OK

4 Ciri Perumahan Non Cluster dan Pilihan Lokasinya

perumahan non cluster

Foto: ilustrasi perumahan non cluster

Kebutuhan akan rumah semakin hari semakin meningkat di berbagai kota, hal ini sejalan dengan keinginan konsumen mendapatkan hunian yang nyaman.

Untuk memenuhi permintaan tersebut, pengembang menawarkan berbagai bentuk pilihan hunian baik dari segi bentuk, jenis, harga, dan lokasi.

Dari segi model rumah, hunian ini dibedakan menjadi beberapa tipe yakni rumah cluster, residence, townhouse, dan lainnya.

Namun, dari sisi lingkungan dibedakan menjadi dua yaitu perumahan cluster dan perumahan non cluster.

Untuk rumah di kawasan cluster sendiri, merupakan perumahan yang memiliki konsep rumah yang lebih modern dengan bentuk rumah yang sama.

Lokasi perumahan cluster berada di kawasan perkotaan. Ciri lain dari rumah cluster adalah setiap rumah tidak memiliki pagar sebagai pemisah.

Lantas, apa perbedaan dan ciri dari perumahan non cluster? Simak penjelasannya di bawah ini!

Ciri-Ciri Perumahan Non Cluster

Pintu Akses Lebih dari Satu

pintu-akses-lebih-dari-satu

Foto: ilustrasi gate perumahan

Jika perumahan cluster menerapkan hunian dengan satu gerbang atau one gate system. Beda halnya dengan perumahan non cluster yang memiliki lebih dari satu pintu akses.

Rumah non cluster juga sering dianggap sebagai rumah kampung, karena dari blok ke blok tidak memiliki batas yang jelas.

Pembatas antara hunian non cluster hanya bisa ditemukan di pintu akses utama, serta penggunaan tanah batas akhir perumahan.

Akses Masuk yang Banyak

keamanan-kurang-terjaga

Foto: thaitath

Ada plus-minus dari ciri satu ini, kelebihannya adalah penghuni bisa dengan mudah keluar-masuk kawasan tanpa harus mengantri untuk pengecekan.

Namun kekurangannya, setiap penghuni bertanggung jawab atas hunian dan isinya karena petugas keamanan tidak bisa mengendalikan siapa saja yang bisa masuk ke dalam perumahan.

Lingkungan dengan Penghuni Heterogen

Lingkungan rumah non cluster biasanya terdiri dari masyarakat heterogen, baik dari kelas menengah ke atas maupun sedang.

Sebelum membeli rumah, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi lingkungan rumah dan tetangga sekitar.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kenyaman selama tinggal di perumahan tersebut.

Jika Anda salah dalam memilih lingkungan karena faktor harga rumah yang murah, Anda harus siap untuk menghadapi beragam karakter tetangga yang menyebalkan.

Bebas Memilih Hunian

Sudah disebutkan, bahwa perumahan cluster hanya memiliki satu jenis rumah dengan desain yang sama.

Sedangkan rumah non cluster menawarkan hunian yang sudah jadi dari pengembang, atau Anda bisa membangun rumah sendiri dari nol.

Bila Anda memilih hunian yang sudah jadi, sebaiknya perhatikan material, desain, dan kekokohan bangunan.

Karena ada beberapa kawasan perumahan bukan cluster dibangun secara asal-asalan, sehingga dapat merugikan pembelinya.

Daftar Lokasi Perumahan Non Cluster

Setelah mengetahui ciri-ciri dari perumahan bukan cluster, berikut ini kami berikan beberapa lokasi yang menyediakan rumah non cluster.

Lokasi pertama berada di kawasan Jakarta Timur. Terdapat rumah dijual di Ciracas siap huni dengan harga Rp710 juta.

Rumah satu lantai di perumahan non cluster ini memiliki tipe bangunan 45 m2 dan luas tanah 68 m2.

Selanjutnya ada rumah dijual di Bekasi dengan desain klasik, hunian non cluster ini menawarkan 9 unit hunian dengan harga Rp750 juta untuk rumah tipe 60.

Lokasi terakhir berada di kawasan Padang atau lebih tepatnya di perumahan Lubuk Minturun Park. Perumahan ini menyediakan jenis rumah non cluster dengan tipe 45/91.

Buat Anda yang tertarik untuk beli jual rumah di Padang, hunian ini memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan taman di area depan belakang.

Itu dia informasi mengenai perumahan non cluster yang wajib Anda ketahui. Buat Anda yang masih ingin mencari berbagai jenis properti menarik lainnya, bisa langsung kunjungi Rumah123.

Semoga artikel ini membantu!

Author:

Dyah Siwi Tridya

Rekomendasi Properti