahnya, aplikasikan warna aksen abu-abu-cokelat lembut pada pintu, trim, jendela, atau garasi rumah minimalis.

Nah, itu tadi lima desain eksterior rumah minimalis 2 lantai yang dapat menjadi inspirasi untuk Anda.

Sedang mencari hunian minimalis 2 lantai lainnya? Kami memiliki beberapa opsi menarik untuk Anda :

Selamat bermanfaat!


 

Author:

Shandy Pradana