OK

9 Inspirasi Desain Interior dan Eksterior Rumah Batu Alam

Rumah Batu Alam

Foto: Lushome

Sedang mencari hunian idaman dengan interior dan eksterior rumah minimalis, namun bosan dengan gaya yang begitu-begitu saja?

Jika iya, maka Anda bisa melirik desain rumah batu alam yang natural sekaligus minimalis.

Selain menampilkan kesan eksterior yang kokoh, batu alam juga dapat memancarkan keindahan dan keanggunan lewat tampilan interior rumah.

Jenis batu alam sendiri beragam, mulai dari marmer, granit, andesit, batu koral sikat, batu palimanan, batu candi, hingga templek.

Tentunya setiap batu alam memiliki keunikan, keunggulan dan kegunaan yang berbeda, entah untuk fasad atau bagian dalam rumah.

Artikel di bawah ini akan membahas beberapa inspirasi desain rumah batu alam, yang pastinya mampu memesona mata Anda.

9 Desain Rumah Modern dengan Batu Alam

Fasad Minimalis dengan Batu Alam dan Beton

Fasad Minimalis dengan Batu Alam dan Beton

Foto: Houzz

Tampilan seperti ini sering terlihat dalam rumah-rumah berdesain minimalis yang terinspirasi oleh gaya Skandinavia.

Dengan menggunakan batu alam di satu bagian lalu menutupi bagian lainnya dengan beton, fasad rumah di atas jadi terlihat cantik dan tidak monoton.

Elemen penting lainnya yang berperan dalam kombinasi tersebut adalah penggunaan cat rumah minimalis, dengan warna kontras pada eksterior rumah.

Jika tertarik, desain seperti ini dapat terlihat pada fasad rumah di Cluster Bayu Premiere Suvarna Sutera dan Royal Spring Gowa.

Rumah Batu Alam dengan Pagar Kayu

Rumah 2 Lantai dengan Batu Alam

Foto: Architecture Art Designs

Desain rumah batu alam selanjutnya sangat cocok bagi Anda yang tertarik memiliki rumah dengan tampilan fasad yang kokoh.

Tak hanya menampilkan kesan aman lewat kehadiran pagar kayu, rumah 2 lantai minimalis ini juga memiliki nilai jual yang tinggi karena desainnya yang cukup estetis.

Rumah Batu Alam dengan Halaman Luas

Rumah Batu Alam dengan Halaman Luas

Foto: Escape Artist

Untuk yang sedang mencari inspirasi taman belakang rumah indah, desain di atas mungkin dapat Anda sontek.

Seperti yang terlihat, dinding batu alam menjadi fokus utama dari eksterior rumah yang terlihat klop dengan taman di sekitarnya.

Bagi Anda yang sedang mencari rumah dengan fasad batu alam dan halaman belakang yang luas, bisa langsung cek properti di Caelus BSD City.

Rumah Minimalis dengan Partisi Batu Alam

Rumah Modern dengan Partisi Batu Alam

Foto: Homify

Dinding yang terbuat dari batu alam adalah salah satu cara terbaik, untuk memisahkan jalan ke dalam rumah dengan taman di sekitarnya.

Seperti yang bisa dilihat, dinding ini dapat dibuat dari batu granit berukuran besar. Tak hanya cantik, batu granit juga lebih kuat daripada batu alam lainnya.

Beberapa hunian juga memakai batu alam sebagai partisi untuk membatasi halaman depan dengan akses pintu, seperti yang ada di kompleks hunian Ocean Bay Sun.

Rumah dengan Pilar Batu Alam

Rumah dengan Pilar Batu Alam

Foto: Ideaboz

Untuk desain eksterior rumah batu alam selanjutnya, ada inspirasi batu alam sebagai pilar atau tiang penyangga bagian depan rumah.

Pilar-pilar batu alam ini dapat memperluas langit-langit beranda depan rumah, sekaligus menjaga area tersebut dari pancaran sinar matahari.

