Keunggulan Banyuwangi yang Membuatnya Layak untuk Investasi Properti

keunggulan-banyuwangi

Foto: goodnewsfromindonesia

 

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar Kota Banyuwangi? Sunrise of Java?

 

Julukan tersebut memang sangat melekat yang juga berkaitan dengan sejumlah tempat wisata dengan panorama indahnya. 

 

Namun tidak hanya menawarkan pilihan destinasi wisata, nyatanya Banyuwangi juga menjadi kawasan yang tepat untuk tempat tinggal termasuk investasi properti. 

 

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, Banyuwangi mengalami kenaikan harga properti karena tingginya minat jual beli properti di sini.

 

Penasaran apa saja daya tariknya? Yuk, cek beberapa keunggulan Banyuwangi sebelum beli hunian atau berinvestasi.

 

Deretan Keunggulan Banyuwangi untuk Investasi 

Aksesibilitas dan Infrastruktur yang Berkembang

fasilitas-publik-di-banyuwangi

Foto: befren

 

Banyuwangi kini semakin berkembang dan terus maju dengan hadirnya berbagai infrastruktur vital, dari perbaikan jalan hingga proyek jalan tol.

 

Terlihat dari pembangunan proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 163,8 km dengan melintasi 9 desa.

 

Selain itu, Banyuwangi memiliki akses transportasi yang lengkap baik darat, laut hingga udara, yang membuat akses dari dan menuju Banyuwangi makin mudah.

 

Beberapa transportasi yang bisa dipilih untuk memudahkan perjalanan, antara lain:

 

-. Kereta Api di Stasiun Banyuwangi Baru

-. Kapal Ferry Ketapang Banyuwangi

-. Terminal Bus Sritanjung, Terminal Brawijaya, Terminal Genteng

-. Bandara Banyuwangi

-. Angkutan Kota Trayek 1-12

-. Tour Travel Kawah Ijen

-. Transportasi online

 

Keunggulan Banyuwangi di atas terbukti telah menggaet banyak pendatang untuk membeli rumah di Banyuwangi.

 

Ya tak bisa dipungkiri, faktor aksesibilitas dan infrastruktur memadai jadi pertimbangan penting dalam mencari properti di suatu kawasan.

 

Fasilitas Publik yang Menunjang

ilustrasi-pusat-perbelanjaan-di-banyuwangi

Foto: ilustrasi

 

Berkembangnya fasilitas publik di sini meliputi berbagai aspek, mulai dari kelengkapan, kemudahan, kelayakan hingga keamanan yang tinggi.

 

Layanan publik yang menjadi keunggulan Banyuwangi antara lain mencakup pusat pendidikan, fasilitas kesehatan, tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

 

Untuk memenuhi kegiatan pembelajaran, Kota Banyuwangi menyediakan 1.598 sekolah negeri dan swasta yang tersebar secara merata di 25 kecamatan.

 

Beberapa sekolah tersebut menjadi sekolah model atau percontohan karena memiliki sistem pendidikan terbaik dan melahirkan banyak siswa berprestasi.

 

Sebut saja SD Lazuardi Tursina, SD Negeri 1 Lateng, SMPN 2 Pesanggaran, SMPN 2 Bangorejo, SMAN 1 Bangorejo, SMAN 1 Banyuwangi menjadi sekolah terbaik di kota tersebut.

 

Tak ketinggalan juga lembaga pendidikan tinggi yang menghiasi kota ini, seperti Universitas Airlangga, Politeknik Negeri Banyuwangi, Akademi Kelautan dan masih banyak lagi.

 

Lalu, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ada banyak pilihan pusat perbelanjaan seperti Mal Banyuwangi, Sun East Mall Genteng, Mal Wijaya dan lainnya.

 

Kisaran Harga Tanah yang Rendah

harga-tanah-di-banyuwangi

 

Dari total luas daerah 5.782 km², Banyuwangi masih menyediakan banyak lahan kosong yang subur dan layak digunakan.

 

Kondisi lahan yang baik dengan harga tanah yang terbilang murah di beberapa daerah menjadi keunggulan Banyuwangi yang menarik perhatian investor.

 

Sejumlah daerah yang masih menyediakan tanah di Banyuwangi dengan harga rendah ada di kawasan Genteng yang menawarkan harga per meter persegi mulai dari Rp150.000,00.

 

Atau tanah kavling murah siap huni di Kepiting yang dijual dengan harga Rp 7.500.000,00 untuk luas lahan 136 m2 atau hitungan per meternya hanya Rp55.147,00.

 

Sementara itu, harga tanah dekat Pelabuhan Banyuwangi bisa mencapai Rp40.000.000,00 dengan luas tanah 199,9 m2.

 

Pertumbuhan Kawasan Perumahan Terpadu

Kabupaten Banyuwangi tergolong daerah yang penduduknya belum terlalu padat.

 

Sehingga pembangunan perumahan pun terus digencarkan oleh sejumlah pengembang ternama.

 

Salah satu area yang mengalami perkembangan signifikan dengan kehadiran kawasan perumahan adalah Kecamatan Genteng yang terletak 31,6 km dari pusat kota.

 

Hal menarik mengapa Genteng sangat berpotensi untuk dijadikan investasi properti adalah kawasan ini dilewati Jalan Raya Nasional yang padat dan ramai.

 

Selain itu, pada tahun 2019 Banyuwangi mendapatkan kuota subsidi untuk 1.000 rumah untuk MBR di lima kecamatan seperti Banyuwangi pinggiran kota, Kabat, Rogojampi, Genteng dan Gambiran.

 

Rekomendasi  Perumahan di Banyuwangi 

Meskipun kawasan perumahan di Banyuwangi masih dikembangkan oleh developer lokal, bukan berarti kualitas bangunan yang dibuat sembarangan.

 

Para developer lokal baik perseroan atau perorangan seperti Ridhana Group, PT Mahakarya Agung Properti, PT. Jaya Tentram Makmur Bersaudara dan lainnya telah berdedikasi menyediakan perumahan terbaik.

 

Ada banyak perumahan prestisius yang ditawarkan seperti Graha Indah Dadapan di Kalirejo Pakis yang menyediakan hunian idaman 5 menit dari pusat kota.

 

Lalu, Taman Laguna Residence yang menjadi kawasan favorit para milenial yang mencari cluster dekat dengan berbagai fasilitas umum.

 

Jika Anda mencari perumahan murah maka Pesona Indah Regency Sempu, Pesona Alam Kertosari dan Berlian Rogojampi Indah bisa jadi pilihan tepat.

 

Apabila, Anda tertarik untuk memiliki salah satu perumahan di atas, Anda bisa temukan penawaran menariknya di Rumah123.com

 

Atau bisa juga hunian di kota sebelahnya yakni rumah di Gresik dengan beragam pilihan seperti Citraland Driyorejo dan Nirwana Hill.

 

 

 

Author:

Dyah Siwi Tridya

Tambahkan Komentar