6 Manfaat Taman Rumah dan Tips Membuatnya

manfaat-memiliki-taman-rumah

Foto: curbed

 

Hunian tak melulu soal kokohnya bangunan atau tentang arsitektur saja. Bagian luar hunian termasuk taman, merupakan salah satu hal yang penting dan menarik untuk dibahas. 

 

Meskipun saat ini ukuran lahan untuk membangun rumah tak selalu luas, namun banyak orang tetap ingin membuat taman rumah, bahkan dalam ukuran yang kecil.

 

Tentu saja, taman rumah dapat membuat hunian jadi lebih asri dan cantik, apalagi jika ada di kota-kota besar, tentunya kehadiran taman dapat menghadirkan nuansa yang tenang dan udara yang lebih sejuk.

 

Nah, apakah Anda sedang menimbang-nimbang untuk membangun taman di rumah baru? Agar makin yakin, berikut ini beberapa manfaat taman rumah yang wajib Anda tahu.

 

Fungsi dan Manfaat Taman Rumah

Mempercantik Hunian

 mempercantik-hunian

 

Salah satu manfaat taman rumah tentunya menambah nilai estetika pada hunian, apalagi jika taman terawat dan ditumbuhi banyak tanaman dan bunga. 

 

Kesan pertama pada sebuah hunian atau bangunan adalah bagian eksteriornya. Oleh sebab itu, kehadiran taman dapat memberi kesan tertentu pada rumah secara keseluruhan.

 

Taman pada hunian tak perlu besar, Anda bisa membuat taman di rumah dengan memanfaatkan space yang ada.

 

Meski taman berukuran kecil, yang paling penting tentu saja perawatan optimal sehingga membuatnya tampak cantik.

 

Menangkal Polusi

Manfaat taman rumah selanjutnya adalah mampu menyaring karbondioksida yang akan masuk ke dalam rumah.

 

Untuk itu ada baiknya mengetahui jenis tanaman yang mampu menyerap udara kotor. Selain itu proses fotosintesis dari tanaman yang menghasilkan oksigen tentu akan sangat berguna bagi kita.

 

Beberapa tanaman indoor ataupun outdoor yang bisa Anda beli seperti silver philodendron, weeping fig, tanaman lidah mertua, dracaena, dan masih banyak lagi.

 

Menghadirkan Suasana Sejuk pada Rumah

memberi-suasan-sejuk-pada-rumah

Foto : airbnb

 

Hadirnya taman di rumah tentu memberi manfaat yang lebih besar dari sekedar menambah nilai estetika.

 

Sebagai pemasok oksigen, tanaman hidup juga otomatis bisa menghadirkan suasana yang lebih segar pada hunian dan lingkungan juga terasa lebih asri.

 

Tentunya ini bisa jadi solusi bagi rumah di kota-kota besar dengan tingkat polusi tinggi. 

 

Area untuk Menghabiskan Waktu Senggang

area-untuk-menghabiskan-waktu-senggang

Foto : pinterest

 

Bosan di dalam rumah terus dan ingin menikmati udara segar?

 

Jika Anda memiliki taman tentu ini bisa jadi area bersantai sambil menghabiskan waktu senggang.

 

Bahkan kehadiran taman dapat menjadi pilihan tempat yang tepat untuk melepas penat setelah seharian bekerja. 

 

Untuk itu Anda bisa melengkapi taman rumah dengan patio atau teras kecil sebagai spot untuk duduk-duduk.

 

Tempat Menyalurkan Hobi

taman-untuk-menyelurkan-hobi

 

Manfaat taman rumah lainnya adalah sebagai penghilang stress karena bisa jadi tempat untuk melakukan hobi baru yaitu berkebun. 

 

Berkebun atau sekedar merawat berbagai tanaman tentu bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan terutama di masa pandemi seperti sekarang.

 

Berguna untuk Area Resapan Air

Selain itu, taman juga bisa menjadi area resapan air dengan skala kecil yang tentunya dapat mengurangi resiko banjir. Jadi sisakan sedikit lahan untuk membuat taman di halaman rumah ya

 

Atau kalau Anda punya halaman luas, manfaat taman rumah tidak saja sebagai area resapan air, tapi juga jadi sumber cadangan air.

 

Tips Penting Membuat Taman

Jika Anda tinggal di dalam kawasan perumahan seperti Podomoro River View, mungkin tidak perlu memikirkan untuk membuat taman karena kawasan hunian ini mengusung konsep garden house.

 

Lalu, bagaimana jika Anda tinggal di kawasan hunian yang hanya memiliki lahan sempit?

 

Berikut ini kami berikan beberapa langkah dalam membuat taman rumah minimalis yang mudah dan simpel.

 

Tentukan Jenis Tanaman 

Lahan sempit memang sangat susah untuk diolah, perlu perencanaan yang tepat, terutama memilih jenis tanaman yang tepat.

 

Jangan pilih jenis tanaman dengan ukuran yang besar, karena akan membuat tampilan rumah malah terlihat lebih kecil, kusam dan gelap.

 

Sebaiknya pilih tanaman yang bermanfaat seperti sayuran atau tanaman herbal, yang dimana hasilnya bisa Anda olah.

 

Memulai di Area yang Tepat

Hampir semua tanaman dari berbagai jenis membutuhkan sinar matahari penuh 6-8 jam setiap harinya. Maka, halaman depan dan belakang bisa jadi lokasi yang terbaik.

 

Selain itu, Anda bisa membuat taman indoor dengan mencoba meletakkan tanaman hias di satu sisi. Cukup sediakan tempat berukuran 1,5m x 2 m, lalu tambahkan rumput sintetis.

 

Pilih Media Tanam

Dalam membuat taman, ada banyak media tanam yang bisa Anda pilih, mulai dari menggunakan media tanah kompos, media tabulampot, hidroponik dan sebagainya.

 

Jika Anda ingin membuat taman dengan mudah, pilihlah media tabulampot dengan tanah kompos yang bisa Anda letakan di mana saja dan sinar matahari yang cukup serta jenis tanaman yang cepat tumbuh.

 

Nah, itu dia tips membuat taman rumah yang bisa Anda buat meskipun lahan yang dimiliki terbatas.

 

 

Ternyata, manfaat taman rumah sangat beragam dan menarik, ya

 

Jika Anda tengah mencari rumah impian dengan taman cantik, pilihannya ada The Patio Residence yang dilengkapi taman dan area bersantai.

 

Selain rumah, Anda juga bisa memilih hunian di dataran tinggi yang cocok untuk membuat taman. Salah satu rekomendasinya adalah Dago Village yang jadi salah satu pilihan rumah di Bandung.

 

Kehadiran area hijau memberi segudang manfaat untuk hunian, salah satunya adalah kenyamanan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membangun taman impian di rumah Anda!

 

 

 

Author:

Citra Purnama Sari