Salah satu hunian yang memiliki fasad batu alam seperti contoh di atas adalah Damara Village di Badung. Bagaimana, menarik sekali bukan?

Batu Alam dalam Foyer Rumah

Batu Alam dalam Foyer Balkon

Foto: Homify

Tembok atau lantai batu alam juga sangat cocok digunakan pada foyer.

Foyer sendiri adalah bagian penghubung antara pintu masuk dengan bagian dalam rumah.

Khusus untuk poin ini, foyer berbahan batu alam digunakan sebagai perantara antara bagian dalam rumah dengan balkon rumah tingkat minimalis.

Seperti yang terlihat, batu alam membuat kesan transisi yang mulus dari foyer ke balkon. Cara ini dinilai sangat ampuh untuk menambah kesan modern dalam hunian.

Selain terlihat elegan, batu alam juga sangat praktis karena mudah untuk dibersihkan.

Sebagai rekomendasi hunian dengan balkon, Dago Village juga menghadirkan rumah 2 lantai dengan fasad batu alam dan nuansa resor yang memanjakan penghuninya.

Ruang Tengah dengan Nuansa Batu Alam

Ruang Tengah dengan Nuansa Batu Alam

Foto: Artmakehome

Tak hanya untuk eksterior, desain rumah batu alam juga bisa diterapkan ke dalam interior ruang tengah, salah satu contohnya terlihat pada foto di atas.

Pada hunian ini, jenis batu alam yang diaplikasikan pada dinding dan lantai terlihat berbeda. Selain terlihat unik, cara ini terbilang efektif untuk menghindari kesan monoton pada hunian.

Penggunaan karpet bulu di ruangan tersebut juga ampuh mempertegas aksen-akses ala Skandinavia. Dengan begitu, ruangan terkesan lebih hangat dan nyaman.

Jangan lupakan kehadiran meja rendah beserta sofa berwarna hitam yang berpadu dengan mood ruangan ini, ya.

Dapur Minimalis dengan Batu Alam

Dapur Minimalis dengan Batu Alam

Foto: Unsplash

Dapur dengan batu alam biasanya mencari buruan para pencari hunian, yang menginginkan tipe rumah minimalis dengan nuansa modern.

Selain terlihat lebih estetis, kitchen cabinet berbahan batu alam juga lebih mudah dirawat daripada furnitur serupa dengan material kayu.

Karena bagaimanapun batu alam adalah bahan padat yang mudah dibersihkan, di mana warna dan bentuknya tidak mudah berubah.

Bicara soal kitchen cabinet atau kitchen set, beberapa hunian seperti The Zora Tangerang dan Mesa Grande Depok sudah menyediakannya di setiap unit, lho.

Kamar Mandi berbahan Batu Alam

Kamar Mandi berbahan Batu Alam

Foto: Tridel Construction

Desain rumah batu alam terakhir mungkin sering ditemukan di dalam hunian premium, seperti Pavilia at Premier Estate 2.

Batu alam sendiri dapat digunakan di setiap sudut kamar mandi, baik itu backsplash, lantai, atau countertops.

Jenis batu alam yang paling umum ditemukan di kamar mandi, di antaranya granit, marmer, dan travertine.

Memasukkan batu ke dalam kamar mandi dapat menambah nilai estetika, sekaligus memberikan fungsionalitas yang luar biasa.

Batu alam adalah salah satu isolator alami, sehingga dapat digunakan untuk menjaga kamar mandi agar tetap hangat.

Batu alam juga dapat digunakan untuk dinding kamar mandi karena tahan air dan tidak mudah berubah warna.

Itu tadi sembilan inspirasi desain interior dan eksterior rumah menggunakan batu alam. Semoga memberikan inspirasi untukmu yang sedang mencari hunian idaman, ya!

Author:

Shandy Pradana

Rekomendasi Properti