Panduan Lengkap Tipe Rumah 120 | Desain, Denah dan Harga

tipe rumah 120 foto: gkicmanado.com


Ingin beli rumah dengan luas bangunan yang lega untuk hunian keluarga yang nyaman? 


Dari berbagai tipe rumah yang banyak dijual pengembang, tipe rumah 120 merupakan salah satu pilihan dengan luas bangunan paling besar. 


Model rumah ini dapat ditinggali oleh keluarga dengan anggota 4 orang sampai 5 orang. 


Tipe rumah 120 termasuk rumah yang premium jika dilihat dari luas bangunannya, karena bisa memberikan ruang yang lega sehingga penghuni bisa lebih leluasa bergerak di dalam rumah dan berkumpul bersama. 


Tipe rumah 120 di berbagai klaster perumahan menjadi pilihan tipe unit dengan harga yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan tipe rumah lebih mungil. 


Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa rumah type 120 memiliki pangsa pasar pembeli yang kebanyakan datang dari kalangan menengah atas. 


Luas rumah type 120


luas rumah tipe 120 foto: Pinterest


Tipe rumah 120 artinya rumah memiliki luas bangunan 120 meter persegi. Baik dibangun menjadi rumah 1 lantai atau rumah 2 lantai, rumah tipe 120 memiliki luas bangunan 120 meter persegi. 


Luas tanah rumah type 120 berbeda-beda. 


Misalnya, Anda dapat menemukan rumah tipe 120/70, tipe 120/110, dan tipe 120/130. Angka di belakang setelah garis miring ini menandakan luas tanah rumah yang bersangkutan.


Maka artinya rumah type 120/110 adalah rumah dengan luas bangunan 120 meter persegi dengan luas tanah 110 meter persegi. 


Rumah type 120/130 artinya rumah dengan luas bangunan 120 meter persegi dan luas tanah 130 meter persegi.


Prospek investasi rumah type 120


investasi rumah tipe 120 foto: kucari.com


Lalu, bagaimana dengan prospek investasi tipe rumah 120? 


Ada dua cara investasi properti yang dapat dilakukan, yaitu menjualnya kembali atau menyewakan rumah.


Pertama, Anda dapat menjadikan tipe rumah 120 sebagai investasi jangka panjang untuk dijual kembali. Hal ini tidak ada bedanya dengan tipe rumah lainnya. 


Investasi rumah jangka panjang dapat menjadi investasi potensial, karena tanah yang kian hari semakin terbatas jumlahnya.


Kedua, jika Anda berniat mencari rumah untuk dikontrakan atau disewakan, rumah type 120 kurang ideal untuk disewakan. 


Mengapa demikian? 


Kebanyakan penyewa rumah biasanya mencari rumah tipe 36, rumah tipe 45 dan tipe rumah lainnya yang lebih mungil.


Namun bukan berarti Anda tidak bisa menemukan penyewa yang mencari rumah type 120, hanya saja jumlahnya lebih sedikit jika kita bandingkan dengan jumlah penyewa rumah kontrakan yang lebih mungil.


Hal ini disebabkan kebanyakan penyewa rumah mencari rumah kontrakan dengan harga terjangkau. 


Tipe rumah 120 dengan luasnya yang lega tentunya menawarkan harga sewa yang cukup tinggi.


Kesimpulannya, rumah type 120 menjadi pilihan yang ideal bagi Anda yang mencari rumah untuk dijadikan tempat tinggal atau investasi jangka panjang untuk dijual kembali.


Harga tipe rumah 120


Sama seperti harga rumah pada umumnya, harga rumah type 120 pun bervariasi tergantung lokasi, kualitas bangunan, fasilitas dan pergerakan harga pasar. 


Anda dapat menemukan kisaran rata-rata harga rumah tipe 120 antara Rp450 juta sampai miliar-an.


Semakin strategis lokasi rumah dan semakin bagus kualitas dan desainnya, maka harga rumah type 120 pun semakin tinggi.


Denah rumah tipe 120


denah tipe rumah 120


Rumah model 120 memiliki luas bangunan yang lega, bisa memiliki 3 sampai 5 kamar tidur. 


Seperti pada contoh denah rumah type 120 di atas yang dilengkapi 5 kamar tidur, 4 kamar mandi dan 1 WC. Carport-nya juga luas, bisa muat 2 mobil.


denah tipe rumah 120 foto: renovasi-rumah.net


Contoh denah rumah tipe 120 berikutnya memiliki 4 kamar tidur. 


Berbeda dengan contoh denah sebelumnya dengan 5 kamar tidur, pada denah rumah ini ruang tersisa dipakai sebagai ruang keluarga, sehingga ruang keluarga lebih eksklusif terpisah dari ruang makan.


Denah rumah type 120 mana pun yang diterapkan, sudah pasti menawarkan hunian yang lega. Untuk pembagian fungsi ruangannya, Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan hunian Anda.


Desain rumah type 120


desain rumah tipe 120


Dengan luas bangunan yang lega, tak dapat dipungkiri banyak ruang tersedia bagi pembangun rumah untuk berkreasi dengan berbagai gaya arsitektur. 


Salah satu desain rumah yang sering dijumpai sekarang ini adalah tipe rumah 120 minimalis.


Luas bangunan yang lega pada model rumah ini semakin dioptimalkan dengan desain minimalis yang mengutamakan pemanfaatan ruang yang ada, sehingga rumah terasa semakin lapang dan penghuni bisa semakin banyak menikmati keleluasaan di rumah.


Itulah panduan seputar tipe rumah 120. Kunjungi rumah123.com untuk melihat beragam pilihan rumah tipe ini dengan berbagai model dan lokasi.


Author:
Imam

Tambahkan Komentar