Karakteristik Rumah Tropis Modern dan Tips Dekorasinya

rumah-tropis-modern

Foto: booking

 

Iklim panas dan lembap di Indonesia memang paling pas untuk menerapkan gaya rumah tropis modern.

 

Arsitektur tropis modern sebenarnya cukup simpel dan bahan yang digunakan pun lebih mudah ditemukan.

 

Kayu menjadi fitur utama dari arsitektur tropis, ini sekaligus memberikan nuansa santai dan lebih dekat dengan alam.

 

Selain itu gaya desain ini bukan hanya untuk mempercantik tampilan, tapi juga melindungi rumah agar tahan terhadap cuaca ekstrim.

 

Tren rumah tropis modern telah menyihir banyak orang, sehingga jamak yang mulai mendekorasi rumahnya bahkan dengan bujet sangat besar.

 

Sebenarnya, kamu tak perlu merombak habis isi hunian baik luar maupun dalam. Yang perlu dilakukan hanyalah renovasi kecil dengan elemen dan ciri khas dari desain rumah tropis modern.

 

Penasaran, bahan dan desain seperti apa yang kamu perlukan untuk membawa atmosfer tropis ke hunian tercinta? Yuk, ketahui dulu karakteristiknya berikut!

Karakteristik Rumah Tropis Modern

 

Sebelum membahas tips, sebaiknya kita bahas dulu karakteristik dari rumah tropis minimalis. Ini berguna agar kamu semakin paham, serta bisa menentukan dekorasi yang cocok pada hunian.

 

Berikut ini beberapa ciri utama dari rumah tropis yang bisa diterapkan di Indonesia maupun di beberapa negara tropis lainnya:

Rumah Tropis dengan Atap Miring

 

Tidak hanya di rumah, atap miring juga diaplikasikan di beberapa bandara. Fungsinya untuk melindungi bangunan dari cahaya matahari langsung atau terpaan hujan deras.

 

Perubahan cuaca secara mendadak dan terus menerus dalam waktu yang cukup lama, membuat rumah atau bangunan lainnya mengalami beberapa masalah serius.

 

Biasanya atap miring memiliki skala kemiringan 30 derajat, desain ini juga menggunakan langit-langit jenjang setinggi 2,5-3 meter lebih.

Memiliki Banyak Ventilasi

 

Suhu di dalam rumah harus terjaga dengan baik, jika tidak ini akan memengaruhi perabotan khususnya yang tak tahan suhu lembap atau panas.

 

Pemasangan lubang ventilasi di dinding rumah berfungsi untuk proses sirkulasi udara. Ini juga berguna untuk menghindari serangan jamur pada dinding dan perabotan.

 

Rumah tropis modern pun kerap menggunakan ventilasi silang (cross ventilation), sehingga udara yang masuk jadi lebih optimal dan membuat setiap ruangannya terasa lebih sejuk.

 

Banyaknya ventilasi juga membuat pencahayaan alami jadi lebih mudah memasuki seluruh penjuru rumah.

Warna Netral

 

Gaya arsitektur tropis memiliki beberapa jenis, ini akan berpengaruh pada pilihan warna cat interior dan eksterior rumah.

 

Misalnya saja, kamu ingin mencoba menerapkan gaya rumah tropis minimalis yang simpel dengan cat tembok berwarna pastel.

 

Tapi, pada umumnya rumah tropis menggunakan warna yang selaras dengan alam, seperti putih, coklat, hijau, terakota dan lainnya.

 

Setiap unsur warna ini memberikan kenyaman dibandingkan dengan warna yang mencolok, misalnya saja warna kuning.

Konsep Open Space

 

Konsep rumah open space tanpa sekat jadi ciri khas yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja.

 

Rumah tropis nyatanya lebih mementingkan unsur keleluasaan, kebebasan, keakraban tanpa dibatasi oleh sekat-sekat yang akhirnya akan membuat aktivitas terganggu.

 

Tapi, jika kamu ingin mendapatkan privasi menggunakan beberapa perabotan multifungsi bisa jadi solusi.

 

Tidak lupa juga, pada bagian dalam rumah harus mendapatkan cahaya alami semaksimal mungkin dengan penggunaan jendela besar.

Material Alami

 

Konsep rumah tropis modern adalah kembali ke alam, di mana semua unsur material yang digunakan berupa kayu, bambu, batu alam dan barang-barang daur ulang.

 

Tak harus baru, kamu bisa memanfaatkan material bekas dan masih layak pakai untuk menampilkan hunian tropis yang menarik dan unik.

 

Baca juga:

Ruang Terbuka di Dalam Rumah, Inspirasi untuk Hunian Tropis 

Tips Mudah Dekorasi Rumah Tropis Modern

Penggunaan Material Bata Merah

batu-bata-merah-sebagi-ornamen

Foto: livingasean

 

Tak harus merombak semua hunian rumah dengan gaya tropis modern, cukup di beberapa ruangan yang dirasa perlu saja, salah satunya di kamar tidur.

