Manfaat Memiliki Taman di Rumah yang Wajib Anda Tahu!

Manfaat taman rumah

Foto : homestratosphere.com

 

Hunian tak melulu soal kokohnya bangunan atau tentang arsitekturnya saja, bagian luar hunian termasuk taman, merupakan salah satu hal yang penting dan menarik untuk dibahas. 

 

Meskipun saat ini ukuran lahan untuk membangun rumah tak selalu luas, namun banyak orang tetap ingin membuat taman rumah, bahkan dalam ukuran yang kecil.

 

Tentu saja, taman rumah dapat membuat hunian jadi lebih asri dan cantik, apalagi jika ada di kota-kota besar, tentunya kehadiran taman dapat memberi nuansa yang tenang dan sejuk.

 

Nah, apakah Anda sedang menimbang-nimbang untuk membangun taman di rumah baru? Berikut ini beberapa manfaat taman rumah yang wajib Anda tahu untuk membuat taman super cantik di rumah.

 

Mempercantik Hunian

Mempercantik Hunian

Foto : insider.com

 

Salah satu manfaat taman rumah tentunya menambah nilai estetika pada hunian, apalagi jika taman terawat dan ditumbuhi banyak tanaman dan bunga. 

 

Kesan pertama pada sebuah hunian atau bangunan adalah bagian eksteriornya. Oleh sebab itu, kehadiran taman dapat memberi kesan tertentu pada rumah secara keseluruhan.

 

Taman pada hunian tak perlu besar, Anda bisa membuat taman di rumah dengan memanfaatkan space yang tersedia meski tak terlalu luas. 

 

Cobalah untuk menanam berbagai jenis tanaman dan lakukan perawatan yang optimal pada taman, tentunya hal ini akan menjaga tampilan taman di rumah.

 

Memberi Suasana Sejuk pada Rumah

Suasana Sejuk pada Rumah

Foto : homestratosphere.com

 

Hadirnya taman di rumah tentu memberi manfaat yang lebih besar dari sekedar menambah nilai estetika. Misalnya bisa menjadi pemasok oksigen pada hunian secara keseluruhan karena adanya tanaman hidup.

 

Adanya udara segar yang dihasilkan tanaman juga dapat memberikan suasana sejuk dan asri ke seluruh hunian sehingga ini akan jadi solusi bagi rumah di kota-kota besar dengan tingkat polusi tinggi.

 

Kehadiran taman juga mengurangi kesan sumpek dan panas pada hunian, tentu ini akan membuat Anda merasa lebih betah untuk tinggal di rumah.

 

Area untuk Menghabiskan Waktu Senggang

Area untuk Menghabiskan Waktu Senggang

Foto : homestratosphere.com

 

Bosan di rumah terus? Ingin menikmati udara segar?

 

Jika Anda memiliki taman tentu ini bisa jadi area bersantai sambil menghabiskan waktu senggang.

 

Kehadiran taman tentu memberikan suasana baru dan dapat menjadi area pelepas penat setelah seharian bekerja. Anda bisa melengkapi taman rumah dengan patio atau teras kecil sebagai spot untuk duduk-duduk.

 

Taman Bisa Menjadi Area untuk Melakukan Hobi

Salah satu manfaat taman rumah lainnya adalah sebagai penghilang stress dan jadi tempat untuk melakukan hobi baru yaitu berkebun. 

 

Berkebun atau sekedar merawat berbagai tanaman tentu bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan terutama di masa pandemi seperti sekarang.

 

Selain itu, taman juga bisa menjadi area resapan air dengan skala kecil yang tentunya dapat mengurangi resiko banjir. Atau bisa  jadi sumber cadangan air jika Anda memiliki taman cukup luas.

 

Bagaimana? Manfaat taman rumah tentu sangat beragam dan menarik ya?

 

Jika Anda tengah mencari rumah impian dengan taman cantik pilihannya ada The Patio Residence yang dilengkapi taman dan area bersantai.

 

Selain rumah, Anda juga bisa memilih hunian di dataran tinggi yang cocok untuk membangun taman. Salah satu rekomendasinya adalah Dago Village yang terletak di daerah Dago, Bandung.

 

Kehadiran area hijau memberi segudang manfaat untuk hunian, salah satunya adalah kenyamanan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membangun taman impian di rumah Anda!

 

 

 

 

Author:
Citra Purnama Sari 

Tambahkan Komentar