OK

Miliki Rumah Idaman Modern Super Nyaman dengan Tips Mudah Ini

rumah idaman modernFoto : contemporist.com

Ketika membangun hunian idaman, desain merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. 

Perkembangan arsitektur memungkinkan Anda untuk memilih dan mengombinasikan berbagai desain, agar membuat hunian tampak lebih menarik dan juga unik.

Salah satu desain yang sangat populer adalah desain rumah modern. Mengapa? Karena desain ini mampu memberikan kesan elegan dan mewah pada hunian tanpa terlihat berlebihan. 

Sederhana namun menawan, itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan konsep ini.

Jika tengah membangun rumah idaman, tak ada salahnya menggunakan desain rumah modern. Agar tidak salah, berikut tips yang bisa Anda praktikan.

Gunakan Bentuk Geometris Sederhana

rumah-idaman-modern-geometris-sederhanaFoto : thededicatedhouse.com

Rumah idaman modern biasanya dibangun dengan bentuk geometris. Agar hunian terlihat modern, Anda bisa meniru gaya bangunan semacam ini.

Namun jika ingin terlihat lebih unik, Anda bisa bereksperimen dengan berbagai ukuran lain, misalnya menumpuk bentuk bangunan yang sama dengan ukuran berbeda.

Jika meminta jasa arsitek, tentu merancang rumah idaman modern bukanlah hal sulit. Karena ide-ide yang Anda miliki bisa digambarkan secara lebih jelas dengan bantuan profesional.

Coba Gaya ‘Unfinished’

rumah idaman modern gaya unfinished

Foto : elledecor.com

Desain unfinished mungkin lebih sering dijumpai pada bangunan bergaya industrial, namun bukan berarti Anda tak bisa menggunakan gaya serupa pada rumah idaman modern.

Anda bisa menerapkannya pada dinding atau lantai untuk memberi kesan “mentah” pada bangunan.

Alih-alih menggunakan cat tembok, material seperti semen yang dikreasikan sedemikian rupa mampu memberi kesan unik pada hunian.

Baca Juga :

Desain Rumah Kayu Modern Mewah, Cocok untuk Villa

Gunakan Konsep Open Space

rumah idaman modern konsep open space

Foto : eplans.com

Jangan hanya fokus pada bagian fasad rumah saja, Anda pun harus memperhatikan hunian secara keseluruhan.

Kenyamanan penghuni juga ditentukan dari bagian dalam rumah. Salah satu cara untuk menciptakan hunian ideal yang nyaman, ialah menggunakan konsep open space.

Singkatnya, open space merupakan konsep hunian dengan banyak bukaan. Sehingga, pencahayaan alami dan sirkulasi udara dapat mengalir dengan lancar ke setiap sudut ruangan.

Tak hanya bangunan besar, konsep open space juga bisa digunakan pada hunian sempit untuk menciptakan kesan lapang.

Konsep open space atau open plan sendiri sudah banyak diterapkan di berbagai perumahan, salah satunya Calistha Dago Residence.

Gunakan Material Alami

rumah idaman modern material alami

Foto : idecoration.co

Siapa bilang Anda tidak boleh menggunakan material alami untuk rumah idaman modern? Kita bisa menggabungkan gaya ini dengan material seperti kayu atau batuan alam.

Penambahan aksen alami ini tentu akan menciptakan keseimbangan pada bangunan.

Misalnya, penggunaan material kayu pada fasad bangunan atau bebatuan di bagian gerbang. Ini jelas bisa diterapkan tanpa menghilangkan kesan elegan dan modern.

Ada banyak residensial yang berhasil memadukan unsur kayu dengan konsep modern, di antaranya ada Ciputra Beach Resort, Golden Estesia, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa untuk menghiasi halaman rumah dengan berbagai pepohonan dan tanaman, agar memberi kesan sejuk dan alami.

Penggunaan Kaca

Salah satu ciri yang paling mudah terlihat dari rumah idaman modern adalah dominasi material kaca yang digunakan.

Bahkan kaca tak hanya dimaksimalkan sebagai bagian dari jendela, namun juga sebagai pengganti dinding hingga pintu.

Anda tentu tak perlu menggunakan material kaca pada setiap sudut bangunan, cukup gunakan pada bagian yang ingin ditonjolkan misalnya fasad, jendela, atau pintu.

Perlu diingat, menggunakan kaca berukuran besar akan membuat ruangan jadi lebih terang dan panas. Jadi, pertimbangkan juga kondisi iklim tempat tinggal Anda, ya.

Saat ini sudah ada beberapa perumahan yang memanfaatkan penggunaan kaca pada huniannya, seperti Serenia Hills atau Chelsea Modern Home.

Gunakan Warna Netral

rumah idaman modern warna netral

Foto : trendhunter.com

Tak perlu pusing mencari warna yang pas untuk rumah idaman modern, karena biasanya warna yang digunakan adalah warna-warna netral.

Warna putih, hitam, cokelat, atau warna pasir (beige) bisa menjadi referensi untuk Anda.

Penggunaan warna netral akan memberikan kesan elegan, namun tetap sederhana seperti tujuan utama dari konsep rumah modern.

Itulah beberapa tips memiliki rumah idaman modern yang bisa kita contoh.

Ingin memiliki hunian menarik dengan konsep serupa? Tersedia banyak listing menarik di Rumah123, seperti Kaze Living atau Hummingbird House.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Rumah dengan Jendela Besar, Keunggulan dan Inspirasinya 

Author:

Citra Purnamasari

Rekomendasi Properti