 

Jika kamu memiliki tampilan dinding kamar yang biasa saja, mari kreasikan dengan batu bata ekspos di salah satu sisinya.

 

Tapi, pemasangan batu bata tergolong cukup mahal.

 

Jangan khawatir, tak perlu yang asli, saat ini banyak yang menjual 3D wallpaper yang bisa langsung kamu gunakan di dinding kamar.

 

Cukup bersihkan dinding dari debu, buka lapisan perekat wallpaper, pasang dan ratakan agar tidak menimbulkan gelembung saat finishing.

 

Bagaimana, cukup mudah ‘kan?

Sentuhan Tanaman Merambat

tanaman-merambat

Foto: freshidden

 

Tips mudah selanjutnya adalah, menanam tanaman rambat yang menjuntai dari lantai atas.

 

Efek tanaman hijau pastinya akan membawa kesan rumah tropis yang sejuk dan menyegarkan.

 

Kamu tak perlu repot untuk menanamnya dari awal, banyak dekorasi tanaman yang sudah jadi dan tinggal diaplikasi di tempat yang kamu inginkan.

 

Perhatikan juga jenis tanaman yang kamu pilih, pastikan tahan terhadap cuaca, perawatan yang mudah dan memiliki tampilan yang estetik.

Jendela Besar dan Penggunaan Sliding Door

Jendela Besar

Foto: linetoday

 

Mengganti dinding dengan jendela atau pintu sliding door memang membutuhkan biaya lebih, tapi hasil yang didapatkan akan membuat tampilan rumah lebih stylish dan modern.

 

Tapi, jika kamu tak ingin membuat kantong jebol, cukup ganti 2-3 jendela full kaca tanpa bingkai. Efeknya akan membuat ruangan terlihat luas dengan cahaya yang masuk lebih banyak.

 

Lalu, tambahkan gorden berbahan voile yang tipis dan ringan namun tetap elegan dan minimalis.

Void Rumah ditengah Ruangan

void-rumah

Foto: indesignlive

 

Jika, kamu memiliki langit-langit yang tinggi dan dibiarkan kosong begitu saja, yuk manfaatkan dengan menciptakan void rumah.

 

Bagian ini dianggap penting dan bisa dimanfaat sebagai plafon ganda yang akan memberi penerangan secara vertikal, lalu membiaskannya ke segala arah.

 

Untuk membuatnya, cukup ganti beberapa genteng rumah dengan jendela skylight atau dibiarkan terbuka sepenuhnya.

 

Agar void tidak kosong begitu saja, manfaatkan dengan taman indoor atau tanaman kering. Bisa juga tambahkan kolam ikan indoor yang menarik.

Tambahkan Tanaman ‘Tropis’

Tambahkan Tanaman ‘Tropis’

Foto : petalrepublic.com

 

Menggunakan tanaman tropis seperti pohon palem hias di pekarangan bisa menjadi tips jitu, agar rumah tropis modern jadi nampak lebih segar dan hidup.

 

Sentuhan warna hijau dari tanaman yang juga berasal dari negara tropis dapat menjadi elemen dekoratif yang alami, serta mampu membuat tampilan hunian jadi lebih ‘komplit’.

 

Jika pohon palem hias dirasa kurang cocok atau lahan terbatas, masih banyak pilihan tanaman tropis lainnya yang bisa digunakan misalnya kamboja, geranium, pandan bali, dan lain-lain.

Ganti Keramik dengan Lantai Kayu

lantai-kayu

Foto: importir

 

Agar gaya rumah tropis modern makin terasa, mengganti keramik atau menambahkan lantai kayu bisa jadi pilihan yang tepat.

 

Dijamin, rumah kamu akan langsung berubah 100% karena kayu dapat memberikan efek hangat dari arsitektur tropis yang minimalis.

 

Lantai kayu memang memiliki jenis lantai yang berbeda dan harga yang mahal, tapi itu bukan halangan. 

 

Penggunaan lantai kayu tiruan atau lantai parket dengan harga murah, bisa langsung kamu aplikasikan di lantai rumah.

 

Lantai parket juga memiliki banyak kelebihan, salah satunya tahan lama dan minim perawatan.

 

Bagaimana, mudah sekali ‘kan menghadirkan desain rumah tropis minimalis di rumah?

 

Buat kamu yang tertarik dengan informasi mengenai dekorasi rumah hingga properti pilihan, langsung saja kunjungi Panduan Rumah123.

 

Atau bagi yang sedang mencari hunian impian bernuansa tropis modern, tersedia sejumlah pilihan menarik seperti Arkatama TownhouseVilla Meutia Kirana, dan masih banyak lagi.

 

Baca juga:

7 Rekomendasi Rumah Modern di Jakarta di Bawah 1 Miliar

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya